Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Kamis, 16 September 2010

KAJIAN ISLAM




PETA BALIK


















Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dan telah menceritakan kepada kami Yazid telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Zaid dari 'Ashim bin Abu An Najud dari Abu Wa`il dari Abdullah bin Mas'ud ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membuatkan kami satu garis kemudian beliau bersabda: "Ini adalah jalan Allah." Kemudian beliau menggaris beberapa garis dari sebelah kanan dan sebelah kirinya, lalu beliau bersabda: "Ini adalah banyak jalan." Yazid berkata; "Bermacam-macam, pada setiap jalan ada setan yang mengajak kepadanya, kemudian beliau membaca ayat: (Dan bahwa (yang kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), Karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalannya)."
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ وَحَدَّثَنَا يَزِيدُ أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُودِ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ خَطَّ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطًّا ثُمَّ قَالَ هَذَا سَبِيلُ اللَّهِ ثُمَّ خَطَّ خُطُوطًا عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ ثُمَّ قَالَ هَذِهِ سُبُلٌ قَالَ يَزِيدُ مُتَفَرِّقَةٌ عَلَى كُلِّ سَبِيلٍ مِنْهَا شَيْطَانٌ يَدْعُو إِلَيْهِ ثُمَّ قَرَأَ { إِنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ
Musnad Ahmad, Kitab : Musnad sahabat yang banyak meriwayatkan hadits, Bab : Musnad Abdullah bin Mas'ud Radliyallahu ta'ala 'anhu, No. Hadist : 3928






















KAJIAN ISLAM




















PENGENALAN TENTANG ALLAH





































PENGENALAN TENTANG RASUL




































PENGENALAN TENTANG
 DIENUL ISLAM





























PENGENALAN TENTANG MANUSIA




































SKEMA MEMAHAMI
 AL QURÁN DAN AS SUNNAH























KAJIAN ULUMUL QURÁN
























KAJIAN ULUMUL HADITS


































JARAK KITA DENGAN RASULULLAH SAW






























DARI RASUL HINGGA
KE MUDAWWIN








TAHAPAN DALAM PENYELEKSIAN HADITS















PEMBAGIAN HADITS BERDASARKAN KUALITASNYA







HADITS MARFU



Marfu' ialah sabda atau perbuatan, taqrir atau sifat yang disandarkan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.


Telah menceritakan kepada kami Al Humaidi Abdullah bin Az Zubair dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Sufyan yang berkata, bahwa Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id Al Anshari berkata, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ibrahim At Taimi, bahwa dia pernah mendengar Alqamah bin Waqash Al Laitsi berkata; saya pernah mendengar Umar bin Al Khaththab diatas mimbar berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan"
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى الْمِنْبَرِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ






رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ

عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ

ُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ

يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ

سُفْيَانُ

الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ
البخاري



HADITS MAUQUF


Mauquf ialah perkataan, perbuatan atau taqrir yang disandarkan kepada seorang sahabat.

Telah menceritakan kepada kami Isma'il berkata, telah menceritakan kepadaku saudaraku dari Ibnu Abu Dzi'b dari Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah berkata, "Aku menyimpan ilmu (hadits) dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada dua wadah. Yang satu aku sebarkan dan sampaikan, yang satu lagi sekiranya aku sampaikan maka akan terputuslah tenggorakan ini."
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِي أَخِي عَنْ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وِعَاءَيْنِ فَأَمَّا أَحَدُهُمَا فَبَثَثْتُهُ وَأَمَّا الْآخَرُ فَلَوْ بَثَثْتُهُ قُطِعَ هَذَا الْبُلْعُومُ
Shohih Bukhari Kitab : Ilmu Bab : Menghafal ilmu No. Hadist : 117







أَبِي هُرَيْرَةَ

سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ

ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ

أَخِي

إِسْمَاعِيلُ
البخاري










HADITS MAQTHU


Maqthu' ialah perkataan atau taqrir yang disandarkan kepada tabi'in atau generasi berikutnya.

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muqatil telah mengabarkan kepada kami 'Abdullah telah mengabarkan kepada kami Abu Bakar bin 'Iyyasy dari Sufyan At-Tamar bahwa dia melihat kuburan Nabi Shallallahu'alaihiwasallam sudah ditinggikan tanahnya sedikit."
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ سُفْيَانَ التَّمَّارِ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّهُ رَأَى قَبْرَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُسَنَّمًا
Shohih Bukhari Kitab : Jenazah Bab : Tentang Kuburan Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam, Abu Bakr ash-Shiddiq dan'Umar bin Al-Khaththab RAa No. Hadist : 1302







سُفْيَانَ التَّمَّارِ
أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ
عَبْدُ اللَّهِ
مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ
البخاري
             Nama Lengkap : Sufyan bin Dinar
  • Kalangan : Tabi'in (tdk jumpa Shahabat)
  • Kuniyah : Abu Sa'id
  • Negeri semasa hidup : Kufah






HADITS MURSAL


Mursal ialah hadits yang diriwayatkan oleh seorang perawi langsung disandarkan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, tanpa menyebutkan nama orang (sahabat) yang menceritakan kepadanya.]


  Hadits Mursal اَلْحَدِيْثُ مُرْسَلٌ

رَسِلَ – يَرْسَلُ – رَسَلاً artinya lepas, kemudian masuk ke wazan اَفْعَلَ sehingga menjadi اَرْسَلَ sedangkan isim Mafúlnya menjadi مُرْسَلٌ berarti أَطْلَقَ melepaskan atau membebaskan.
Dalam hal ini adalah melepaskan isnad dan tidak menghubungkannya dengan seorang perawi yang di kenal.
Secara Istilah hadits Mursal di definisikan :

هَوَ الَّذِي يَسْقُطُ مِنْ آخِرِ سَنَدُهُ مِنْ بَعْدَ التَّابِعِى

Hadits yang gugur dari akhir sanadnya, seseorang setelah Tabi’iy

Klafisikasi Hadits Mursal :

  1. Mursal Jaly, yaitu bila pengguguran yang telah di lakukan oleh rawi (tabi’iy) adalah jelas sekali, dapat di ketahui oleh umum, bahwa yang menggugurkan itu tidak hidup sezaman dengan orang yang di gugurkan yang mempunyai berita.
  2. Mursal Shahabi, yaitu uraian dari seorang sahabat tentang sesuatu yang dikerjakan Nabi s.a.w. dan sebagainya, dengan pengetahuan bahwa ia sendiri tidak menyaksikannya, karena pada ketika itu ia masih kecil atau terbelakang masuk islamnya.

Contoh :

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ إِلَى مَكَّةَ فِي رَمَضَانَ فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ الْكَدِيدَ أَفْطَرَ فَأَفْطَرَ النَّاسُ

“Dari Ibnu Abbas Bahwa Rasulullah s.a.w. keluar menuju ke Mekkah, pada tahun kemenangan dalam bulan Ramadhan, karena itu beliau bershaum sampai ke kadid, lalu setelah beliau berbuka, kemudian orang-orangpun berbuka.”
 (HR Bukhari)

Hadits tersebut termasuk hadits mursal shohabi, lantaran Ibnu Abbas tidak ikut berpergian bersama Rasulullah s.a.w. , beliau di rumah (Mekah) bersama dengan orang tuanya, jadi tidak menyaksikan kisah perjalanan tersebut, hal ini di ketahui dengan berita sahabat yang lain.

  1. Mursal Khofi, yaitu hadits yang diriwayatkan tabi’iy diman tabi’iy yang meriwayatkan hidup sezaman dengan shahaby, tetapi ia tidak pernah mendengar sebuah hadits pun darinya.

Sepuluh pendapat Muhaditsin tentang hadits Mursal :

1.       Hadits mursal dapat di pakai hujjah secara mutlak
2.       Tak dapat di pakai secara mutlak
3.       Dapat, asalkan yang mengirsalkan ulama abab ke tiga
4.       Dapat, bila yang mengirsalkan itu orang Adil
5.       Dapat, bila yang mengirsalkan itu sa’id bin Musayyab
6.       Dapat, asal ada penguatnya
7.       Dapat, bila dalam bab itu tidak ada yang lain
8.       ia lebih kuat dari hadis dhoif yang musnad
9.       Dapat untuk menjadi amalan-amalan Sunnat, sedangkan kalau untuk amalan yang wajib tidak dapat
10.   Dapat, asal yang mengirsalkan itu sahabat.


Contoh Kasus :

حدثنا يزيد بن هارون عن ابن أبي ذئب عن الزهري أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم كان   يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ  فَيُكَبِّرُ حَتىَّ يَاْتِيَ الْمُصَلَّى وَحَتىَّ يُقْضِيَ الصَّلاَةَ فَإِذَا قَضَى الصَّلاَةُ قَطَعُ التَّكْبِيْرَ
Telah menceritakah kepada kami Yazid bin Harun dari Ibnu Abi zakbin dari Zuhriyi, Sesungguhnya Rasulullah s.a.w., jika keluar untuk sholat iedul fitri , beliau bertakbir hingga sampai tempat sholat atau sampai sholat akan didirikan, jika sholat akan di mulai maka beliau menghentikan takbirnya. 
مصنف ابن ابي شيبة ج1 ص 487  










Susunan Sanad

رسول الله  صلى الله عليه وسلم





الزهري      
(محمد بن مسلم بن عبيد الله بن شهاب ,الطبقة : دون وسطى التابعين : تاريح الو فاة : 124 هجرية )
Imam Amru bin Dinar berkomentar, ما رأيت أنص الحديث من الزهري
Imam Al Laits bin Said berkomentar, ما رأيت عالما أَجْمَعَ من ابن الشهاب





ابن أبي ذئب
(محمد بن عبد الرحمن بن المعيرة بن الحارث بن أبي ذئب , الطبقة : كبار الأتباع , تاريح الوفاة : 185 هجرية)
Imam Ahmad bin Hambal Bekomentar, ثقة صدوق
Imam Yahya bin Main bekomentar, ثقة

يزيد بن هارون
   الطبقة : الصغري من الأتباع , تاريح الوفاة :206 هجري
Imam Ahmad bin Hambal berkomentar, صحيح الحديث
Imam Yahya bin Main berkomentar, ثقة
ابن أبي شيبة
(عبد الله بن محمد بن شيبة إبراهم بن عشمان , الطبقة : كبار تبع الأتباع , تاريح الوفاة 235 هجرية)
Imam Ahmad bin Hambal Bekomentar, صدوق
Imam Yahya bin Main bekomentar صدوق

Sesuai dengan definisi tentang hadits Mursal, yaitu hadits yang gugur sanadnya sesudah tabi’i

Sepuluh pendapat Muhaditsin tentang hadits Mursal :

1.       Hadits mursal dapat di pakai hujjah secara mutlak
2.       Tak dapat di pakai secara mutlak
3.       Dapat, asalkan yang mengirsalkan ulama abab ke tiga
4.       Dapat, bila yang mengirsalkan itu orang Adil
5.       Dapat, bila yang mengirsalkan itu sa’id bin Musayyab
6.       Dapat, asal ada penguatnya
7.       Dapat, bila dalam bab itu tidak ada yang lain
8.       ia lebih kuat dari hadis dhoif yang musnad
9.       Dapat untuk menjadi amalan-amalan Sunnat, sedangkan kalau untuk amalan yang wajib tidak dapat
10.   Dapat, asal yang mengirsalkan itu sahabat.


Dari sepuluh pendapat diatas kita melihat hadits Mursal yang dibawakan oleh Abi syaibah Tentang takbir pada iedul fitri tadi memenuhi persyaratan :

Nomer 1

Nomer 3 Az zuhri adalah ulama abab ke 2 H

Nomer 4 Az Zuhri itu adalah orang yang adil

Nomer 6 ada hadits penguatnya yaitu :

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبِي عَنْ عَاصِمٍ عَنْ حَفْصَةَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ كُنَّا نُؤْمَرُ أَنْ نَخْرُجَ يَوْمَ الْعِيدِ حَتَّى نُخْرِجَ الْبِكْرَ مِنْ خِدْرِهَا حَتَّى نُخْرِجَ الْحُيَّضَ فَيَكُنَّ خَلْفَ النَّاسِ فَيُكَبِّرْنَ بِتَكْبِيرِهِمْ وَيَدْعُونَ بِدُعَائِهِمْ يَرْجُونَ بَرَكَةَ ُ

“Kami di perintahkan untuk keluar pada hari ied, sampai anak gadis keluar dari kamarnya, sampai wanita yang haid, dan mereka yang haid berada di belakang manusia dan mereka kaum perempuan bertakbir bersama takbirnya manusia dan mereka berdoa dengan doa mereka dengan mengharap barokah.”
(HR Bukhari)


حدثنا عبد الله بن إدريس عن محمد بن عجلان عن نافع عن ابن عمر أنه كان يغدو يوم العيد ويكبر ويرفع صوته حتى يبلغ الإمام
Sesungguhnya ibnu Umar , pagi-pagi sekali pada hari ied ia bertakbir dan mengeraskan suaranya sampai datangnya imam. مصنف ابن ابي شيبة ج1 ص 487  




Nomer 9, Takbiran Adalah Amalan sunnah

Lafadz Takbir :

    حدثنا يزيد بن هارون قال حدثنا شريك قال قلت لأبي إسحاق كيف كان يكبر على وعبد الله قال كانا يقولان الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد 
مصنف ابن ابي شيبة ج1 ص490 رقم الحديث 5653  



HADITS MU'DHAL


Mu'dhal ialah hadits/berita yang dua orang perawi atau lebih gugur/putus dalam satu tempat secara berurutan.


  Hadits Mu’dhal اَلْحَدِيْثُ مُعْضَلٌ
عَضَلَ – يَعْضُلُ – عَضْلاً artinya mencegah atau menahan.
Kemudian masuk ke wazan      أَفْعَلَ sehingga menjadi أَعْضَلَ sehingga isim mafúl nya menjadi مُعْضَلٌ yang artinya menjadikan sesuatu menjadi problematic atau misterius.


Dari definisi :

مَا سَقَطَ مِنْ إِسْنَادِهِ اِثْنَانِ فَأَكْثَرَ عَلىَ التَّوَالِي

Hadits yang gugur dari sanadnya dua orang perawi atau lebih secara berturut-turut.

Contoh :

حَدَّثَنِي مَالِك أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلْمَمْلُوكِ طَعَامُهُ وَكِسْوَتُهُ بِالْمَعْرُوفِ

“Telah menceritakan kepadaku malik, bahwasanya Abu Hurairah berkata, Rasulullah s.a.w. bersabda, hak bagi hamba adalah makanannya dan pakaiannya secara baik (Ma’ruf).”

Imam Malik adalah seorang tabiut-tabi’in

و حَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ سَرْحٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ أَنَّ بُكَيْرَ بْنَ الْأَشَجِّ حَدَّثَهُ عَنْ الْعَجْلَانِ مَوْلَى فَاطِمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لِلْمَمْلُوكِ طَعَامُهُ وَكِسْوَتُهُ

“Rasulullah s.a.w. bersabda, bagi hamba sahaya makanan dan pakaiannya.”
(HR Muslim)

أَبُو الطَّاهِرِ أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ سَرْحٍ  Tabiut-tabi’in
ابْنُ وَهْبٍ Tabi’in kecil
عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ Tabi’in besar
بُكَيْرَ بْنَ الْأَشَجِّ Tabi’in kecil
الْعَجْلَانِ مَوْلَى فَاطِمَةَ Tabi’in pertengahan

Gambarkan pohon sanad yang merupakan gabungan antara hadits riwayat malik dan Riwayat Muslim.

لِلْمَمْلُوكِ طَعَامُهُ وَكِسْوَتُه                                   





أَبَو هُرَيْرَةَ                                                      

أبيه          

محمد بن عجلان          
 


بُكَيْرُ بْنُ الْأَشَجِّ                             مالك                       
 

أبن وهب          




مسلم            


















HADITS MUNQOTHI



Munqathi' ialah hadits/berita yang di tengah sanadnya gugur/terputus seorang rawi atau beberapa rawi, tetapi tidak berturut-turut.
  Hadits Munqothi’ اَلْحَدِيْثُ مُنْقَطِعٌ
قَطَعَ – يَقْطَعُ – قَطْعًا Artinya memotong atau memisahkan.
Kemudian masuk ke wazan اِفْتَعَلَ sehingga menjadi اِنْقَطَعَ maka isim Fail nya menjadi مُنْقَطِعٌ
Dari segi istilah مَا لَمْ يَتَّصِل إِسْنَادُهُ أَيِّ وَجْهٍ كَانَ إِنْقِطَاعُهُ
Hadits yang tidak bersambung sanadnya, dan keterputusan sanad tersebut bisa terjadi dimana saja.

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ لَيْثٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَسَنِ عَنْ أُمِّهِ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْحُسَيْنِ عَنْ جَدَّتِهَا فَاطِمَةَ الْكُبْرَى قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ وَقَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَإِذَا خَرَجَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ وَقَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ
(HR Tirmidzi)


حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ لَيْثٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَسَنِ عَنْ أُمِّهِ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ يَقُولُ بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَإِذَا خَرَجَ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ
 (HR Ibnu Majah)

إِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ وَقَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَإِذَا خَرَجَ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَسَلَّمَ وَقَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ
Keadaan Rasulullah s.a.w. apabila masuk masjid memanjatkan doa, dengan Nama Allah , sholawat dan salam atas Rasulullah , Ya Allah Ampunilah dosa-dosaku dan bukanlah pintu rahmat bagiku, dan jika keluar beliau bersholawat dan berdoa  Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan bukanlah pintu keutamaan bagiku






فاطمة الزهراء           

فاطمة بنت الحيسن                  

عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَسَنِ              

الَيْثٍ               

أبو معاوية            

إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ            









عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ                    أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ  

الترمذي                        إبن ماجه        

Hadit ini munqothi’ disebabkan Fathimah binti Husain bin ali bin Abi Tholib ( Ia termasuk salah seorang tabin pertengahan yang wafat 111 hijriyah  itu tidak pernah bertemu dengan fathimah Az Zahra yang wafat sebulan setelah Rasulullah s.a.w. wafat.













HADITS MUALLAQ


Mu'allaq ialah hadits yang dari awal sanadnya gugur/terputus seorang perawi atau lebih dengan berturut-turut.


 Hadits Mu’allaq اَلْحَدِيْثُ مُعَلَّقٌ
عَلَقَ – يَعْلُقُ – عَلْقًا artinya bergantung kepada. Kemudian masuk ke wazan
فَعَّلَ sehingga menjadi عَلَّقَ , kemudian Isim mafúl nya menjadi مُعَلَّقٌ
Secara bahasa kata مُعَلَّّقٌ berarti, menggantungkan sesuatu pada sesuatu yang lain sehingga ia menjadi tergantung.

هَوَ الَّذِى يَسْقُطُ مِنْ أَوَّلِ سَنَدِهِ رَاوِ فَأَكْثَرَ

Hadit-hadits yang gugur rawinya seorang atau lebih dari awal sanad.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ بَاب مَنْ اغْتَسَلَ عُرْيَانًا وَحْدَهُ فِي الْخَلْوَةِ وَمَنْ تَسَتَّرَ فَالتَّسَتُّرُ أَفْضَلُ وَقَالَ بَهْزُ بْنُ حَكِيمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُ أَحَقُّ أَنْ يُسْتَحْيَا مِنْهُ مِنْ النَّاسِ
(HR Bukhari)

Allah itu lebih berhak untuk di jadikan tempat mengadu malu dari pada manusia.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا أَبِي ح و حَدَّثَنَا ابْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى نَحْوَهُ عَنْ بَهْزِ بْنِ حَكِيمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ قَالَ رسول الله صلىالله عليه سلم : اللَّهُ أَحَقُّ أَنْ يُسْتَحْيَا مِنْهُ مِنْ النَّاسِ
(Abu Daud)

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ مُعَاذٍ وَيَزِيدُ بْنُ هَارُونَ قَالَا حَدَّثَنَا بَهْزُ بْنُ حَكِيمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ قال رسول الله صلىالله عليه سلم: الله أَحَقُّ أَنْ يُسْتَحْيَا مِنْهُ مِنْ النَّاسِ
(HR Tirmidzi)


اللَّهُ أَحَقُّ أَنْ يُسْتَحْيَا مِنْهُ مِنْ النَّاسِ                   

Allah itu lebih berhak untuk dijadikan tempat mengadu malu dari pada                    manusia.





جده                       




ابيه                     




                            بَهْزُ بْنُ حَكِيمٍ




أبي                   يحي                           معاذ بن معاذ    يزيد بن بن هارو










                               عبد الله بن مسلمة    ابن بشار                               أحمد بن منيع
 

أبو داود                 البخاري                          الترمذي                                      
























HADITS GHORIB



Gharib ialah hadits yang diriwayatkan hanya dengan satu sanad.

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya ia berkata, saya telah membacakan kepada Malik dari Dlamrah bin Sa'id Al Mazini dari Ubaidullah bin Abdullah bahwasa Umar bin Al Khaththab pernah bertanya kepada Abu Waqid Al Laitsi, "Surat apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika mengerjakan shalat Iedul Adlha dan Iedul Fithri?" ia menjawab, "Beliau membaca surat 'QAAF WAL QUR`ANIL MAJIID' dan 'IQTARABATIS SAA'ATU WAN SYAQQAL QAMAR.'"
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ ضَمْرَةَ بْنِ سَعِيدٍ الْمَازِنِيِّ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ سَأَلَ أَبَا وَاقِدٍ اللَّيْثِيَّ مَا كَانَ يَقْرَأُ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْأَضْحَى وَالْفِطْرِ فَقَالَ كَانَ يَقْرَأُ فِيهِمَا بِق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ وَاقْتَرَبَتْ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ
Shohih Muslim Kitab : Shalat dua hari raya Bab : Apa yang dibaca pada dua shalat hari raya No. Hadist : 1477






رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ

أَبَا وَاقِدٍ اللَّيْثِيَّ

عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّه

ضَمْرَةَ بْنِ سَعِيدٍ الْمَازِنِيِّ

مَالِكٍ

يَحْيَى بْنُ يَحْيَى
البخاري





HADITS 'AZIZ

'Aziz ialah hadits yang diriwayatkan dua jalan saja

Telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Ibrahim berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu 'Ulayyah dari Abdul 'Aziz bin Shuhaib dari Anas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Dan telah menceritakan pula kepada kami Adam berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Qotadah dari Anas berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah beriman seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orang tuanya, anaknya dan dari manusia seluruhnya".
حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُلَيَّةَ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ح و حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهِ وَوَلَدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
Shoheh Bukhari Kitab : Iman Bab : Mencintai Rasulullah bagian dari iman No. Hadist : 14

Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Ismail bin Ulayyah. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abdul Warits keduanya dari Abdul Aziz dari Anas dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah seorang hamba beriman (dan dalam hadits Abdul warits 'seorang laki-laki) hingga aku lebih dia cintai daripada keluarga dan hartanya serta manusia semuanya'."
و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ ابْنُ عُلَيَّةَ ح و حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ كِلَاهُمَا عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُؤْمِنُ عَبْدٌ وَفِي حَدِيثِ عَبْدِ الْوَارِثِ الرَّجُلُ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ أَهْلِهِ وَمَالِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ
Shohih Muslim Kitab : Iman Bab : Wajibnya mencintai Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam
No. Hadist : 62
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'aib berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Az Zanad dari Al A'raj dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Maka demi Zat yang jiwaku di tangan-Nya, tidaklah beriman seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orang tuanya dan anaknya".
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ قَالَ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهِ وَوَلَدِهِ
Shohih Bukhari Kitab : Iman Bab : Mencintai Rasulullah bagian dari iman No. Hadist : 13




رسول الله صلى الله عليه و سلم
  أبو هريرة            انس بن مالك                       
عبد العزيز                     قتادة                
عبد الوارث          إسماعيل بن علية    شعبة   حسين المعلم

شيبان ب  زهيربن حرب          محمد بن حعفر   أدم يحي
ابن المثنى  إبن بشار              مسدد
مسلم                       البخاري 





























HADITS MASYHUR



Masyhur ialah hadits yang diriwayatkan lebih dari dua jalan, dan belum mencapai derajat mutawatir.

إنما الأعمال بالنيات                

رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ

عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ

ُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ
يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ







 
عبد الوهاب     مالك     الليث    حماد    سفيان                                    
ابن المثن    ابن مسلمة    محمد بن رمح    ابو الربيع   مسدد   ابو النعمان   الحميدى























البخاري                                       مسلم                     






















HADITS MUTAWATIR


Mutawatir ialah hadits yang diriwayatkan dengan banyak sanad yang berlainan perawinya, dan mustahil mereka bisa berkumpul untuk berdusta membuat hadits itu.

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad Al Ju'fi dia berkata, Telah menceritakan kepada kami Abu 'Amir Al 'Aqadi yang berkata, bahwa Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Abdullah bin Dinar dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Iman memiliki lebih dari enam puluh cabang, dan malu adalah bagian dari iman".
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْجُعْفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنْ الْإِيمَ






النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَبِي هُرَيْرَةَ

أَبِي صَالِحٍ

عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ

سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ

أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ

عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْجُعْفِيُّ
البخاري






HADITS QUDSI
Qudsi ialah Secara bahasa (Etimologis), kata Qudsi dinisbahkan kepada kata Al-Quds (Suci). Artinya, hadits yang dinisbahkan kepada Dzat yang Maha suci, yaitu Allah Ta'ala. Dan secara istilah (terminologis) definisinya adalah: Sesuatu (hadits) yang dinukil dari Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam yang disandarkan beliau kepada Rabb-nya.

Telah menceritakan kepada kami Isma'il berkata, telah menceritakan kepada kami Malik dari 'Amru bin Yahya Al Mazani dari bapaknya dari Abu Sa'id Al Khudri dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Ahlu surga telah masuk ke surga dan Ahlu neraka telah masuk neraka. Lalu Allah Ta'ala berfirman: "Keluarkan dari neraka siapa yang didalam hatinya ada iman sebesar biji sawi". Maka mereka keluar dari neraka dalam kondisi yang telah menghitam gosong kemudian dimasukkan kedalam sungai hidup atau kehidupan. -Malik ragu. - Lalu mereka tumbuh bersemi seperti tumbuhnya benih di tepi aliran sungai. Tidakkah kamu perhatikan bagaimana dia keluar dengan warna kekuningan."Berkata Wuhaib Telah menceritakan kepada kami 'Amru: "Kehidupan". Dan berkata: "Sedikit dari kebaikan".
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَدْخُلُ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ وَأَهْلُ النَّارِ النَّارَ ثُمَّ يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَخْرِجُوا مِنْ النَّارِ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ فَيُخْرَجُونَ مِنْهَا قَدْ اسْوَدُّوا فَيُلْقَوْنَ فِي نَهَرِ الْحَيَا أَوْ الْحَيَاةِ شَكَّ مَالِكٌ فَيَنْبُتُونَ كَمَا تَنْبُتُ الْحِبَّةُ فِي جَانِبِ السَّيْلِ أَلَمْ تَرَ أَنَّهَا تَخْرُجُ صَفْرَاءَ مُلْتَوِيَةً قَالَ وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرٌو الْحَيَاةِ وَقَالَ خَرْدَلٍ مِنْ خَيْرٍ
Shohih Bukhari Kitab : Iman Bab : Bertingkat-tingkatnya ahlul imam dalam amalan No. Hadist : 21




النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ

أَبِيهِ

مَالِكٌ عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ

إِسْمَاعِيلُ
البخاري








MARTABAT  RAWI




















HADITS MAQLUB
Hadits yang menyalahi hadits lain di sebabkan mendahulukan dan mengakhirkan

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb dan Muhammad bin Al Mutsanna semuanya dari Yahya Al Qaththan - Zuhair berkata- Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa'id dari Ubaidullah telah mengabarkan kepadaku Khubaib bin Abdurrahman dari Hafsh bin Ashim dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: …. Dan seorang yang bersedekah dengan diam-diam, sehingga tangan kanannya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kirinya.
حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى جَمِيعًا عَنْ يَحْيَى الْقَطَّانِ قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ أَخْبَرَنِي خُبَيْبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ... وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ يَمِينُهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ
Shohih Muslim Kitab : Zakat Bab : Keutamaan sedekah dengan diam-diam No. Hadist : 1712

Hadits ini terjadi pemutar balikkan dengan hadits Bukhari, sebagai berikut.

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Bundar berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari 'Ubaidullah berkata, telah menceritakan kepadaku Khubaib bin 'Abdurrahman dari Hafsh bin 'Ashim dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: … dan seorang yang bersedekah dengan menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya,
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ بُنْدَارٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي خُبَيْبُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ...وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ
Shohih Bukhari Kitab : Adzan Bab : Orang yang duduk di dalam masjid menunggu pelaksanaan shalat dan keutamaan (berdiam di) masjid No. Hadist : 620














HADITS MUDRAJ
Hadits yang disadur dengan sesuatu yang bukan hadits atas perkiraan, bahwa saduran itu termasuk hadits

telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Muhammad bin Imran Ats Tsa'labi Al Kufi berkata, telah menceritakan kepada kami Zaid bin Hubab dari Mu'awiyah bin Shalih dari Rabi'ah bin Yazid Ad Dimasyqi dari Abu Idris Al Khaulani dan Abu Utsman dari Umar bin Khaththab ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa berwudlu dan menyempurnakan wudlunya kemudian membaca; ASYHADU ANLAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHUU LAA SYARIIKALAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ABDUHU WA RASUULUHU, ALLAAHUMMAJ'ALNI MINAT TAWWAABIINA WAJ'ALNI MINAL MUTATAHHIRIIN (aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mensucikan diri)
حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عِمْرَانَ الثَّعْلَبِيُّ الْكُوفِيُّ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ الدِّمَشْقِيِّ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ وَأَبِي عُثْمَانَ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ
Sunan Tirmidzi Kitab : Bersuci Bab : Doa setelah wudhu No. Hadist : 50

Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ali bin Harb Al Marwazi dia berkata; telah menceritakan kepada kami Zaid bin Hubab dia berkata; telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah bin Shalih dari Rabi'ah bin Yazid dari Abu Idris Al Khaulani dan Abu Utsman dari 'Uqbah bin Amir Al Juhani dari Umar bin Khattab Radliyallahu'anhu, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Barangsiapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya lalu berdo'a, 'Aku bersaksi bahwa tiada Dzat yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, dibukakan baginya delapan pintu surga, dan dia masuk lewat pintu manapun yang engkau kehendaki."
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ حَرْبٍ الْمَرْوَزِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ قَالَ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ وَأَبِي عُثْمَانَ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ فُتِّحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ


HADITS DHOIF KARENA DHOIFNYA SEORANG RAWI

Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Khallal berkata, telah menceritakan kepada kami Abdurrazaq berkata, telah memberitakan kepada kami Ibnu Abu Sabrah dari Ibrahim bin Muhammad dari Mu'awiyah bin Abdullah bin Ja'far dari Bapaknya dari Ali bin Abu Thalib ia berkata,


 "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila malam nisfu Sya'ban (pertengahan bulan Sya'ban), maka shalatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya.




 Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: "Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya?


 Adakah orang yang meminta rizki maka Aku akan memberinya rizki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini…hingga terbit fajar. "
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَنْبَأَنَا ابْنُ أَبِي سَبْرَةَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ

 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا

 فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ

أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ
Sunan Ibnu Majah Kitab : Mendirikan shalat dan sunah yang ada di dalamnya Bab : Shalat di malam nishfu Sya'ban No. Hadist : 1378

ابْنُ أَبِي سَبْرَةَ nama Aslinya adalah أبو بكر بن عبد الله بن محمد بن أبي سبرة
الضُّعَفَاءُ والمتروكين للنسائي ج: 1 ص: 114
  أبو بكر بن عبد الله  بن أبي سبرة متروك الحديث
Abu Bakar bin Abdullah bin Abi Sabroh, Haditsnya tertolak
 
الضعفاء والمتروكين لابن الجوزي ج: 3 ص: 228
  أبو بكر بن عبد الله  بن محمد بن أبي سبرة المديني حدث عن زيد بن أسلم قال احمد كَانَ يَضَعُ الحديث ويَكْذِبُ وقال يحيى ليس حديثه بشيء وقال البخاري منكر الحديث وقال النسائي متروك الحديث وقال الدراقطني ضعيف  
Imam Ahmad menyatakan haditsnya palsu dan mendustakannya, Imam Yahya bin Main berkata, haditsnya tidak ada apa-apanya, imam Bukhari berkomentar Haditsnya Munkar, Imam Nasai berkata haditsnya tertolak, Imam Daruqutni berkomentar Haditsnya lemah.

Jadi hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu majah tentang Sholat Nisfu Sya'ban dan Shaum Nisfu Sya'ban jatuh pada derajat Dhoif, tidak dapat diamalkan.



















LIMA KAEDAH POKOK FIQHIYAH















اليقين لا يزال بالشك

Dan telah menceritakan kepadaku Amru an-Naqid dan Zuhair bin Harb (tahwilSanad) dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah semuanya meriwayatkan dari Ibnu Uyainah berkata Amru, telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari az-Zuhri dari Sa'id dan 'Abbad bin Tamim dari pamannya Seorang lelaki mengadukan kepada Nabi Shallallahu'alaihiwasallam. bahwa dia seolah-olah mendapati sesuatu (kentut) ketika shalatnya. Beliau bersabda, "Dia tidak perlu membatalkan shalatnya sehingga dia mendengar suara atau mencium bau." Abu Bakar dan Zuhair bin Harb berkata dalam riwayat keduanya, "Dia adalah Abdullah bin Zaid."
و حَدَّثَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ ح و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ عُيَيْنَةَ قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ وَعَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ عَنْ عَمِّهِ شُكِيَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّجُلُ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ يَجِدُ الشَّيْءَ فِي الصَّلَاةِ قَالَ لَا يَنْصَرِفُ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا قَالَ أَبُو بَكْرٍ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ فِي رِوَايَتِهِمَا هُوَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ زَيْدٍ
Shohih Muslim Kitab : Haid Bab : Dalil bahwa orang yang yakin dalam keadaan suci kemudian ragu akan adanya hadas No. Hadist : 540


وَهَذَا الْحَدِيثُ أَصْلٌ مِنْ أُصُولِ الْإِسْلَامِ وَقَاعِدَةٌ عَظِيمَةٌ مِنْ قَوَاعِدِ الْفِقْهِ ، وَهِيَ أَنَّ الْأَشْيَاءَ يُحْكَمُ بِبَقَائِهَا عَلَى أُصُولِهَا حَتَّى يُتَيَقَّنَ خِلَافُ ذَلِكَ . وَلَا يَضُرُّ الشَّكُّ الطَّارِئُ عَلَيْهَا
Imam Nawawi berkata, hadits ini adalah salah satu pokok islam dan sebuah kaedah yang besar dalam masalah fiqih, yaitu bahwa segala sesuatu itu di hukumi bahwa dia tetap pada hukum asalnya sehingga di yakini ada yang bertentangan dengannya, dan tidak membahayakan baginya sebuah keraguan yang muncul    شرح النووي على مسلم - ج 2 / ص 75

Contoh kasus :

Barang siapa yang berjalan di perkampungan lalu kejatuhan air dari rumah seseorang dari lantai dua, yang mana ada kemungkinan bahwa itu adalah air Najis, maka dia tidak wajib mencucinya karena pada dasarnya air itu suci, dan asal hukum itu tidak bisa di hilangkan hanya dengan sebuah keraguan, kecuali kalau didapati sebuah tanda-tanda kuat bahwa itu adalah air najis, misalkan bau pesing dan indikasi yang lainnya.