Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Selasa, 12 April 2011

Bab Sholat

 Surat
زاد المعاد - (ج 1 / ص 200)
فَإِذَا فَرَغَ مِنْ الْفَاتِحَةِ أَخَذَ فِي سُورَةٍ غَيْرِهَا وَكَانَ يُطِيلُهَا تَارَة وَيُخَفّفُهَا لِعَارِضٍ مِنْ سَفَرٍ أَوْ غَيْرِهِ وَيُتَوَسّطُ فِيهَا غَالِبًا .
Apabila selesai membaca Al Fatihah, beliau saw mulai membaca surat yang lain, biasanya beliau saw memperpanjang bacaan surah ini, tapi terkadang pula mempersingkat karena suatu hal, baik karena perjalanan atau sebab yang lainnya, dan umumnya beliau saw membaca dalam kadar yang sedang (normal).
زاد المعاد - (ج 1 / ص 207)
فَصْلٌ [عَدَمُ تَعْيِينِهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ سُورَةً بِعَيْنِهَا ]
Nabi saw tidak menetapkan surat terentu.
وَكَانَ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ لَا يُعَيّنُ سُورَةً فِي الصّلَاةِ بِعَيْنِهَا لَا يَقْرَأُ إلّا بِهَا إلّا فِي الْجُمُعَةِ وَالْعِيدَيْنِ
Beliau saw tidak menetapkan surat tertentu untuk dibaca dalam shalat, kecuali pada shalat jum'at dan shalat ied.
زاد المعاد - (ج 1 / ص 203)
وَأَمّا الْجُمُعَةُ فَكَانَ يَقْرَأُ فِيهَا بِسُورَتَيْ ( الْجُمُعَةِ ) وَ ( الْمُنَافِقِينَ ) كَامِلَتَيْنِ وَ ( سُورَةِ سَبّحْ ) وَ ( الْغَاشِيَةِ ) .
Adapun sholat Jum'at beliau saw, membaca padanya dua surah, surat Al Jumu'ah dam surat Al Munafiqun. Masing-masing dibaca secara lengkap. Beliau saw biasa pula membaca surah Sabbihis dan Al Ghosiyah.
زاد المعاد - (ج 1 / ص 203)
 وَأَمّا قِرَاءَتُهُ فِي الْأَعْيَادِ فَتَارَةً كَانَ يَقْرَأُ سُورَتَيْ ( ق ) و ( اقْتَرَبَتْ ) كَامِلَتَيْنِ وَتَارَةً سُورَتَيْ ( سَبّحْ ) وَ ( الْغَاشِيَةِ ) وَهَذَا هُوَ الْهَدْيُ الّذِي اسْتَمَرّ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ عَلَيْهِ إلَى أَنْ لَقِيَ اللّهَ عَزّ وَجَلّ لَمْ يَنْسَخْهُ شَيْءٌ
Mengenai bacaan pada sholat ied, ada kalanya beliau membaca dua surat, qaff dan iqtarabat secara sempurna, dan terkadang juga membaca dua surat sabbihis dan Al Ghosiyah. Itulah petunjuk yang terus-menerus beliau lakukan sampai beliau berjumpa dengan Allah swt tidak di mansukh (dihapus) oleh sesuatu apapun.
وَأَمّا فِي سَائِرِ الصّلَوَاتِ فَقَدْ ذَكَرَ أَبُو دَاوُدَ مِنْ حَدِيثِ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدّهِ أَنّهُ قَالَ مَا مِنْ الْمُفَصّلِ سُورَةٌ صَغِيرَةٌ وَلَا كَبِيرَةٌ إلّا وَقَدْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ يَؤُمّ النّاسَ بِهَا فِي الصّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ
Adapun shalat-shalat lain, maka disebutkan oleh Abu Dawud,d ari Amr Syua'ib dari ayahnya , dari kakeknya, ia berkata "tidak ada satu surat pun dari kelompok Al Mufashal, baik pendek  maupun panjang, melainkan aku pernah mendengarnya dibaca Rasulullah saw mengimami orang-orang pada shalat-shalat wajib.
زاد المعاد - (ج 1 / ص 207)
 وَكَانَ مِنْ هَدْيِهِ قِرَاءَةُ السّورَةِ كَامِلَةً وَرُبّمَا قَرَأَهَا فِي الرّكْعَتَيْنِ وَرُبّمَا قَرَأَ أَوّلَ السّورَةِ . وَأَمّا قِرَاءَةُ أَوَاخِرِ السّوَرِ وَأَوْسَاطِهَا فَلَمْ يُحْفَظْ عَنْهُ . وَأَمّا قِرَاءَةُ السّورَتَيْنِ فِي رَكْعَةٍ فَكَانَ يَفْعَلُهُ فِي النّافِلَةِ وَأَمّا فِي الْفَرْضِ فَلَمْ يُحْفَظْ عَنْهُ .
Di antara petunjuk beliau adalah membaca satu surat secara lengkap, terkadang satu surat untuk dua rakaat dan adakalanya membaca awal surat. Adapun membaca akhir surat atau pertengahannya tidak dinukil dari beliau saw. Sedangkan membaca dua surat dalam satu rakaat pernah beliau lakukan pada shalat sunna. Tapi perbuatan ini tidak pernah dinukil dari beliau saw pada shalat fardhu.
وَأَمّا حَدِيثُ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ إنّي لَأَعْرِفُ النّظَائِرَ الّتِي كَانَ رَسُولُ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ يُقْرِنُ بَيْنَهُنّ السّورَتَيْنِ فِي الرّكْعَةِ ( الرّحْمَنُ )( وَالنّجْمِ ) فِي رَكْعَةٍ وَ ( اقْتَرَبَتْ ) وَ ( الْحَاقّةُ ) فِي رَكْعَةٍ ( وَالطّورِ ) وَالذّارِيَاتِ فِي رَكْعَةٍ وَ ( إذَا وَقَعَتْ ) وَ ( ن )فِي رَكْعَةٍ الْحَدِيثُ
Mengenai hadits Ibnu Mas'ud ra  "Sesungguhnya aku mengetahui beberapa   surat yang setara dan biasa digandengkan oleh Rasulullah saw dalam satu rakaat, Ar Rahman dan An Najm dalam satu rakaat, Iqtarabat dan Al haqqah dalam satu rakaat, Ath Thur dan Adz dzaryiat dalam satu rakaat, serta Idza Waqa'at dan Nun dalam satu rakaat. (Al Hadits) .
فَهَذَا حِكَايَةُ فِعْلٍ لَمْ يُعَيّنْ مَحَلّهُ هَلْ كَانَ فِي الْفَرْضِ أَوْ فِي النّفْلِ ؟ وَهُوَ مُحْتَمِلٌ .
Ini adalah berita tentang perbuatan beliau saw tanpa keterangan lebih lanjut mengenai tempatnya. Apakah pada shalat fardhu ataukah pada shalat sunnah? Maka ia tergolong dalil muhtamal (mengandung beberapa kemungkinan).
وَأَمّا قِرَاءَةُ سُورَةٍ وَاحِدَةٍ فِي رَكْعَتَيْنِ مَعًا فَقَلّمَا كَانَ يَفْعَلُهُ .
Adapun membaca satu surat untuk dua rakaat sangat jarang beliau saw lakukan.
وَقَدْ ذَكَرَ أَبُو دَاوُدَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ أَنّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ يَقْرَأُ فِي الصّبْحِ { إِذَا زُلْزِلَتِ } في الركعتين كِلْتَيْهِمَا ، قَالَ فَلَا أَدْرِي أَنَسِيَ رَسُول اللّه صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ أَمْ قَرَأَ ذَلِكَ عَمْدًا .
Abu Dawud menyebutkan dari seorang lelaki dari Juhainah, bahwa ia mendengar Rasulullah saw membaca surat Al zalzalah pada shalat subuh dalam dua rakaat. Dia berkata "Aku tidak  tahu apakah Rasulullah lupa ataukah sengaja membaca surat itu."  زاد المعاد - (ج 1 / ص 207)
زاد المعاد - (ج 1 / ص 208)
فَصْلٌ [ إطَالَتُهُ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ الرّكْعَةَ الْأُولَى عَلَى الثّانِيَة ] ِ
Memperpanjang Rakaat Pertama daripada Rakaaat Kedua
وَكَانَ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ يُطِيلُ الرّكْعَةَ الْأُولَى عَلَى الثّانِيَةِ مِنْ صَلَاةِ الصّبْحِ وَمِنْ كُلّ صَلَاةٍ وَرُبّمَا كَانَ يُطِيلُهَا حَتّى لَا يُسْمَعَ وَقْعُ قَدَمٍ وَكَانَ يُطِيلُ صَلَاةَ الصُّبْحِ أَكْثَرَ مِنْ سَائِرِ الصّلَوَاتِ
Biasanya beliau saw memanjangkan rakaat pertama daripada rakaat ke dua, baik pada shalat shubuh maupun pada shalat-shalat lain, adakalanya beliau saw memanjangkannya sampai tidak mendengar bunyi hentakan kaki. Umumnya beliau saw memanjangkan shalat shubuh dibanding shalat-shalat lainnya.
[ تَعْلِيلُ إطَالَتِهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ صَلَاةَ الصّبْحِ ]
Sebab-sebab Nabi saw memanjangkan shalat shubuh.
وَهَذَا لِأَنّ قُرْآنَ الْفَجْرِ مَشْهُودٌ يَشْهَدُهُ اللّهُ تَعَالَى وَمَلَائِكَتُهُ وَقِيلَ يَشْهَدُهُ مَلَائِكَةُ اللّيْلِ وَالنّهَارِ
Sebab utama bagi hal ini, bahwa shalat shubuh itu disaksikan, yakni ; disaksikan Allah dan para malaikat-Nya . Sebagian mengatakan, disaksikan oleh para malaikat malam dan malaikat siang.
وَالْقَوْلَانِ مَبْنِيّانِ عَلَى أَنّ النّزُولَ الْإِلَهِيّ هَلْ يَدُومُ إلَى انْقِضَاءِ صَلَاةِ الصّبْحِ أَوْ إلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ ؟ وَقَدْ وَرَدَ فِيهِ هَذَا وَهَذَا . [ ص 209 ]
Kedua pendapat itu dibangun di atas permasalahan, apakah turunnya Allah (ke langit dunia) berlangsung terus sampai selesainya shalat shubuh atau hanya sampai terbit fajar? Kedua-duanya telah dinukil dalam riwayat. Di samping itu, panjangnya shalat shubuh didukung oleh faktor-faktor berikut:
 وأيضا فإنها لِمَا نَقَضَ عَدَدُ رَكَعَاتِهَا جُعِلَ تَطْوِيْلُهَا عِوَضًا عَمّا نَقَصَتْهُ مِنْ الْعَدَدِ
Pertama, jumlah rakaat tergolong sedikit dibanding shalat-shalat lain, maka pelaksanaannya diperpanjang untuk menutupi kekurangannya dari segi jumlah rakaat .
وَأَيْضًا فَإِنّهَا تَكُونُ عَقِيبَ النّوْمِ وَالنّاسُ مُسْتَرِيحُونَ
Kedua, shalat shubuh dilangsungkan sesudah tidur, dan manusia pada saat itu dalam kondisi prima.
وَأَيْضًا فَإِنّهُمْ لَمْ يَأْخُذُوا بَعْدُ فِي اسْتِقْبَالِ الْمَعَاشِ وَأَسْبَابِ الدّنْيَا
Ketiga, manusia belum disibukan oleh pekerjaan dan urusan-urusan dunia .     
... وَأَيْضًا فَإِنّهَا تَكُونُ فِي وَقْتٍ تَوَاطَأَ فِيهِ السّمْعُ وَاللّسَانُ وَالْقَلْبُ لِفَرَاغِهِ وَعَدَمِ تَمَكّنِ الِاشْتِغَالِ فِيهِ فَيَفْهَمُ الْقُرْآنَ وَيَتَدَبّرُهُ
Keempat, shalat subuh dilaksanakan saat telinga, lisan, dan hati, terkonsentrasi secara penuh tidak terganggu oleh kesibukan, sehingga dapat memahami Al qur'an dan merenungkannya.

زاد المعاد - (ج 1 / ص 208)
وَأَيْضًا فَإِنّهَا أَسَاسُ الْعَمَلِ وَأَوّلُهُ فَأُعْطِيَتْ فَضْلًا مِنْ الِاهْتِمَامِ بِهَا وَتَطْوِيلِهَا
Kelima, shalat shubuh adalah dasar dan awal dari amalan. Oleh karena itu diberi perhatian lebih dan lebih dipanjangkan.
وَهَذِهِ أَسْرَارٌ إنّمَا يَعْرِفُهَا مَنْ لَهُ الْتِفَاتٌ إلَى أَسْرَارِ الشّرِيعَةِ وَمَقَاصِدِهَا وَحُكْمِهَا وَاَللّهُ الْمُسْتَعَانُ .
Rahasia-rahasia sesungguhnya hanya dapat diketahui oleh orang yang memiliki perhatian terhadap rahasia syari'at serta maksud dan hikmah-hikmahnya. Hanya kepada Allah tempat memohon pertolongan. 

Membaca Ayat Diputus-putus
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
أَمَّا بَعْدُ؛ فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِى النَّارِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Ibnu Qoyyim berkata :
وَكَانَتْ قِرَاءَتُهُ مَدًّا يَقِفُ عِنْدَ كُلّ آيَةٍ وَيَمُدُّ بِهَا صَوْتَهُ
Bacaan beliau saw dipanjangkan tidak tergesa-gesa, berhenti di setiap ayat, dan meninggikan suaranya saat membaca ayat.
. فَإِذَا فَرَغَ مِنْ قِرَاءَةِ الْفَاتِحَةِ قَالَ " آمِينَ " فَإِنْ كَانَ يَجْهَرُ بِالْقِرَاءَةِ رَفَعَ بِهَا صَوْتَهُ وَقَالَهَا مَنْ خَلْفَهُ
Apabila selesai membaca Al Fatihah, beliau saw mengucapkan Aamiin, kalau beliau menjaharkan bacaan, maka beliau meninggikan suaranya ketika mengucapkan Aamiin dan orang-orang di belakang juga mengucapkannya. زاد المعاد - (ج 1 / ص 200)
 (26583) 27118- حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الأُمَوِيُّ ، قَالَ : حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ ، أَنَّهَا سُئِلَتْ عَنْ قِرَاءَةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَتْ : كَانَ يُقَطِّعُ قِرَاءَتَهُ آيَةً آيَةً : {بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} {الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ} {مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ}.
مسند أحمد - (ج 6 / ص 302)
الشمائل المحمدية للترمذي - (ج 1 / ص 350)
307 - حدثنا علي بن حجر قال : حدثنا يحيى بن سعيد الأموي ، عن ابن جريج ، عن ابن أبي مليكة ، عن أم سلمة ، قالت : كان النبي صلى الله عليه وسلم يقطع قراءته يقول : ( الحمد لله رب العالمين (1) ) ثم يقف ، ثم يقول : ( الرحمن الرحيم (2) ) ثم يقف ، وكان يقرأ ( ملك يوم الدين )
سنن الترمذى - (ج 11 / ص 130)
3177 - حَدَّثَنَا عَلِىُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الأُمَوِىُّ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنِ ابْنِ أَبِى مُلَيْكَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُقَطِّعُ قِرَاءَتَهُ يَقُولُ (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) ثُمَّ يَقِفُ (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) ثُمَّ يَقِفُ وَكَانَ يَقْرَؤُهَا (مَلِكِ يَوْمِ الدِّينِ)
Hikmah diputuskannya bacaan ayat per ayat.
فَقُلْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ إِنِّي أَحْيَانًا أَكُونُ وَرَاءَ الْإِمَامِ فَغَمَزَ ذِرَاعِي وَقَالَ اقْرَأْ بِهَا يَا فَارِسِيُّ فِي نَفْسِكَ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ فَنِصْفُهَا لِي وَنِصْفُهَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اقْرَءُوا يَقُولُ الْعَبْدُ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ حَمِدَنِي عَبْدِي يَقُولُ الْعَبْدُ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي يَقُولُ الْعَبْدُ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مَجَّدَنِي عَبْدِي يَقُولُ الْعَبْدُ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ فَهَذِهِ الْآيَةُ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ يَقُولُ الْعَبْدُ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ فَهَؤُلَاءِ لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ
Rasulullah saw bersabda, Allah swt berfirman, aku telah membagi sholat dua bagian antara diriku dan hambaku, dan bagi hambaku apa yang ia minta, jika ia mengucapkan الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ maka Allah swt berfirman, يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ حَمِدَنِي عَبْدِي Hambaku telah memujiku, dan jika ia mengucapkan الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ maka Allah swt berfirman, أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي hambaku telah menyanjungku, jika ia mengucapkan, مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ maka Allah swt berfirman, مَجَّدَنِي عَبْدِي Hambaku telah memuliakanku, dan Abu hurairah pernah menuturkan hambaku telah berserah diri kepadaku, jika ia mengucapkan إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ maka Allah berfirman, فَهَذِهِ الْآيَةُ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ inilah bagian diriku dan hambaku dan untuk hambaku apa yang ia minta, dan jika ia mengucapkan اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ(6)صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ maka Allah swt berfirman, فَهَؤُلَاءِ لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ  ini untuk hambaku dan bagi hambaku pula yang apa yang ia minta. (HR Nasai)

Membaca Amin
 (5) Hanya Engkaulah yang Kami sembah dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan. (6) Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (7) (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
Imam membaca bacaan Aamiin dan terdengar oleh makmum di shaf pertama.
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ عَنْ حُجْرِ بْنِ عَنْبَسٍ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ وَلَا الضَّالِّينَ فَقَالَ آمِينَ يَمُدُّ بِهَا صَوْتَهُ
Dari sahabat Wail bin Hujr, ia berkata, saya mendengar nabi saw membaca ghairil magdhubi alaihim waladhdhalin, maka ia mengucapkan aamiin, beliau memanjangkan suara padanya. (HR Ahmad)
Orang-orang yang diberi nikmat .
69. Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, Yaitu: Nabi-nabi, Para shiddiiqiin[314], orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. 70. Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui.
[314] ialah orang-orang yang Amat teguh kepercayaannya kepada kebenaran rasul, dan Inilah orang-orang yang dianugerahi nikmat sebagaimana yang tersebut dalam surat Al Faatihah ayat 7.
الْمَغْضُوب dinisbatkan kepada orang-orang Yahudi, karena mereka mempunyai ilmu, tapi tidak memiliki amal, maka Yahudi itu dimurkai, disebabkan mereka memiliki ilmu tapi tidak di amalkan. Allah swt berfirman tentang kemurkaanya terhadap orang Yahudi,
قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَلِكَ مَثُوبَةً عِنْدَ اللَّهِ مَنْ لَعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ أُولَئِكَ شَرٌّ مَكَانًا وَأَضَلُّ عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ
Katakanlah: "Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu di sisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?" Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (Al Maidah : 60)
الضَّالِّينَ dinisbatkan kepada orang-orang Nasrani karena mereka tidak memiliki ilmu agama, maka mereka tersesatkan. Karenanya orang-orang Nasrani tatkala hendak menuju kepada sesuatu, mereka tidak memperoleh petunjuk kepada jalannya. Hal itu karena mereka tidak menempuhnya melalui jalan yang sebenarnya. Allah swt berfirman tentang mereka,
قُلْ يَاأَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ غَيْرَ الْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعُوا أَهْوَاءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوا مِنْ قَبْلُ وَأَضَلُّوا كَثِيرًا وَضَلُّوا عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ
Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus." (Al Maidah : 77)
واليهود فَقَدُوا الْعَمَلَ، والنصارى فَقَدُوا الْعِلْمَ؛ ولِهَذَا كَانَ الْغَضَبُ لِلْيَهُوْدِ، والضلالُ لِلنَّصَارَى، لأن مَنْ عَلِمَ وَتَرَكَ اِسْتَحَقَّ الْغَضَبَ، بِخِلاَفٍ مَنْ لَمْ يَعْلَمْ. والنَّصَارَى لَمَّا كَانوا قَاصِدِيْنَ شَيْئًا لَكِنَّهُمْ لا يَهْتَدُونَ إِلَى طَرِيْقِهِ، لِأَنَّهُمْ لَمْ يَأْتُوا الأَمْرَ مِن بَابِهِ، وهو اِتِّبَاعُ الرَّسُوْلَ الْحَقَّ، ضَلُّوا، وَكُلُّ مَنْ اليهود والنَّصَارَى ضَالٌّ مَغْضُوبٌ عليه،
Orang-orang Yahudi kehilangan (tidak memiliki) amal, sedangkan Orang-orang Nasrani tidak memiliki Ilmu agama. Oleh karena itu kemurkaan bagi orang-orang Yahudi, sedang kesesatan bagi orang-orang Nasrani. Karena orang yang berilmu tapi tidak mengamalkannya itu berhaq mendapat kemurkaan, berbeda prang yang tidak memiliki ilmu. Sedang orang Nasrani tatkala mereka hendak menujuk kepada sesuatu. mereka tidak memperoleh petunjuk kepada jalannya. Hal itu karena mereka tidak menempuhnya melalui jalan yang sebenarnya, yaitu kebenaran. Maka mereka pun masing-masing tersesat, orang Yahudi dan Nasrani adalah sesat dan mendapat murka. تفسير ابن كثير - (ج 1 / ص 141)
=======================================================================
وَالْحَدِيثُ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّهُ يُشْرَعُ لِلْإِمَامِ التَّأْمِينُ بَعْدَ قِرَاءَةِ الْفَاتِحَةِ جَهْرًا ، وَظَاهِرُهُ فِي الْجَهْرِيَّةِ وَفِي السِّرِّيَّةِ .
وَبِشَرْعِيَّتِهِ قَالَتْ الشَّافِعِيَّةُ
            Hadits tersebut sebagai dalil yang menjadi dasar bagi imam diharuskannya membaca aamiin dengan keras setelah membaca Al Fatihah. Dan menurut zohirnya baik dalam bacaan keras maupun bacaan sir.
            Pendapat inilah yang menjadi pendapat ulama-ulama Syafi'iyah. Dalam hadits tersebut tidak terkandung keharusan bagi makmum dan orang yang sholat sendirian untuk mengucapkan aamiin.
وَذَهَبَتْ الْهَادَوِيَّةُ إلَى عَدَمِ شَرْعِيَّتِهِ لِمَا يَأْتِي
Ulama Al Hadawiyah berpendapat tidak perlu mengucapkan aamiin bagi imam.
وَقَالَتْ الْحَنَفِيَّةُ : يُسَرُّ بِهَا فِي الْجَهْرِيَّةِ
Ulama-ulama Hanafiyah mengatakan imam cukup mengucapkan aamiin denga pelan walaupun Al Fatihah dibaca dengan keras.
 وَلِمَالِكٍ قَوْلَانِ : الْأَوَّلُ : كَالْحَنَفِيَّةِ ، وَالثَّانِي : أَنَّهُ لَا يَقُولُهَا
Imam Malik mempunyai dua pendapat dalam masalah ini. Pendapat pertama sama dengan pendapat ulama-ulama Hanafiyah. Pendapat kedua, imam tidak perlu mengucapkan aamiin.
وَالْحَدِيثُ حُجَّةٌ بَيِّنَةٌ لِلشَّافِعِيَّةِ .
Hadits-hadits di atas menjadi hujjah yang terang bagi Ulama Syafi'iyah.
وَلَيْسَ فِي الْحَدِيثِ تَعَرُّضٌ لِتَأْمِينِ الْمَأْمُومِ وَالْمُنْفَرِدِ
Dalam hadits tersebut tidak dijelaskan tentang ucapan aamiin bagi makmun dan orang yang sholat sendirian. سبل السلام - (ج 2 / ص 109)
وَقَدْ اسْتَدَلَّ صَاحِبُ الْبَحْرِ عَلَى أَنَّ التَّأْمِينَ بِدْعَةٌ بِحَدِيثِ مُعَاوِيَةَ بْنِ الْحَكَمِ السُّلَمِيُّ { أَنَّ هَذِهِ صَلَاتُنَا لَا يَصْلُحُ فِيهَا شَيْءٌ مِنْ كَلَامِ النَّاسِ }
Bacaan aamiin itu adalah bid'ah, didasarkan dari Hadits Muawiyah bin Al Hakam As Salmy. Inilah sholat kami, yang didalamnya tidak ada ucapan manusia sedikitpun. نيل الأوطار - (ج 3 / ص 386)
Beberapa Arti Bacaan آمين
آمِنْ artinya berimanlah
آمين artinya jujur, jika bacaannya dipanjangkan alif dan mimnya lebih dari dua harokat.
اَمِنْ artinya aman, damai
آمين artinya yang benar adalah Allahummas istajib (Ya Allah ijabahlah)
Imam membaca bacaan aamiin dan terdengar oleh makmum di shaf pertama.
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ أَخْبَرَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى عَنْ بِشْرِ بْنِ رَافِعٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ ابْنِ عَمِّ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا تَلَا غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ قَالَ آمِينَ حَتَّى يَسْمَعَ مَنْ يَلِيهِ مِنْ الصَّفِّ الْأَوَّلِ
Dari sahabat Abu Hurairah ra, ia mengatakan, keadaan Rasulullah saw apabila membaca, ghairil magdlubi alaihim walad dlalin beliau mengucapkan aamiin sehingga memperdengarkannya pada makmum shaf pertama. Dan ia berkata, sehingga didengar oleh makmum pada shaf pertama. (HR Abu Daud)  
Makmum mengucapkan aamiin setelah imam atau bersamaan dengan imam.
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ وَأَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُمَا أَخْبَرَاهُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوا فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Dari Abu hurairah ra, ia berkata,  Rasulullah saw bersabda, apabila imam mengucapkan aamiin, maka ucapkalah oleh kalian (makmum) aamiin. Maka sesungguhnya siapa yang ucapan aamiinnya berbarengan dengan ucapan  aamiin malaikat, niscaya akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu. (HR Bukhari)
            Jika kita melihat keterangan hadits di atas, maka bacaan aamiin makmum itu setelah bacaan aamiin imam. Karena ada hadits yang menerangkan tentang urutan aba-aba dalam sholat, yakni sebagai berikut.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ قَالَ أَخْبَرَنَا حُمَيْدٌ الطَّوِيلُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَقَطَ عَنْ فَرَسِهِ فَجُحِشَتْ سَاقُهُ أَوْ كَتِفُهُ وَآلَى مِنْ نِسَائِهِ شَهْرًا فَجَلَسَ فِي مَشْرُبَةٍ لَهُ دَرَجَتُهَا مِنْ جُذُوعٍ فَأَتَاهُ أَصْحَابُهُ يَعُودُونَهُ فَصَلَّى بِهِمْ جَالِسًا وَهُمْ قِيَامٌ فَلَمَّا سَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا جُعِلَ الْإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا وَإِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا وَإِنْ صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا
Hanya saja imam itu dijadikan untuk diikuti. Jika ia bertakbir bertakbirlah kalian, dan janganlah kalian bertakbir sebelum imam sempurna takbirnya. Apabila ia ruku, rukulah kalian. Dan janganlah kalian ruku sebelum ia sempurna ruku. Apabila ia sujud, sujudlah kalian. Dan janganlah kalian sujud sebelum ia sempurna sujud. Apabila ia sholat sambil berdiri, sholatlah kalian sambil berdiri. (HR Bukhari)
            Dari keterangan ini dapat dipahami bahwa ucapan aamiin makmum setelah selesainya ucapan aamiin imam. Sebab kata-kata إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوا  idza ammanal imamu fa-amminu tidak berbeda dengan pelaksanaan َإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا idza kabbaral imamu fakabbiru, َإِذَا رَكَعَ فَارْكَعُوا idza raka'a farka'u, إِذَا سَجَدَ فَاسْجُدُوا idza sajada fasjudu. Bagi makmum tidak di benarkan memulai takbir, ruku maupun sujud bersamaan dengan imam, tetapi hendaklah imam lebih dahulu.
Bantahan
Jika makmum mengucapkan Aamiin setelah imam, maka ia tidak mendapat bagian untuk di ampuni dosanya, karena bacaannya tidak akan berbarengan dengan bacaan aamiin para malaikat.
أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ مَسْعُودٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ قَالَ حَدَّثَنِي مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَالَ الْإِمَامُ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ فَقُولُوا آمِينَ فَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَقُولُ آمِينَ وَإِنَّ الْإِمَامَ يَقُولُ آمِينَ فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Dari Abu Hurairah ra, ia mengatakan Rasulullah saw telah bersabda, apabila imam mengucapkan Ghairil maghdlu alaihim walad dlalin, maka ucapkanlah oleh kalian aamiin, karena para malaikat mengucapkan aamiin ketika imam mengucapkan aamiin. Maka sesungguhnya siapa yang ucapan aamiinnya berbarengan dengan ucapan aamiin malaikat, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Ahmad)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ وَأَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُمَا أَخْبَرَاهُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوا فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Maka sesungguhnya jika imam mengucapkan aamiin maka ucapkan pula aamiin. Siapa yang ucapan aamiinnya berbarengan dengan ucapan aamiin malaikat, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ يَعْنِي ابْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قَالَ الْقَارِئُ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ فَقَالَ مَنْ خَلْفَهُ آمِينَ فَوَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ أَهْلِ السَّمَاءِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Dari Abu Hurairah ra, ia mengatakan Rasulullah saw bersabda, apabila imam membaca Ghairil Maghdlu alaihim walad dlalin lalu yang di belakangnya mengucapkan aamiin, maka bersamaanlah ucapan aamiinnya itu dengan ucapan para penduduk langit (malaikat) di ampunilah dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Muslim)
Yang benar menurut Qaidah Ilmu Sharaf adalah sebagai berikut.
Menurut ilmu sharaf, lafadz أَمَّنَ asal artinya telah mengucapkan aamiin, tetapi karena di dahului oleh lafadz idza maka berarti idza arada ta'min (apabila ia hendak mengucapkan aamiin). Adapun huruf ف pada lafadz tidak menunjukkan urutan (tertib. Akan tetapi berupa syarat karena jawab syaratnya fi'il amr dan fa disini adalah fa jawab syarat. Dengan keterangan-keterangan di atas maka mengucapkan aamiin dalam shalat tidak ada tempat lain kecuali setelah walad dhalin baik bagi munfarid imam maupun makmum.
إِذَا سَأَلَتْ دَرْسَ التَّفْسِيْرِ فَاسْأَلِ الْأُسْتَاذَ  , artinya Apabila kamu bertanya pelajaran tafsir tanyalah kepada ustadz.
Huruf إذا itu dalam hal ini diartikan ظَرْفُ الْمُسْتَقْبَلِ مِنَ الزَّمَانِ diartikan Apabila
Sedangkan huruf   ف, diartikan للجواب الشرط  jawab syarat,
Tidak diartikan dengan للترتيب  yaitu bermakna, lalu, kemudian
Contoh huruf   ف bermakna للترتيب  lalu, kemudian.
إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَأَسْبِغِ الْوُضُوءَ ثُمَّ اسْتَقْبِلْ الْقِبْلَةَ فَكَبِّرْ
Jika engkau hendak mengerjakan sholat maka sempurnakanlah wudhu, kemudian engkau menghadap ke kiblat, kemudian engkau bertakbir. (HR Muslim)
Bacaam Rabbigfirli sebelum mengucapkan aamiin.
17573 - حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بن عَبَّادٍ الْخَطَّابِيُّ، ثنا أَحْمَدُ بن عَبْدِ الْجَبَّارِ الْعُطَارِدِيُّ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ أَبِي بَكْرٍ النَّهْشَلِيِّ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْيَحْصِبِيِّ، عَنْ وَائِلِ بن حُجْرٍ، أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حِينَ قَالَ:"غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ"[الفاتحة آية 7] ، قَالَ: رَبِّ اغْفِرْ لِي آمِينَ
Dari wail bin Hujrin ia pernah mendengar  Rasulullah saw ketika selesai membaca walad dholin, beliau mengucapkan rabbigh firli aamiin. المعجم الكبير للطبراني - ج 15 / ص 419
وقال أبو حاتم ليس بالقوي
قال ابن عدي رَأَيْتُهُمْ مُجْمِعِيْنَ عَلىَ ضَعْفِهِ وَلاَ اَرَى لَهُ حِدِيْثـاً مُنْكَراً اِنَّمَا ضَعَّفُوْهُ لِاَنَّهُ لَمْ يَلِقْ الذين يُحَدِّثُ عنهم
ميزان الإعتدال في نقد الرجال ج: 1 ص: 252
أنبأنا المبارك بن خيرون بن عبدالملك قال أحمد بن الحسن بن خيرون قال أنبأنا أبو طاهر محمد بن على بن العلاف قال أنبأنا عثمان بن محمد الآدمى قال أنبأنا أبو بكر بن أبى داود السجستاني إذنا قال حدثنا محمد بن عاصم قال حدثنا شبابة بن سوار قال حدثنا مخلسد بن عبد الواحد عن على بن زيد بن جدعان وعطاء ابن أبى ميمونة عن زر بن حبيس [ حبيش ] عن أبى بن كعب قال: " إن رسول الله صلى الله عليه وسلم عرض على القرآن في النسة التى يات [ مات ] فيها مرتين وقال إن جبريل عليه السلام أمرنى أن أقرأ عليك القرآن وهو يقرئك السلام.
فقال أبى فقلت لما قرأ على رسول الله صلى الله عليه وسلم كما [ أ ] كانت لى خاصة فحصنى بثواب القرآن مما علمك الله وأطلعك عليه ؟ قال نعم يَا أُبَىُّ
أَيُّمَا مُسْلِمٍ قَرَأَ فاتحة الكتاب أُعْطِىَّ مِنْ الاَجْرِ كَأَنَّمَا قَرَأَ ثُلُثَى الْقُرْآنِ وَأُعْطِىَّ مِنَ الاَجْرِ كَأَنَّمَا تَصَدَّقَ عَلَى كُلِّ مُؤْمِنٍ وَمُؤْمِنَةٍ،
Dari Ubay bin Kaab ia berkata, bahwasanya Rasulullah saw bersabda, Muslim yang mana saja membaca Fatihatul Kitab, ia seolah-olah telah membaca sepertiga Al Qur'an dan akan diberi balasan seolah-olah ia bersedekah kepada seluruh mukmin dan mukminat. (HR Ibnu Jauzi)
Kesimpulan
Jadi, bacaan aamiin makmun itu berbarengan dengan bacaan aamiin dari imam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar