Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Rabu, 13 April 2011

sholat berjamaah


A.  Aturan Shalat Berjamaah
أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ مَسْعُودٍ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ أَنَّهُ أَخْبَرَهُمْ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَصِيرٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ شُعْبَةُ وَقَالَ أَبُو إِسْحَقَ وَقَدْ سَمِعْتُهُ مِنْهُ وَمِنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ يَقُولُ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا صَلَاةَ الصُّبْحِ فَقَالَ أَشَهِدَ فُلَانٌ الصَّلَاةَ قَالُوا لَا قَالَ فَفُلَانٌ قَالُوا لَا قَالَ إِنَّ هَاتَيْنِ الصَّلَاتَيْنِ مِنْ أَثْقَلِ الصَّلَاةِ عَلَى الْمُنَافِقِينَ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا وَالصَّفُّ الْأَوَّلُ عَلَى مِثْلِ صَفِّ الْمَلَائِكَةِ وَلَوْ تَعْلَمُونَ فَضِيلَتَهُ لَابْتَدَرْتُمُوهُ وَصَلَاةُ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلِ أَزْكَى مِنْ صَلَاتِهِ وَحْدَهُ وَصَلَاةُ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلَيْنِ أَزْكَى مِنْ صَلَاتِهِ مَعَ الرَّجُلِ وَمَا كَانُوا أَكْثَرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
Dari Ubay bin Kaab ra ia berkata, Rasulullah saw  bersabda, sesungguhnya sholat seseorang dengan seorang lainnya lebih suci dari pada sholat sendiri. Sholatnya dengan dua orang lebih suci dari pada sholatnya dengan seseorang. Semakin lebih banyak akan lebih disukai oleh Allah yang Maha Tinggi. (HR Nasai)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ عَنْ مُحَمَّدٍ يَعْنِي ابْنَ طَحْلَاءَ عَنْ مُحْصِنِ بْنِ عَلِيٍّ عَنْ عَوْفِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ ثُمَّ رَاحَ فَوَجَدَ النَّاسَ قَدْ صَلَّوْا أَعْطَاهُ اللَّهُ جَلَّ وَعَزَّ مِثْلَ أَجْرِ مَنْ صَلَّاهَا وَحَضَرَهَا لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أَجْرِهِمْ شَيْئًا
Barang siapa berwudhu lalu dia melakukannya dengan sebaik-baiknya kemudian berangkat dan ternyata dia mendapatkan orang-orang sudah mengerjakan sholat Maka Allah Azza Wa Jallah memberikan kepadanya pahala seperti pahala orang yang mengerjakan dan menghadiri sholat tersebut tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. (HR Abu Dawud)
Imam Syafei melanjutkan ucapannya,
وإنما   منعني أن أقول  صلاة الرجل لا تجوز وحده وهو يُقَدِّرُ على جَمَاعَةٍ بِحَالٍ تَفْضِيْلُ النبي  صلى الله عليه وسلم  صلاة الجماعة على صلاة المنفرد
(Al Uum, juz 1 hal 155)
Saya mengatakan seseorang tidak boleh sholat sendirian jika ia mampu sholat berjamaah, karena Nabi saw lebih mengutamakan sholat jamaah daripada sholat sendirian.
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي الدِّيلِ يُقَالُ لَهُ بُسْرُ بْنُ مِحْجَنٍ عَنْ مِحْجَنٍ أَنَّهُ كَانَ فِي مَجْلِسٍ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَذَّنَ بِالصَّلَاةِ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ رَجَعَ وَمِحْجَنٌ فِي مَجْلِسِهِ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مَنَعَكَ أَنْ تُصَلِّيَ أَلَسْتَ بِرَجُلٍ مُسْلِمٍ قَالَ بَلَى وَلَكِنِّي كُنْتُ قَدْ صَلَّيْتُ فِي أَهْلِي فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا جِئْتَ فَصَلِّ مَعَ النَّاسِ وَإِنْ كُنْتَ قَدْ صَلَّيْتَ
Dari Mihjan ra, sesungguhnya ia berada dalam suatu majelis bersama Rasulullah saw, kemudian diserukan azan untuk sholat, kemudian Rasulullah saw berdiri melaksanakan sholat, kemudian kembali, dan mihjan masih tetap berada dalam majelisnya, kemudian Rasululullah saw bersabda, apa yang menghalangimu untuk tidak melakukan sholat? Bukan kamu itu seorang laki-laki mukmin, mihjam berkata, betul, tetapi sudah melaksanakan sholat bersama keluargaku, kemudian Rasulullah saw berkata kepadanya, jika kamu datang (ke masjid), sholatlah bersama orang-orang, meskipun kamu sudah melaksanakan sholat.      (HR An Nasai)
صحيح مسلم - (ج 2 / ص 120)
1497 - حَدَّثَنَا خَلَفُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ ح قَالَ وَحَدَّثَنِى أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهْرَانِىُّ وَأَبُو كَامِلٍ الْجَحْدَرِىُّ قَالاَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَبِى عِمْرَانَ الْجَوْنِىِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الصَّامِتِ عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ قَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ « كَيْفَ أَنْتَ إِذَا كَانَتْ عَلَيْكَ أُمَرَاءُ يُؤَخِّرُونَ الصَّلاَةَ عَنْ وَقْتِهَا أَوْ يُمِيتُونَ الصَّلاَةَ عَنْ وَقْتِهَا ». قَالَ قُلْتُ فَمَا تَأْمُرُنِى قَالَ « صَلِّ الصَّلاَةَ لِوَقْتِهَا فَإِنْ أَدْرَكْتَهَا مَعَهُمْ فَصَلِّ فَإِنَّهَا لَكَ نَافِلَةٌ ». وَلَمْ يَذْكُرْ خَلَفٌ عَنْ وَقْتِهَا.
Dari Abu Dzar ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda, bagaimana sikapmu jika engkau di pimpin oleh umara yang suka mengakhirkan sholat dari waktunya  atau menangguhkan sholat dari waktunya? Dia berkata, aku katakan, lalu apa yang engkau perintahkan kepadaku? Beliau bersabda, kerjakan sholat pada awal waktunya, jika kamu mendapatkan sholat itu bersama mereka, ulangi kembali karena sesungguhnya itu menjadi ibadah tambahan bagimu dan janganlah kamu mengatakan, sesungguhnya aku telah mengerjakan sholat sehingga aku tidak perlu sholat lagi. (HR Muslim)
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ أَخْبَرَنِي يَعْلَى بْنُ عَطَاءٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ صَلَّى مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ غُلَامٌ شَابٌّ فَلَمَّا صَلَّى إِذَا رَجُلَانِ لَمْ يُصَلِّيَا فِي نَاحِيَةِ الْمَسْجِدِ فَدَعَا بِهِمَا فَجِئَ بِهِمَا تُرْعَدُ فَرَائِصُهُمَا فَقَالَ مَا مَنَعَكُمَا أَنْ تُصَلِّيَا مَعَنَا قَالَا قَدْ صَلَّيْنَا فِي رِحَالِنَا فَقَالَ لَا تَفْعَلُوا إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فِي رَحْلِهِ ثُمَّ أَدْرَكَ الْإِمَامَ وَلَمْ يُصَلِّ فَلْيُصَلِّ مَعَهُ فَإِنَّهَا لَهُ نَافِلَةٌ
Dari Jabir bin Yazid dari ayahnya, sesungguhnya ia sholat bersama Rasulullah saw dan ia seorang anak yang sudah dewasa, ketika itu ada dua orang laki-laki yang yang berada pada sisi masjid yang tidak melakukan sholat, kemudian rasulullah saw memanggil keduanya, dan kemudian keduanya mendatangi Rasulullah saw, kemudian beliau bersabda, apa yang menghalangi kalian berdua untuk sholat bersama kami, keduanya berkata, kami berdua sudah melaksanakan sholat di rumah tempat kami, kemudian Rasulullah saw bersabda, jangan di ulangi lagi, jika salah seorang di antara kalian sudah mengerjakan sholat di rumahnya kemudian ia mendapatkan imam di masjid belum sholat, hendaklah dia sholat bersamanya karena sesungguhnya sholat itu sebagai amalan sunnah baginya.
(HR Abu Daud)
Membantu dalam berjamaah.
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ عَنْ سُلَيْمَانَ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِي الْمُتَوَكِّلِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْصَرَ رَجُلًا يُصَلِّي وَحْدَهُ فَقَالَ أَلَا رَجُلٌ يَتَصَدَّقُ عَلَى هَذَا فَيُصَلِّيَ مَعَهُ
Dari Abu said Al Khudri ra, bahwasanya Rasulullah saw pernah melihat seorang mengerjakan sholat sendirian, beliau bersabda, adakah orang yang akan bershodaqoh kepada orang ini, maka hendaklah ia mengerjakan bersamanya. (HR Abu Daud)
Orang yang sholat wajib bermakmum kepada orang yang sholat sunnat :
711 - حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ وَأَبُو النُّعْمَانِ قَالاَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنْ جَابِرٍ قَالَ كَانَ مُعَاذٌ يُصَلِّى مَعَ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - ثُمَّ يَأْتِى قَوْمَهُ فَيُصَلِّى بِهِمْ . Jabir ra berkata, Muaz pernah sholat isya bersama Nabi saw kemudian kembali kepada kaumnya dan sholat mengimami mereka yang telah dilakukannya tersebut. صحيح البخارى - (ج 3 / ص 200)
B.  Posisi Imam dan Makmum
Imam lebih tinggi dari makmum.
سنن الدارقطنى - (ج 5 / ص 127)
1904 - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبٍ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّا بْنُ يَحْيَى الْوَاسِطِىُّ زَحْمَوَيْهِ حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الطُّفَيْلِ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ هَمَّامٍ عَنْ أَبِى مَسْعُودٍ الأَنْصَارِىِّ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنْ يَقُومَ الإِمَامُ فَوْقَ شَىْءٍ وَالنَّاسُ خَلْفَهُ يَعْنِى أَسْفَلَ مِنْهُ.
Dari Ibnu Mas'ud dia berkata, Rasulullah saw melarang imam berdiri di atas sesuatu, sedangkan orang banyak berdiri di belakangnya yakni di bawah (lebih rendah) dari imam.
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَيَّانَ أَبُو خَالِدٍ عَنْ حُمَيْدٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقْبِلُ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ قَبْلَ أَنْ يُكَبِّرَ فَيَقُولُ تَرَاصُّوا وَاعْتَدِلُوا فَإِنِّي أَرَاكُمْ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِي
Dari Anas, ia berkata, Rasulullah saw biasa menghadapkan wajah kepada kami sebelum takbir, lalu bersabda, rapatkanlah dan luruskanlah, sesungguhnya aku melihat kalian dari belakangku. (HR Ahmad)
حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصُّفُوفِ مِنْ إِقَامَةِ الصَّلَاةِ
Dari Anas sesungguhnya nabi saw bersabda, luruskan shaffmu, karena meluruskan shaff itu sebagian dari kesempurnaan sholat. (HR Ahmad)
Posisi imam jika dengan satu orang makmum atau dua orang makmum atau lebih.
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ الْحَنَفِيُّ حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ عُثْمَانَ حَدَّثَنِي شُرَحْبِيلُ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الْمَغْرِبَ فَجِئْتُ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ عَنْ يَسَارِهِ فَنَهَانِي فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ فَجَاءَ صَاحِبٌ لِي فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ فَصَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ثَوْبٍ وَاحِدٍ مُخَالِفًا بَيْنَ طَرَفَيْهِ
Dari Jabir bin Abdullah ra, ia berkata, nabi saw pernah berdiri sholat maghrib, kemudian aku datang, lalu aku berdiri di sebelah kirinya, lalu nabi melarang aku, dan ia menjadikan aku di sebelah kanannya. Kemudian seorang kawanku datang, lalu nabi mengatur shaff kami di belakangnya, lalu ia sholat bersama kami. Dalam satu pakaian yang diselempangkan dua ujungnya. (HR Ahmad)
حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ وَتَقَارَبَا فِي لَفْظِ الْحَدِيثِ وَالسِّيَاقُ لِهَارُونَ قَالَا حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ مُجَاهِدٍ أَبِي حَزْرَةَ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ ---------- ثُمَّ جِئْتُ حَتَّى قُمْتُ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَ بِيَدِي فَأَدَارَنِي حَتَّى أَقَامَنِي عَنْ يَمِينِهِ ثُمَّ جَاءَ جَبَّارُ بْنُ صَخْرٍ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ جَاءَ فَقَامَ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدَيْنَا جَمِيعًا فَدَفَعَنَا حَتَّى أَقَامَنَا خَلْفَهُ
Rasulullah saw berdiri untuk sholat, kemudian aku datang, lalu aku berdiri di sebelah kirinya, lalu mengambil tanganku, lalu nabi memutarkan aku sehingga ia menempatkan aku di sebelah kanannya. Kemudian Jabr bin Shokr, ia berwudhu kemudian  datang untuk ikut sholat , lalu ia berdiri di sebelah kiri Rrasul saw, lalu nabi mengambil tangan kami semua, lalu ia mendorong kami sehingga ia menempatkan kami di belakangnya. (HR Muslim)
Perempuan di belakang laki-laki
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ قَالَ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي زِيَادٌ أَنَّ قَزَعَةَ مَوْلًى لِعَبْدِ قَيْسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ عِكْرِمَةَ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ صَلَّيْتُ إِلَى جَنْبِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَائِشَةُ خَلْفَنَا تُصَلِّي مَعَنَا وَأَنَا إِلَى جَنْبِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُصَلِّي مَعَهُ
Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata aku sholat di sebelah nabi saw, sedang Aisyah sholat bersama kami di belakang kami, dan aku sendiri sholat bersama nabi di sebelahnya.          (HR Ahmad)
و حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُخْتَارِ سَمِعَ مُوسَى بْنَ أَنَسٍ يُحَدِّثُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِ وَبِأُمِّهِ أَوْ خَالَتِهِ قَالَ فَأَقَامَنِي عَنْ يَمِينِهِ وَأَقَامَ الْمَرْأَةَ
Dan dari Anas bahwa nabi saw sholat bersamanya, dan bersama ibunya atau bibinya, lalu nabi saw menempatkan aku di sebelah kanannya, dan menempatkan perempuan itu di belakang kami. (HR Muslim)
حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ مُسَافِرٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي فُدَيْكٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ بَشِيرِ بْنِ خَلَّادٍ عَنْ أُمِّهِ أَنَّهَا دَخَلَتْ عَلَى مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ الْقُرَظِيِّ فَسَمِعَتْهُ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسِّطُوا الْإِمَامَ وَسُدُّوا الْخَلَلَ
Dari Abu hurairah, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, letakkan imam itu di tengah, dan tutuplah celah-celah (shaff). (HR Abu daud)
Hadits di atas dhoif karena di dalamnya ada dua orang yang majhul yaitu يَحْيَى بْنِ بَشِيرِ بْنِ خَلَّادٍ dan ibunya أُمِّهِ
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبٍ الْحَارِثِيُّ وَصَالِحُ بْنُ حَاتِمِ بْنِ وَرْدَانَ قَالَا حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنِي خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِي مَعْشَرٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِيَلِنِي مِنْكُمْ أُولُو الْأَحْلَامِ وَالنُّهَى ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثَلَاثًا وَإِيَّاكُمْ وَهَيْشَاتِ الْأَسْوَاقِ
Dari Ibnu Mas'ud, dari nabi saw ia bersabda, dan hendaklah orang-orang yang baligh dan sudah pandai di antara kamu, di dekat aku, kemudian orang-orang yang mengiringi mereka, kemudian orang-orang yang mengiringi mereka, dan hindarilah hiruk pikuk pasar.              (HR Muslim)
حَدَّثَنَا أَبُو النَّضْرِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ يَعْنِي شَيْبَانَ وَلَيْثٌ عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يُسَوِّي بَيْنَ الْأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي الْقِرَاءَةِ وَالْقِيَامِ وَيَجْعَلُ الرَّكْعَةَ الْأُولَى هِيَ أَطْوَلُهُنَّ لِكَيْ يَثُوبَ النَّاسُ وَيَجْعَلُ الرِّجَالَ قُدَّامَ الْغِلْمَانِ وَالْغِلْمَانَ خَلْفَهُمْ وَالنِّسَاءَ خَلْفَ الْغِلْمَانِ
Dan dari Abdurahhma bin Ghunm, dari Abu Malik al Asy'arie dari rasulullah saw, sesungguhnya ia pernah mempersamakan antara empat rakaat dalam bacaan dan berdiri, dan menjadikan rakaat pertama adalah lebih panjang, agar orang-orang  bisa menyusul (mengikuti jama'ah) dan menempatkan orang-orang dewasa di depan anak-anak, dan anak-anak di belakang mereka, dan perempuan di belakang anak-anak. (HR Ahmad)
تمام المنة - (ج 1 / ص 284)
 قلت : وإسنادهما ضعيف فيه شهر وهو ضعيف كما سبق غير مرة
من تكلم فيه وهو موثق - (ج 1 / ص 100)
وقال النسائي وغيره ليس بالقوي
Wanita jadi imam.
المستدرك - (ج 1 / ص 320)
 731 - حدثنا أبو العباس محمد بن يعقوب الأصم ثنا أحمد بن عبد الجبار العطاردي ثنا عبد الله بن إدريس عن ليث عن عطاء عن عائشة : أنها كانت تَؤَذِّنُ و تَقِيْمُ و تَؤُمُّ النِّسَاءَ وَ تَقُوْمُ وَسْطَهُنًّ
Sungguh Aisyah ra, pernah mengimami para wanita dan ia berdiri bersama mereka dalam satu shaff dan berdiri di tengah shaff.
السلسلة الضعيفة - (ج 2 / ص 378)
و ليث هو ابن أبي سليم ، و هو ضعيف
Hadits dhoif makmum di sebelah kanan imam.
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى مَيَامِنِ الصُّفُوفِ
Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya mendoakan orang yang sholat pada barisan sebelah kanan. (HR Abu Daud)
Kritikan terhadap Usamah bin zaid   أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ
Imam Abu Hatim berkata,  يَكْتُبُ حَدِيْثُهُ وَلاَ يَحْتَجُّ بِهِ
Imam Yahya bin Said berkata, ضعيف
Imam An Nasai berkata, ليس با القوي
(Lihat Tahzibul Kamal, , رقم 521 باب الإلف,من اسمه أسامة )
Jadi hadits di atas dhoif , tidak bisa dipakai hujjah. Posisi imam yang benar adalah di tengah makmum.
حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ وَتَقَارَبَا فِي لَفْظِ الْحَدِيثِ وَالسِّيَاقُ لِهَارُونَ قَالَا حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ مُجَاهِدٍ أَبِي حَزْرَةَ عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ ---------- ثُمَّ جِئْتُ حَتَّى قُمْتُ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَ بِيَدِي فَأَدَارَنِي حَتَّى أَقَامَنِي عَنْ يَمِينِهِ ثُمَّ جَاءَ جَبَّارُ بْنُ صَخْرٍ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ جَاءَ فَقَامَ عَنْ يَسَارِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدَيْنَا جَمِيعًا فَدَفَعَنَا حَتَّى أَقَامَنَا خَلْفَهُ
Rasulullah saw berdiri untuk sholat, kemudian aku datang, lalu aku berdiri di sebelah kirinya, lalu mengambil tanganku, lalu nabi memutarkan aku sehingga ia menempatkan aku di sebelah kanannya. Kemudian Jabr bin Shokr, ia berwudhu kemudian  datang untuk ikut sholat , lalu ia berdiri di sebelah kiri rasul saw, lalu nabi mengambil tangan kami semua, lalu ia mendorong kami sehingga ia menempatkan kami di belakangnya. (HR Muslim)
Orang yang berhaq menjadi imam.
صحيح مسلم - (ج 2 / ص 133)
1564 - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ وَأَبُو سَعِيدٍ الأَشَجُّ كِلاَهُمَا عَنْ أَبِى خَالِدٍ - قَالَ أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الأَحْمَرُ - عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ رَجَاءٍ عَنْ أَوْسِ بْنِ ضَمْعَجٍ عَنْ أَبِى مَسْعُودٍ الأَنْصَارِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ فَإِنْ كَانُوا فِى الْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ فَإِنْ كَانُوا فِى السُّنَّةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً فَإِنْ كَانُوا فِى الْهِجْرَةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ سِلْمًا وَلاَ يَؤُمَّنَّ الرَّجُلُ الرَّجُلَ فِى سُلْطَانِهِ وَلاَ يَقْعُدْ فِى بَيْتِهِ عَلَى تَكْرِمَتِهِ إِلاَّ بِإِذْنِهِ ».
Dari Abu Mas'ud yaitu Uqbah bin Amir ia berkata, Rasulullah saw bersabda, hendaklah yang mengimami suatu kaum adalah orang yang lebih tahu tentang Al Qur'an di antara mereka, lalu jika mereka sama dalam bacaannya, maka hendaklah yang lebih tahu tentang sunnah, jika mereka sama pengetahuannya tentang sunnah maka hendaklah yang lebih dahulu hijrahnya, jika mereka sama dalam hijrahnya, maka hendaklah yang lebih tua umurnya, dan janganlah sesekali seseorang mengimami orang lain dalam kekuasaanya dan janganlah ia duduk di rumahnya kecuali dengan izinnya.
نيل الأوطار - (ج 5 / ص 100)
" يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ " فَقِيلَ الْمُرَادُ أَحْسَنُهُمْ قِرَاءَةً وَإِنْ كَانَ أَقَلّهمْ حِفْظًا ، وَقِيلَ : أَكْثَرهمْ حِفْظًا لِلْقُرْآنِ .
وَيَدُلُّ عَلَى ذَلِكَ مَا رَوَاهُ الطَّبَرَانِيُّ فِي الْكَبِيرِ وَرِجَالُهُ رِجَالُ الصَّحِيحِ عَنْ عَمْرِو بْنِ سَلَمَةَ أَنَّهُ قَالَ : { انْطَلَقَتْ مَعَ أَبِي إلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِسْلَامِ قَوْمِهِ ، فَكَانَ فِيمَا أَوْصَانَا : لِيَؤُمَّكُمْ أَكْثَرُكُمْ قُرْآنًا ، فَكُنْتُ أَكْثَرَهُمْ قُرْآنًا فَقَدَّمُونِي } وَأَخْرَجَهُ أَيْضًا الْبُخَارِيُّ وَأَبُو دَاوُد وَالنَّسَائِيُّ وَسَيَأْتِي فِي بَاب مَا جَاءَ فِي إمَامَةِ الصَّبِيِّ قَوْلُهُ
Dikatakan bahwa : maksud perkataan Ya Ummul qaumu aqra uhum, adalah yang lebih baik bacaannya, meskipun lebih sedikit hafalan qur'annya, dikatakan pula maksudnya adalah yang lebih banyak hafalan qur'annya, sesuai dengan riwayat Thobrani Dal Al Kabir, dari para perawi yang shohih, dari Amru bin Salamah ia berkata, aku pergi bersama bapakku menemui nabi saw, untuk mengislamkan kaumnya bapakku, diantara wasiat beliau kepada kami adalah, hendaklah seseorang yang lebih banyak hafal Al Qur'an diantara kalian yang mengimami kamu sekalian, dan aku adalah orang yang paling banyak hafal al Qur'an, maka mereka mengutamakan aku. (Dalam hadits riwayat Bukhari Amr bin Salamah baru berumur enam atau tujuh tahun.)
( فَإِنْ كَانُوا فِي الْقِرَاءَةِ سَوَاءً ) أَيْ اسْتَوَوْا فِي الْقَدْرِ الْمُعْتَبَرِ مِنْهَا إمَّا فِي حُسْنِهَا أَوْ فِي كَثْرَتِهَا وَقِلَّتِهَا عَلَى الْقَوْلَيْنِ ، وَلَفْظِ مُسْلِمٍ : " فَإِنْ كَانَتْ الْقِرَاءَةُ وَاحِدَةً "
Perkataan Nabi fa in kanu fi qiraari sawa an, yakni mereka memiliki kemampuan yang sama dalam qira'ah yang dimaksud, baik dalam baiknya bacaan maupun dalam banyak  dan sedikitnya hafalan, dalam satu lafadz yang disebutkan dalam riwayat muslim, fain  kanu fil qiraati wahidatan, apabila qiraah mereka satu , yakni sama.
قَوْلُهُ : ( فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ ) فِيهِ أَنَّ مَزِيَّةَ الْعِلْمِ مُقَدَّمَةٌ عَلَى غَيْرهَا مِنْ الْمَزَايَا الدِّينِيَّةِ
Perkataan nabi saw yang lebih tahu tentang sunnah, hadits ini menunjukkan bahwa kelebihan ilmu diutamakan daripada kelebihan-kelebihan lain mengenai agama.
قَوْلُهُ : ( فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً ) الْهِجْرَةُ الْمُقَدَّمُ بِهَا فِي الْإِمَامَةِ لَا تَخْتَصُّ بِالْهِجْرَةِ فِي عَصْرِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، بَلْ هِيَ الَّتِي لَا تَنْقَطِعُ إلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ كَمَا وَرَدَتْ بِذَلِكَ الْأَحَادِيثُ وَقَالَ بِهِ الْجُمْهُورُ
Perkataan nabi saw, fa aqdamuhum hijratan, hijrah yang lebih diutamakan untuk menjadi imam, tidak terbatas pada hijrah di jaman nabi saw saja, bahkan hijrah yang tidak akan terputus sampai hari kiamat, sebagaimana yang dituturkan dalam beberapa hadits, dan begitulah pendapat jumhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar