Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Kamis, 14 April 2011

sholat Jumat bag 2

« أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ ».
Sesungguhnya sebaik-baiknya ucapan adalah kitabullah dan sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw dan seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan dan setiap bid'ah adalah kesesatan.
إِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَأَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ وَكُلُّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ
Sesungguhnya sebenar-benarnya perkataan adalah kitabullah, sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw, seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan, dan setiap bid'ah adalah kesesatan dan setiap kesesatan pasti berada dalam neraka.
D.  Tertinggal Shalat Jumat
1419 - أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ زُبَيْدٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى قَالَ قَالَ عُمَرُ
صَلَاةُ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَانِ وَصَلَاةُ الْفِطْرِ رَكْعَتَانِ وَصَلَاةُ الْأَضْحَى رَكْعَتَانِ وَصَلَاةُ السَّفَرِ رَكْعَتَانِ تَمَامٌ غَيْرُ قَصْرٍ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari Umar bin Khothob ra, dia bercerita, sholat jum'at itu dua rakaat, sholat iedul fitri dua rakaat, sholat iedul adha dua rakaat, dan sholat safar juga dua rakaat, lengkap bukan qoshar melalui lisan Muhammad saw. سنن النسائي - (ج 3 / ص 123)
سنن النسائي - (ج 1 / ص 297)
556 - أَخْبَرَنِي مُوسَى بْنُ سُلَيْمَانَ بْنِ إِسْمَعِيلَ بْنِ الْقَاسِمِ قَالَ حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ عَنْ يُونُسَ قَالَ حَدَّثَنِي الزُّهْرِيُّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْجُمُعَةِ أَوْ غَيْرِهَا فَقَدْ تَمَّتْ صَلَاتُهُ
Barang siapa mendapatkan satu rakaat dari sholat jum'at atau sholat lainnya berarti telah sempurna sholatnya.
سنن البيهقى - (ج 2 / ص 87)
5947- أَخْبَرَنَا أَبُو زَكَرِيَّا بْنُ أَبِى إِسْحَاقَ الْمُزَكِّى أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ عَوْنٍ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنَ الْجُمُعَةِ فَقَدْ أَدْرَكَهَا إِلاَّ أَنَّهُ يَقْضِى مَا فَاتَهُ.
المغني - (ج 4 / ص 134)
 أَكْثَرُ أَهْلِ الْعِلْمِ يَرَوْنَ أَنَّ مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْجُمُعَةِ مَعَ الْإِمَامِ ، فَهُوَ مُدْرِكٌ لَهَا ، يُضِيفُ إلَيْهَا أُخْرَى ، وَيُجْزِئُهُ .
وَهَذَا قَوْلُ ابْنِ مَسْعُودٍ وَابْنِ عُمَرَ ، وَأَنَسٍ ، وَسَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ ، وَالْحَسَنِ ، وَعَلْقَمَةَ ، وَالْأَسْوَدِ ، وَعُرْوَةَ ، وَالزُّهْرِيِّ ، وَالنَّخَعِيِّ ، وَمَالِكٍ ، وَالثَّوْرِيِّ ، وَالشَّافِعِيِّ ، وَإِسْحَاقَ ، وَأَبِي ثَوْرٍ ، وَأَصْحَابِ الرَّأْيِ
Mayoritas ahli ilmu berpendapat bahwa orang yang mendapatkan satu rakaat bersama imam, maka dia memperoleh sholat jum'at tersebut dengan menambahkan satu lagi padanya. Ini adalah pendapat Ibnu Mas'ud, Ibnu Umar, Anas, Sa'id bin al Musayyab, Al Hassan, Alqomah, Al Aswab, Urwah, Az Zuhri, An Nakhoi, Malik, Ats Tsauri, Asy Syafei, Ishaq, Abu Tsaur, dan ulama mazhab Hanafi.
وَقَالَ عَطَاءٌ ، وَطَاوُسٌ ، وَمُجَاهِدٌ ، وَمَكْحُولٌ : مَنْ لَمْ يُدْرِكْ الْخُطْبَةَ صَلَّى أَرْبَعًا ؛ لِأَنَّ الْخُطْبَةَ شَرْطٌ لِلْجُمُعَةِ ، فَلَا تَكُونُ جُمُعَةً فِي حَقِّ مَنْ لَمْ يُوجَدْ فِي حَقِّهِ شَرْطُهَا
Sedangkan Atha Thawus, Mujahid, dan Makhul berkata, orang yang tidak mendapatkan khutbah, maka dia sholat empat rakaat, karena khutbah itu adalah syarat sholat jum'at, sehingga tidak ada jum'at bagi yang tidak memenuhinya.
المغني - (ج 4 / ص 135)
{ مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْجُمُعَةِ فَقَدْ أَدْرَكَ الصَّلَاةَ } .
Barang siapa mendapati satu rakaat dari sholat jum'at, maka dia telah mendapatkan sholat tersebut.
فَمَفْهُومُهُ أَنَّهُ إذَا أَدْرَكَ أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ لَمْ يَكُنْ مُدْرِكًا لَهَا .
وَلِأَنَّهُ قَوْلُ مَنْ سَمَّيْنَا مِنْ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ ، وَلَا مُخَالِفَ لَهُمْ فِي عَصْرِهِمْ ، فَيَكُونُ إجْمَاعًا
Pengertiannya, bila dia mendapati kurang dari itu, maka dia tidak mendapatkannya. Ini merupakan pendapat orang-orang yang telah kami sebutkan dari kalangan sahabat serta tabi'in dan tidak ada yang menyelisihi mereka pada masa mereka sehingga menjadi ijma.
المغني - (ج 4 / ص 136)
، فَرَوَى الْأَثْرَمُ ، وَالْمَيْمُونِيُّ ، وَغَيْرُهُمَا ، أَنَّهُ يَكُونُ مُدْرِكًا لِلْجُمُعَةِ ، يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ .
اخْتَارَهَا الْخَلَّالُ .
وَهَذَا قَوْلُ الْحَسَنِ ، وَالْأَوْزَاعِيِّ ، وَأَصْحَابِ الرَّأْيِ ؛ لِأَنَّهُ أَحْرَمَ بِالصَّلَاةِ مَعَ الْإِمَامِ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ ، أَشْبَهَ مَا لَوْ رَكَعَ وَسَجَدَ مَعَهُ .
Al Atsram, Al Maimuni, dan yang lain meriwayatkan, orang tersebut mendapatkan jum'at, maka ia sholat  dua rakaat, karena dia telah takbiratul ihram untuk sholat bersama imam pada awal rakaat, sehingga seperti halnya bila dia dapat ruku dan sujud bersamanya. Ini adalah pendapat Al Auza'I dan ulama mazhab Hanafi.
صحيح البخارى - (ج 3 / ص 77)
636 - حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى ذِئْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا الزُّهْرِىُّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - . وَعَنِ الزُّهْرِىِّ عَنْ أَبِى سَلَمَةَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « إِذَا سَمِعْتُمُ الإِقَامَةَ فَامْشُوا إِلَى الصَّلاَةِ ، وَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِينَةِ وَالْوَقَارِ وَلاَ تُسْرِعُوا ، فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوا »
Jika kalian mendengar iqomah, hendaklah kalian berangkat menunaikan sholat, sementara kalian harus benar-benar tenang dan khidmat. Janganlah kalian tergesa-gesa, apapun bagian sholat yang kalian dapatkan maka kerjakanlah apa yang tertinggal oleh kalian dan sempurnakanlah.
E.  Wanita Sholat Jumat atau Sholat Dhuhur
Pendapat yang mengatakan wanita wajib sholat Jum'at, mendasarkan pendapatnya pada keumuman surat Al Jumuah ayat 9 berikut .
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jum`at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Al Jumuah : 9)
إِنَمَّا سُمِيَتْ الْجُمْعَةَ جَمْعَةُ لِأَنَّهَا مُشْتَقَّةٌ مِنَ الْجَمْعِ فِإِنَّ أَهْلَ الِإسْلاَمِ يَجْتَمِعُوْنَ فِيْهِ فِي كُلِّ أَسْبُوْعِ مَرَّةٍ بِالْمَعَابَدِ الْكَبِارِ
Disebut Al Jum'at karena Al Jum'at itu terambil dari kata al Jum'u yang berarti berkumpul. Karena para pemeluk Islam berkumpul pada hari itu sekali dalam seminggu di tempat-tempat peribadatan yang besar.
وَفِيْهِ كَمَّلَ جَمِيْعِ الْخَلاَئِقِ فَإِنَّهُ الْيَوْمُ السَادِسُ مِنْ السِتَّةِ التي خَلَّقَ اللهُ فِيْهَا السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَفِيْهِ خَلَّقَ آدَمَ وَفِيْهِ أَدْخَلَ الْجَنَّةِ وَفِيْهِ أَخْرَجَ مِنْهَا وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَفِيْهِ سَاعَةُ
Hari tersebut adalah hari keenam dimana Allah menyempurnkan penciptaan semua makhluk. Pada hari itu mula ada penciptan langit dan bumi, pada hari itu pula  Adam diciptakan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, pada hari itu pula Adam dikeluarkan dari surga, dan pada hari itu pula akan  terjadinya hari kiamat, dan pada hari itu pula akan terjadi kebangkitan.
لا يُوَافِقها عَبْدٌ مُؤْمِنِ يَسْأَلُ فِيْهَا اللهَ خَيْرًا إلا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ كَمَا ثَبَتَتْ بِذَلِكَ الأَحَادِيْثُ الصَحَاحُ.
Pada hari itu terdapat satu saat yang apabila seorang muslim memohon suatu kebaikan kepada Allah, pastilah Allah akan memberikan kebaikan kepadanya, sebagaimana hal ini ditegaskan dalam hadits-hadits shohih.
Tafsir Ayat
فَأَمَرَ بِالسَّعْيِ ، وَيَقْتَضِي الْأَمْرُ الْوُجُوبَ ، وَلَا يَجِبُ السَّعْيُ إلَّا إلَى الْوَاجِبِ .
وَنَهَى عَنْ الْبَيْعِ ؛ لِئَلَّا يَشْتَغِلَ بِهِ عَنْهَا ، فَلَوْ لَمْ تَكُنْ وَاجِبَةً لَمَا نَهَى عَنْ الْبَيْعِ مِنْ أَجْلِهَا ،
Di sini Allah memerintahkan untuk berangkat, yang mengindikasikan diwajibkannya perbuatan tersebut, karena tidak diwajibkan berangkat kecuali untuk sesuatu yang wajib Allah juga melarang jual beli agar tidak disibukkan dengannya sehingga melalaikan sholat jum'at. Seandainya tidak wajib, tentu Allah tidak akan melarang dilakukannya jual beli demi sholat jum'at,
 وَالْمُرَادُ بِالسَّعْيِ هَاهُنَا الذَّهَابُ إلَيْهَا ، لَا الْإِسْرَاعُ ، فَإِنَّ السَّعْيَ فِي كِتَابِ اللَّهِ لَمْ يُرَدْ بِهِ الْعَدْوُ ،
Yang dimaksud berangkat di sini adalah pergi menuju sholat jum'at, bukan bersegera, karena yang dimaksud dengan As sa'yu di dalam kitabullah bukan melompat, seperti firman Allah:
قَالَ اللَّهُ تَعَالَى.
: { وَأَمَّا مَنْ جَاءَكَ يَسْعَى }
Dan adapun orang yang datang kepadamu dengan segera. (Abasa : 80)
وَقَالَ : { وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا }
Dan berusahala ke arah itu dengan bersungguh-sungguh. (Al Isra : 19)
وَقَالَ : { سَعَى فِي الْأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا } .
Ia berjalan di muka bumi untuk mengadakan kerusakan padanya. (Al Baqorah 205)
وَقَالَ : { وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا } .
Dan membuat kerusakan di muka bumi.
وَأَشْبَاهُ هَذَا لَمْ يُرِدْ بِشَيْءٍ مِنْ الْعَدْوِ
Semua itu tidak mengandung arti melompat.
Asbabun Nuzul turutnya surat Al Jumu'ah ayat 9.
Mari kita lihat di dalah Sirah Ibnu Hisyam dan Tafsir Qurthubi, berikut
[ بِنَاءُ مَسْجِدِ قُبَاءٍ ]
Membangun masjid Quba
قَالَ ابْنُ إسْحَاقَ : فَأَقَامَ رَسُولُ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ بقُباءٍ ، فِي بَنِي عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ ، يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الثّلَاثَاءِ وَيَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ وَأَسّسَ مَسْجِدَهُ
Ibnu Ishaw berkata, Kemudian Rasulullah bergerak menuju Quba dan berada di Bani Amr bin Auf, pada hari Senin 12 Rabiul Awal, pada hari ke 13, pada hari ke 14 dan sampai hari ke 15, dan membangun masjid.
 [ خُرُوجُهُ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ مِنْ قُبَاءٍ وَسَفَرُهُ إلَى الْمَدِينَةِ ]
Keluarnya Rasulullah dari Quba dan bersafar menuju Madinah.
ثُمّ أَخْرَجَهُ اللّهُ مِنْ بَيْنِ أَظْهُرِهِمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ . وَبَنُو عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ يُزْعِمُونَ أَنّهُ مَكَثَ فِيهِمْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ فَاَللّهُ أَعْلَمُ أَيّ ذَلِكَ كَانَ
Ibnu Ishaq berkata, Allah mengeluarkan Rasulullah salam dari kaum Anshar di Quba pada hari Jum'at. Orang-orang Bani Amr bin Auf mengklaim bahwa Rasulullah saw menetap di tempat mereka agak lama, Allahu 'alam mana pendapat yang benar.
قال ابن إسحاق
Ibnu Ishaq berkata,
. فَأَدْرَكَتْ رَسُولَ اللّهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ الْجُمُعَةُ فِي بَنِي سَالِمِ بْنِ عَوْفٍ ، فَصَلّاهَا فِي الْمَسْجِدِ الّذِي فِي بَطْنِ الْوَادِي ، وَادِي رَانُونَاءَ ، فَكَانَتْ أَوّلَ جُمُعَةٍ صَلّاهَا بِالْمَدِينَةِ
Ketika waktu sholat jum'at telah tiba, Rasulullah saw sedang berada di Bani Salim bin Auf, kemudian beliau mengerjakannya di masjid di tengah lembah, tepatnya di lembah Ranuna. Sholat jum'at tersebut merupakan sholat jum'at pertama yang dikerjakan Rasulullah saw. السيرة النبوية ج: 1 ص: 494
Dalam  redaksi تفسير القرطبي ج: 18 ص: 98
Dikatakan ثم خرج يوم الجمعة إلى المدينة فأدركته الجمعة في بني سالم بن عوف في بطن واد لهم قد اتخذ القوم في ذلك الموضع مسجدا فجمع بهم وخطب وهي أول خطبة خطبها بالمدينة وقال فيها الحمد لله أحمده وأستعينه وأستغفره
Kemudian beliau keluar pada hari Jum'at menuju Madinah dan beliau mendatangi dan datanglah perintah Jum'at pada beliau pada Bani Salim bin Auf di tengah lembah mereka, dan beliau mengambil  beberapa orang dari kaum Bani Auf  kemudian dikumpulkan dalam masjid kemudian beliau berkhutbah. Itulah awal khutbah beliau, khutbah yang di akukan di Madinah. Beliau bersabda dalam khutbahnya, segala puji bagi Allah dan pujian dan pertolongan dan pengampunan …..
            Sebelum ayat ini turun, selama tiga tahun, sholat yang disyariatkan bagi kaum muslimin (laki-laki maupun perempuan), pada hari jum'at adalah sholat dhuhur. Namun sejak turun Surat al Jumu'ah ayat 6 maka sholat yang disyariatkan itu menjadi dua macam, yakni syariat sholat dhuhur dan  syariat sholat jum'at.
Untuk siapa sholat Jum'at itu ?
حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا هُرَيْمٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ  
Dari عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ Dari عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  beliau bersabda, Jum'at itu adalah haq yang wajib bagi setiap muslim secara berjamaah kecuali empat golongan, hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang yang sakit. (HR Abu Daud)
Sebagian orang ada yang menolak hadits ini dengan dua alasan:
1.    Di dalam sanadnya  terdapat Rawi yang bernama هُرَيْمٌ بن سفيان ia sudah di majhulkan oleh Ibnu Hazm.
2.    Hadits di atas adalah hadits mursal karena Thoriq bin Shihab tidak mendengar langsung dari Nabi saw.
Bantahan :
Pertama tentang هُرَيْمٌ بن سفيان yang dianggap majhul oleh Ibnu Hazm.
Pernyataan Ibnu Hazm tentang majhulnya هُرَيْمٌ بن سفيان kita tolak dengan alasan sebagai berikut:
1. هُرَيْمٌ بن سفيان  adalah rawi yang dipergunakan oleh Bukhari dan Muslim.
2. هُرَيْمٌ بن سفيان dinyatakan Tsiqoh oleh Yahya bin Main dan Abu Hatim serta Imam Ibnu Hibban meletakkannya dalam kitab As Tsiqotnya.
رجال صحيح البخاري ج: 2 ص: 884
هريم بن سفيان  أبو محمد البجلي حدث عن الأعمش روى عنه إسحاق بن منصور السلولي في كتاب استعانة اليد في الصلاة   ومنهم من اول الحروف من اسمه الياء
رجال مسلم ج: 2 ص: 324
هريم بن سفيان  البجلي الكوفي كنيته أبو محمد  روى عنه الأعمش في الصلاة  روى عنه إسحاق بن منصور السلولي
تهذيب الكمال ج: 30 ص: 168
   قال إسحاق بن منصور عن يحيى بن معين وأبو حاتم ثقة وذكره بن حبان في كتاب الثقات روى له الجماعة
Kedua : Kemursalan hadits yang dibawakan oleh Abu Daud, tertolong dengan adanya hadits yang dibawakan oleh Al Hakim di dalam Mustadrak Ala Shohihainni sebagai berikut:
المستدرك على الصحيحين ج: 1 ص: 425
حدثنا أبو بكر بن إسحاق الفقيه ثنا عبيد بن محمد العجلي حدثني العباس بن عبد العظيم العنبري حدثني إسحاق بن منصور ثنا هريم بن سفيان عن إبراهيم بن محمد بن المنتشر عن قيس بن مسلم عن طارق بن شهاب عن أبي موسى عن النبي  صلى الله عليه وسلم  قال الجمعة   حق واجب على  كل مسلم في جماعة إلا أربعة عبد مملوك أو امرأة أو صبي أو مريض
قَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ : أَجْمَعَ كُلُّ مَنْ نَحْفَظُ عَنْهُ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ لَا جُمُعَةَ عَلَى النِّسَاءِ .
وَلِأَنَّ الْمَرْأَةَ لَيْسَتْ مِنْ أَهْلِ الْحُضُورِ فِي مَجَامِعِ الرِّجَالِ ، وَلِذَلِكَ لَا تَجِبُ عَلَيْهَا جَمَاعَةٌ
Ibnu Al Munzir berkata, semua ahli ilmu yang kami kenal telah sependapat bahwa tidak wajib sholat jum'at bagi wanita, karena wanita tidak termasuk golongan yang harus menghadiri perkumpulan kaum laki-laki, maka tidak wajib berjamaah atas mereka. المغني - (ج 4 / ص 180)
            Wanita tidak dapat dimasukkan dalam keumuman ayat ini karena wanita bukan Ahli Nida (yang diseru oleh Azan), berdasarkan hadits ini :
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا الْعَوَّامُ بْنُ حَوْشَبٍ حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ
Janganlah kamu melarang para wanita untuk keluar mendatangi masjid-masjid. Dan rumah-rumah mereka adalah lebih utama bagi mereka. (HR Ahmad)
حَدَّثَنَا حَسَنٌ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ حَدَّثَنَا دَرَّاجٌ عَنِ السَّائِبِ مَوْلَى أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ صَلَاةِ النِّسَاءِ فِي قَعْرِ بُيُوتِهِنَّ
Rasulullah saw bersabda, sebaik-baiknya sholat seorang wanita adalah di bagian dalam rumahnya. (HR Ahmad)
Bagaimana seandainya wanita yang tidak diwajibkan untuk sholat melaksanakan sholat jum'at? Ibnu Munzir berkata,
وأجمعوا على أنهن إن حَضَرْنَ الإمام فَصَلِّيْنَ مَعَهُ أَنْ ذَلِكَ يُجْزِئُ عَنْهُنَّ
Mereka sepakat bahwa jika kaum wanita menghadiri imam dan sholat bersamanya, yang demikian itu sudah cukup bagi mereka (tidak perlu lagi melaksanakan sholat dzuhur). الإجماع لابن المنذر - (ج 1 / ص 3)
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا الْعَوَّامُ بْنُ حَوْشَبٍ حَدَّثَنِي حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمْ الْمَسَاجِدَ وَبُيُوتُهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ
Janganlah kamu melarang para wanita untuk keluar mendatangi masjid-masjid. Dan rumah-rumah mereka adalah lebih utama bagi mereka . (HR Ahmad)


Kesimpulan :
Wanita itu tidak wajib jum'at, dan ia melakukan sholat dhuhur. Kalau ia ingin memaksakan sholat dhuhur maka ia telah menentang sabda Rasulullah saw, yang telah mengeluarkan kewajiban wanita dari sholat dhuhur. Allah swt berfirman :
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu'min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu'min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan. Akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata. (Al Ahzab : 36)
Pertanyaan-pertanyaan
4886 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُوتَشِمَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ
Allah melaknat wanita  yang membuat tato (pada kulitnya) dan wanita yang minta dibuatkan tato, yang mencukur alisnya dan wanita yang diminta direnggangkan giginya untuk mempercantik diri, yang mereka semua merubah ciptaan Allah. صحيح البخارى - (ج 16 / ص 224)
صحيح البخارى - (ج 19 / ص 490)
5933 - وَقَالَ ابْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « لَعَنَ اللَّهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ ، وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ »
Rasulullah saw melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang minta di sambungkan rambutnya, wanita yang mentato kulitnya dan wanita yang minta dibuatkan tato.
 Adzan Jum'at 2x atau 1x ?
وَكَانَ يُمْهِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ حَتّى يَجْتَمِعَ النّاسُ فَإِذَا اجْتَمَعُوا خَرَجَ إلَيْهِمْ وَحْدَهُ مِنْ غَيْرِ شَاوِيشٍ يَصِيحُ بَيْنَ يَدَيْهِ وَلَا لَبِسَ طَيْلَسَانًا وَلَا طُرْحَةً وَلَا سَوَادًا
Terkadang beliau mengulur pelaksanaan jum'at hingga manusia berkumpul. Apabila telah berkumpul, beliau keluar menuju mereka sendirian tanpa ada pemandu yang berseru di hadapannya. Beliau tidak menggunakan thailasan (jubah hijau), tharha (salah satu jenis penutup kepala) dan tidak pula warna hitam.
فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ سَلَّمَ عَلَيْهِمْ فَإِذَا صَعِدَ الْمِنْبَرَ اسْتَقْبَلَ النّاسَ بِوَجْهِهِ وَسَلّمَ عَلَيْهِمْ وَلَمْ يَدْعُ مُسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةِ ثُمّ يَجْلِسُ وَيَأْخُذُ بِلَالٌ فِي الْأَذَانِ
Apabila telah masuk masjid, beliau memberi salam kepada mereka, jika telah naik mimbar, beliau menghadap manusia dengan wajahnya dan kembali memberi salam, beliau saw tidak menghadap kiblat ketika berdoa, kemudian duduk dan Bilal mengumandangkan azan.
فَإِذَا فَرَغَ مِنْهُ قَامَ النّبِيّ صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّمَ فَخَطَبَ مِنْ غَيْرِ فَصْلٍ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْخُطْبَةِ لَا بِإِيرَادِ خَبَرٍ وَلَا غَيْرِهِ .
Jika Bilal telah selesai, Nabi saw berdiri dan berkhutbah tanpa pemisah azan dan khutbah, tidak pula diselingi penyampaian berita atau yang lainnya.
وَلَمْ يَكُنْ يَأْخُذُ بِيَدِهِ سَيْفًا وَلَا غَيْرَهُ وَإِنّمَا كَانَ يَعْتَمِدُ عَلَى قَوْسٍ أَوْ عَصًا قَبْلَ أَنْ يَتّخِذَ الْمِنْبَرَ
Nabi saw tidak memegang dengan tangannya pedang dan tidak pula yang lainnya, hanya saja beliau bertopang pada busur panah atau tongkat sebelum ada mimbar.
وَكَانَ يَقُومُ فَيَخْطُبُ ثُمّ يَجْلِسُ جِلْسَةً خَفِيفَةً ثُمّ يَقُومُ فَيَخْطُبُ الثّانِيَةَ فَإِذَا فَرَغَ مِنْهَا أَخَذَ بِلَالٌ فِي الْإِقَامَةِ
Belliau berdiri dan berkhutbah, kemudian duduk yang singkat lalu berdiri kembali dan menyampaikan khutbah kedua, apabila telah selesai Bilal pun mengumandangkan qomat.
وَكَانَ إذَا فَرَغَ بِلَالٌ مِنْ الْأَذَانِ أَخَذَ النّبِيّ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ فِي الْخُطْبَةِ وَلَمْ يَقُمْ أَحَدٌ يَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ الْبَتَّةَ وَلَمْ يَكُنْ الْأَذَانُ إلّا وَاحِدًا
Apabila Bilal selesai adzan, Nabi pun memulai khutbah dan tak ada seorangpun dari mereka yang berdiri dan mengerjakan sholat dua rakaat, dan tidak ada adzan kecuali satu kali.
وَمَنْ ظَنّ أَنّهُمْ كَانُوا إذَا فَرَغَ بِلَالٌ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ مِنْ الْأَذَانِ قَامُوا كُلّهُمْ فَرَكَعُوا رَكْعَتَيْنِ فَهُوَ أَجْهَلُ النّاسِ بِالسّنّةِ
Barang siapa mengira bahwa ketika Bilal menyelesaikan azan,  mereka (shohabat) semuanya berdiri dan mengerjakan sholat dua rakaat, maka mereka adalah manusia yang paling bodoh di dalam sunnah. زاد المعاد ج 1 / ص 417
Mari kita cermati teks hadits yang mendukung pendapat Ibnu Qoyim di atas.
912 - حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى ذِئْبٍ عَنِ الزُّهْرِىِّ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ كَانَ النِّدَاءُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوَّلُهُ إِذَا جَلَسَ الإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ - رضى الله عنهما - فَلَمَّا كَانَ عُثْمَانُ - رضى الله عنه - وَكَثُرَ النَّاسُ زَادَ النِّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى الزَّوْرَاءِ .
Dari Zuhri, ia berkata aku mendengar Saib bin Yazib berkata Sesungguhnya adzan pada awalnya dilakukan ketika imam duduk di atas mimbar, pada hari Jum'at, pada zaman Nabi saw Abu Bakar dan Umar, ketika tiba di zaman ke khalifahan Utsman dan sudah banyak orang, Utsman memerintahkan untuk mengumandangkan adzan yang ketiga, lalu dikumandangkanlah adzan di Az Zauraa', maka berlakulah hal itu.
الكاتب : الجمعة الباب : التأذين عند الخطبة جزء 1صفحة 200 رقم حديث915
وَفِي رِوَايَتِهِ عِنْدَ الطَّبَرَانِيِّ " فَأَمَرَ بِالنِّدَاءِ الْأَوَّلِ عَلَى دَارِ لَهُ يُقَالُ لَهَا الزَّوْرَاءُ ، فَكَانَ يُؤَذَّنُ لَهُ عَلَيْهَا ، فَإِذَا جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ أَذَّنَ مُؤَذِّنُهُ الْأَوَّلِ ، فَإِذَا نَزَلَ أَقَامَ الصَّلَاةَ "
Sedangkan di dalam riwayat Thobrani disebutkan, dia Utsman menyuruh untuk mengumandangkan adzan pertama di suatu tempat yang disebut Zaura. Maka Bilal mengumandangkan adzan di tempat tersebut, apabila khotib (Utsman) berada di atas mimbar, maka muadzin mengumandangkan adzan kedua, dan apabila khotib turun, maka muadzin melakukan qomat untuk sholat.
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
 وَفِي رِوَايَة لَهُ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ " فَأَذَّنَ بِالزَّوْرَاءِ قَبْلَ خُرُوجِهِ لِيَعْلَمَ النَّاسُ أَنَّ الْجُمُعَةَ قَدْ حَضَرَتْ
Dalam riwayat melalui jalur lain disebutkan, lalu Bilal mengumandangkan adzan di Zaura untuk memberitahukan orang-orang bahwa waktu sholat jum'at telah tiba.
فِي رِوَايَة اِبْن إِسْحَاق عَنْ الزُّهْرِيِّ عِنْد اِبْن خُزَيْمَةَ وَابْن مَاجَهْ بِلَفْظِ " زَادَ النِّدَاءُ الثَّالِثُ عَلَى دَارٍ فِي السُّوقِ يُقَالُ لَهَا الزَّوْرَاءُ "
Zaura, dalam hadits riwayat Ibnu Majah di berikan penjelasan, Utsman menambahkan adzan ke tiga yang dikumandangkan di salah satu tempat di pasar yang disebut zaura. فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
وَأَمَّا مَا أَحْدَثَ النَّاسُ قَبْلَ وَقْتِ الْجُمُعَةِ مِنْ الدُّعَاءِ إِلَيْهَا بِالذِّكْرِ وَالصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَهُوَ فِي بَعْضِ الْبِلَادِ دُون بَعْضٍ ، وَاتِّبَاعُ السَّلَفُ الصَّالِحُ أَوْلَى
Adapun apa yang dilakukan orang-orang sebelum masuknya waktu sholat jum'at, seperti zikir dan membaca sholawat Nabi sebagaimana yang dipraktikkan di sebagian negara, adalah termasuk bid'ah, untuk itu mengikuti salafus sholeh adalah lebih baik. فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا رَوْحٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اغْتَسَلَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِّرَ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلِّي مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى وَفَضْلُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ
Dari Abu Hurairah ra ia berkata, Nabi Saw bersabda, barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, kemudian ia pergi ke jum'at, lalu ia sholat sekuatnya kemudian ia diam mendengar hingga selesai imamnya berkhutbah, kemudian ia terus sholat bersama imam, maka akan diampuni dosanya diantara dua Jum'at dan ditambah lagi tiga hari. (HR Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar