Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Minggu, 24 April 2011

sholat sunnah tahajud

Tahajjud berasal dari kata تَهَجَّدَ- يَتَهَجَّدُ- تَهَجُّدً , artinya tidak tidur.
يَاأَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ(1)قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا(2)نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا(3)أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلًا(4)إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا(5)إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا(6)
Hai orang yang berselimut (Muhammad)! Bangunlah (untuk sholat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.
إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ(15)ءَاخِذِينَ مَا ءَاتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ(16)كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ(17)وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ(18)
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan di mata air-mata air sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur di waktu malam; dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).
إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ(15)تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ(16)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, adalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, sedang mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo`a kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
Tarawih (Qiyamu Ramadhan)
1.    Boleh dikerjakan dengan berjamaah atau munfarid.
2.    Boleh dikerjakan pada awal, tengah, atau akhir malam.
3.    Jumlah rakaat salat tarawih tidak lebih dari sebelas rakaat dengan cara 4 + 4 + 3 rakaat tanpa tasyahud awal, sedangkan hadits yang menerangkan 11 rakaat dengan cara 8 + 3 rakaat, juga hadits-hadits lebih dari sebelas rakaat haditsnya dho'if.
4.    Tidak ditemukan dalil sholat tarawih 3 rakaat dahulu, lalu tengah malam 4 + 4, juga 4 + 4 dahulu lalu tengah malam 3 rakaat.
5.    Tidak ada tahajud/witir lagi setelah tarawih.

Tahajud/Witir
1.    Dikerjakan sendirian.
2.    Lebih utama dikerjakan setelah tengah malam.
3.    Pelaksanaan sholat tahajud tidak ada keharusan untuk tidur lebih dahulu.
4.    Jumlah rakaat tahajud tidak lebih dari 11 rakaat dengan beberapa cara, antara lain :
a.    4 + 4 + 3 = 11 cara ini disebut witir dengan 3 rakaat
b.    2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 1 = 11 cara ini disebut dengan witir dengan satu rakaat
c.    2 + 2 + 2 + 5 = 11 cara ini disebut witir dengan 5 rakaat
5. Sholat tahajjud boleh dikerjakan 3 rakaat sebelum tidur dan 4 + 4 rakaat setelah tidur, seperti yang pernah dilakukan oleh Abu Bakar dan Amar bin Yasir atau 4 + 4 sebelum tidur dan 3 rakaat setelah tidur seperti yang pernah dilakukan Umar. Cara seperti ini tidak            ditemukan riwayatnya pada sholat tarawih.
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفُضَيْلِ عَنْ دَاوُدَ بْنِ أَبِي هِنْدٍ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْجُرَشِيِّ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ صُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ يُصَلِّ بِنَا حَتَّى بَقِيَ سَبْعٌ مِنْ الشَّهْرِ فَقَامَ بِنَا حَتَّى ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ ثُمَّ لَمْ يَقُمْ بِنَا فِي السَّادِسَةِ وَقَامَ بِنَا فِي الْخَامِسَةِ حَتَّى ذَهَبَ شَطْرُ اللَّيْلِ فَقُلْنَا لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ نَفَّلْتَنَا بَقِيَّةَ لَيْلَتِنَا هَذِهِ فَقَالَ إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ ثُمَّ لَمْ يُصَلِّ بِنَا حَتَّى بَقِيَ ثَلَاثٌ مِنْ الشَّهْرِ وَصَلَّى بِنَا فِي الثَّالِثَةِ وَدَعَا أَهْلَهُ وَنِسَاءَهُ فَقَامَ بِنَا حَتَّى تَخَوَّفْنَا الْفَلَاحَ قُلْتُ لَهُ وَمَا الْفَلَاحُ قَالَ السُّحُورُ
Dari Jubair bin Nufair dari Abu dzar, ia berkata, kami shaum bersama Rasulullah saw, maka ia tidak mengimami kami sehingga tinggal tersisa 7 malam dari bulan itu. Kemudian Rasulullah saw mengimami kami sampai sepertiga malam (kira-kira jam 21.00 wib) kemudian tidak mengimamai kami pada hari ke-6. Kemudian mengimami kami pada malam ke-5 sampai tengah malam. Kami berkata, bagaimana jika tuan mengimami kami pada sisi malam kami ini ? Beliau menjawab, siapa yang sholat berjamaah beserta imam sampai selesai, maka ditetapkan baginya sholat malamnya, kemudian ia tidak sholat (tarawih) sehingga tinggal tiga malam, lalu mengajak keluarga dan istri istrinya, kemudian mengimami kami sampai kami khawatir (tidak sempat) falah. Saya bertanya kepadanya (Abu Dzar) apakah falah itu? Ia menjawab, sahur.   (HR Ahmad)
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ شُرَيْحِ بْنِ عُبَيْدٍ الْحَضْرَمِيِّ يَرُدُّهُ إِلَى أَبِي ذَرٍّ أَنَّهُ قَالَ لَمَّا كَانَ الْعَشْرُ الْأَوَاخِرُ اعْتَكَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْجِدِ فَلَمَّا صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ اثْنَيْنِ وَعِشْرِينَ قَالَ إِنَّا قَائِمُونَ اللَّيْلَةَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ فَمَنْ شَاءَ مِنْكُمْ أَنْ يَقُومَ فَلْيَقُمْ وَهِيَ لَيْلَةُ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ فَصَلَّاهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَاعَةً بَعْدَ الْعَتَمَةِ حَتَّى ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ ثُمَّ انْصَرَفَ فَلَمَّا كَانَ لَيْلَةُ أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ لَمْ يُصَلِّ شَيْئًا وَلَمْ يَقُمْ فَلَمَّا كَانَ لَيْلَةُ خَمْسٍ وَعِشْرِينَ قَامَ بَعْدَ صَلَاةِ الْعَصْرِ يَوْمَ أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ فَقَالَ إِنَّا قَائِمُونَ اللَّيْلَةَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَعْنِي لَيْلَةَ خَمْسٍ وَعِشْرِينَ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَقُمْ فَصَلَّى بِالنَّاسِ حَتَّى ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ ثُمَّ انْصَرَفَ فَلَمَّا كَانَ لَيْلَةُ سِتٍّ وَعِشْرِينَ لَمْ يَقُلْ شَيْئًا وَلَمْ يَقُمْ فَلَمَّا كَانَ عِنْدَ صَلَاةِ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ سِتٍّ وَعِشْرِينَ قَامَ فَقَالَ إِنَّا قَائِمُونَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَعْنِي لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ فَمَنْ شَاءَ أَنْ يَقُومَ فَلْيَقُمْ قَالَ أَبُو ذَرٍّ فَتَجَلَّدْنَا لِلْقِيَامِ فَصَلَّى بِنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى ذَهَبَ ثُلُثَا اللَّيْلِ ثُمَّ انْصَرَفَ إِلَى قُبَّتِهِ فِي الْمَسْجِدِ فَقُلْتُ لَهُ إِنْ كُنَّا لَقَدْ طَمِعْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنْ تَقُومَ بِنَا حَتَّى تُصْبِحَ فَقَالَ يَا أَبَا ذَرٍّ إِنَّكَ إِذَا صَلَّيْتَ مَعَ إِمَامِكَ وَانْصَرَفْتَ إِذَا انْصَرَفَ كُتِبَ لَكَ قُنُوتُ لَيْلَتِكَ قَالَ أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ
Dari Abu Dzar Al Ghifari ra, ia berkata: Tatkala 10 hari terakhir Ramadhan, Rasulullah saw itikaf di masjid. Ketika sholat ashar pada hari ke-22, beliau bersabda, insyaallah kita akan berjamaah malam ini. Siapapun yang akan ikut berjamaah silakan, yakni malam ke-23. Kemudian nabi saw berjamaah setelah sholat isya sampai sepertiga malam. Pada malam ke-24, beliau tidak berkata apapun dan tidak mengimami . Pada malam ke-25 beliau berdiri setelah sholat ashar. Pada hari ke-24, kemudian berkata, kita akan berjamaah malam ini, insya Allah, yakni pada malam ke-25, siapupun yang akan ikut berjamaah silakan. Kemudian beliau mengimami orang-orang sampai sepertiga malam. Tatkala malam ke-26, beliau tidak berkata apapun dan tidak mengimami kami.Tatkala malam ke-27, beliau berdiri setelah sholat ashar. Pada hari yang ke- 26, beliau berkata, Insya Allah kita akan berjamaah malam ini, yakni pada malam ke-27. Barang siapa yang akan ikut berjamaah silakan, Abu Dzar berkata, maka kami berusaha untuk ikut berjamaah, lalu beliau saw mengimami kami sampai dua pertiga malam. Kemudian pergi menuju kubahnya di mesjid. Saya bertanya kepada beliau, bagaimana sekiranya kami sangat menginginkan tuan mengimami kami sampai subuh? Beliau bersabda, wahai Abu Dzar jika kamu sholat beserta imam kamu dan kamu selesai (sholat) ketika ia selesai, telah ditetapkan untukmu ibadah malammu.          (HR Ahmad)
Jumlah rakaat sholat tahajjud
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي رَمَضَانَ فَقَالَتْ مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلَا تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلَاثًا قَالَتْ عَائِشَةُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ فَقَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِي
Bagaimana (cara) sholat Rasulullah saw pada malam bulan Ramadhan? Ia  (Aisyah) menjawab, tidaklah Rasulullah saw menambah pada bulan Ramadhan, juga pada bulan yang lainnya, atas sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat, tetapi jangan bertanya tentang baik dan panjangnya, beliau sholat lagi empat raka'at, dan jangan pula bertanya tentang baik dan panjangnya, kemudian beliau sholat tiga rakaat. Aisyah berkata, aku bertanya, Ya Rasulullah, apakah anda tidur sebelum witir ? Beliau menjawab, hai Aisyah sesungguhnya kedua mataku tidur, tetapi hatiku terjaga. (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهَا قَالَتْ كُنْتُ أَنَامُ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرِجْلَايَ فِي قِبْلَتِهِ فَإِذَا سَجَدَ غَمَزَنِي فَقَبَضْتُ رِجْلَيَّ فَإِذَا قَامَ بَسَطْتُهُمَا قَالَتْ وَالْبُيُوتُ يَوْمَئِذٍ لَيْسَ فِيهَا مَصَابِيحُ
Aisyah rh berkata, saya pernah tidur di hadapan Rasulullah saw sedang kedua kaki saya itu menghadap beliau. Maka apabila sujud, beliau menekan (memberi isyarat) saya, lalu saya menarik kaki saya. Kemudian apabila beliau berdiri, saya ulurkan kedua kaki saya. Aisyah berkata, bahwa rumah-rumah pada saat itu tidak berlampu. (HR Bukhari )
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَكَمِ عَنْ شُعَيْبٍ عَنْ اللَّيْثِ قَالَ أَنْبَأَنَا ابْنُ الْهَادِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ الْقَاسِمِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ إِنْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيُصَلِّي وَإِنِّي لَمُعْتَرِضَةٌ بَيْنَ يَدَيْهِ اعْتِرَاضَ الْجَنَازَةِ حَتَّى إِذَا أَرَادَ أَنْ يُوتِرَ مَسَّنِي بِرِجْلِهِ
Telah berkata Aisyah, bahwasanya Rasulullah saw pernah sholat, padahal saya tidur melintang di hadapan beliau sebagaimana mayit, sehingga apabila beliau itu hendak bersholat witir, beliau menyentuh saya dengan kaki.(HR Nasai)
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً مِنْ الْفِرَاشِ فَالْتَمَسْتُهُ فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَطْنِ قَدَمَيْهِ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ وَهُمَا مَنْصُوبَتَانِ وَهُوَ يَقُولُ اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
Telah berkata Aisyah, pada suatu malam saya kehilangan Rasulullah saw dari tempat tidur, lalu saya meraba beliau di dalam gelap, maka kedua tangan saya memegang kedua telapak kakinya tertancap (posisi sujud) sedang ia di dalam sujud. (HR Muslim)
Tahajud dengan witir satu rakaat.
و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلَاةِ الْعِشَاءِ وَهِيَ الَّتِي يَدْعُو النَّاسُ الْعَتَمَةَ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ
Dari Aisyah rh ia berkata, Rasulullah saw sholat sebelas rakaat, beliau salam setiap dua rakaat, dan witir dengan satu rakaat. (HR Muslim)
Witir 5 rakaat
حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ يَحْيَى الْحَرَّانِيُّ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً بِرَكْعَتَيْهِ قَبْلَ الصُّبْحِ يُصَلِّي سِتًّا مَثْنَى مَثْنَى وَيُوتِرُ بِخَمْسٍ لَا يَقْعُدُ بَيْنَهُنَّ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ
Dari Aisyah rh ia berkata, Rasulullah saw salat tiga belas rakaat dengan dua rakaat sebelum shubuh. Ia sholat enam rakaat dengan cara, dua dua, dan witir dengan lima rakaat ia tidak duduk pada kelima rakaat itu selain pada rakaat terakhir. (HR Abu Daud)
فَقَالَ  عَنِ ابْنِ المُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ ر ضي الله عنهما تَذَاكَرَا الْوِتْرَ عِنْدَ رسول الله
أَبُوْ بَكْرٍ أَمَا أَنَا فَأُ صَلِّي ثُمَّ أَنَامُ عَلىَ وِتْرٍ فَإِذَا اسْتَيْقَظْتُ صَلَّيْتُ شَفْعًا حَتَّى الصَّبَاحِ فَقَالَ   عمر لَكِنِّي أَنَامُ عَلَى شَفْعٍ ثُمَّ أُوْتِرُ مِنْ آخِرِ السَحْرِ فَقَالَ رَسوُلُ اللهِ صلىالله  عليه وسلم                                                                  لَأَبِى بَكْرٍ حَذِرَ هَذَا وَقَالَ   لِعُمَرِ قَوِيَ هَذَا                                                     
Dari Ibnu Al Musayyab, sesungguhnya Abu Bakar dan Umar menceritakan sholat witir masing-masing di hadapan Rasulullah saw, maka Abu Bakar berkata, adapun saya sholat terlebih dahulu kemudian tidur setelah mempunyai witir, dan apabila bangun saya sholat yang genap sampai subuh. Sedangkan Umar berkata, saya tidur setelah punya yang genap, kemudian witir di akhir malam sebelum waktu sahur. Maka Rasulullah saw bersabda pada Abu Bakar, ini hati-hati, dan bersabda kepada Umar, ini kuat. (HR At Thahawi)
Witir
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ سَأَلَ رَجُلٌ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ مَا تَرَى فِي صَلَاةِ اللَّيْلِ قَالَ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِيَ الصُّبْحَ صَلَّى وَاحِدَةً فَأَوْتَرَتْ لَهُ مَا صَلَّى وَإِنَّهُ كَانَ يَقُولُ اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ وِتْرًا فَإِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِهِ
Dari Ibnu Umar, seorang laki-laki telah berkata kepada Rasulullah saw, yang ketika itu beliau lagi berada di mimbar. Ia berkata, bagaimana caranya aku sholat malam, kemudian Rasulullah saw menjawab, dua-dua, dan jika kamu takut terlambat shubuh, maka sholatlah satu rakaat, atau jadikanlah ia sholat yang ganjil, dan sesungguhnya beliau bersabda, Jadikanlah akhir sholat pada malam hari itu ganjil. (HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar