Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Minggu, 24 April 2011

sholat sunnat rawatib

صحيح مسلم - (ج 3 / ص 344)
1122 - حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُوسَى أَبُو صَالِحٍ حَدَّثَنَا هِقْلُ بْنُ زِيَادٍ قَالَ سَمِعْتُ الأَوْزَاعِىَّ قَالَ حَدَّثَنِى يَحْيَى بْنُ أَبِى كَثِيرٍ حَدَّثَنِى أَبُو سَلَمَةَ حَدَّثَنِى رَبِيعَةُ بْنُ كَعْبٍ الأَسْلَمِىُّ قَالَ كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ لِى « سَلْ ». فَقُلْتُ أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِى الْجَنَّةِ. قَالَ « أَوَغَيْرَ ذَلِكَ ». قُلْتُ هُوَ ذَاكَ. قَالَ « فَأَعِنِّى عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ ».
Dari Rabiah bin Malik al Aslamiy ra, dia berkata, Nabi saw bersabda kepadaku, mohonlah, lalu aku berkata, saya memohon kepada engkau untuk menemanimu di dalam sorga, lalu beliau bertanya, apa ada lagi selain itu? Lalu aku menjawab, hanya itu saja, beliau bersabda, bantulah aku agar terkabul permohonan untuk dirimu dengan banyak sujud.
سبل السلام - (ج 2 / ص 240)
 حَمَلَ الْمُصَنِّفُ السُّجُودَ عَلَى الصَّلَاةِ نَفْلًا فَجَعَلَ الْحَدِيثَ دَلِيلًا عَلَى التَّطَوُّعِ
Penyusun ini menjelaskan pengertian banyak sujud itu dengan banyak sholat sunnat. Dia menjadikan hadits ini sebagai dalil bagi sholat sunat.
وَفِيهِ دَلَالَةٌ عَلَى كَمَالِ إيمَانِ الْمَذْكُورِ وَسُمُوِّ هِمَّتِهِ إلَى أَشْرَفِ الْمَطَالِبِ وَأَعْلَى الْمَرَاتِبِ وَعَزْفِ نَفْسِهِ عَنْ الدُّنْيَا وَشَهَوَاتِهَا .
Di dalam hadits ini terkandung dalil yang menunjukkan kesempurnaan iman dan ketinggian cita-citanya untuk mencapai tuntunan yang lebih mulia dan derajat yang paling tinggi dan memelihara diri dari pengaruh negatif dunia dan syahwat.
وَدَلَالَةٌ عَلَى أَنَّ الصَّلَاةَ أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ فِي حَقِّ مَنْ كَانَ مِثْلَهُ فَإِنَّهُ لَمْ يُرْشِدْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إلَى نَيْلِ مَا طَلَبَهُ إلَّا بِكَثْرَةِ الصَّلَاةِ مَعَ أَنَّ مَطْلُوبَهُ أَشْرَفُ الْمَطَالِبِ .
Dan hadits itu juga menunjukkan bahwa sholat itu adalah amal yang lebih utama dari lainnya dalam usaha semacam itu, karena beliau saw memberikan petunjuk, tidak akan mencapai maksud kecuali dengan banyak-banyak sholat, disamping menunjukkan bahwa permohonan itu termasuk permohonan yang paling mulia. سبل السلام - (ج 2 / ص 240)
17412- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُوسَى قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنِ الأَزْرَقِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ صَلاَتُهُ فَإِنْ كَانَ أَتَمَّهَا كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ لَمْ يَكُنْ أَتَمَّهَا قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ تَجِدُونَ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَتُكْمِلُونَ بِهَا فَرِيضَتَهُ
Rasulullah saw bersabda, Adapun yang sekali dihisab dari amal hamba itu pada hari kiamat kelak ialah sholatnya, jika dia telah menyempurnakan sholat  itu, maka ditulis sempurna baginya, dan jika dia belum menyempurnakan sholatnya, maka Allah berfirman kepada malaikat, perhatikanlah olehmu apakah kamu menjumpai pada hambaku itu amal sunnatnya? (kalau ada), maka kamu tambahkan pahala sholat fardhunya itu dengan sholat sunnatnya.  مسن أحمد - (ج 36 / ص 356)
مسند أحمد - (ج 20 / ص 275)
9744- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ عَنْ لَيْثٍ عَنِ الْحَجَّاجِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ إِسْمَاعِيلَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ إِذَا صَلَّى أَنْ يَتَقَدَّمَ أَوْ يَتَأَخَّرَ أَوْ عَنْ يَمِينِهِ أَوْ عَنْ شِمَالِهِ ». تحفة 12179 معتلى 8970
Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw beliua berkata, apakah salah seorang diantara kamu tidak bisa maju atau mundur atau bergeser ke kanan atau ke kiri, apabila sudah selesai sholat?
سنن أبى داود - (ج 3 / ص 350)
1008 - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ وَعَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ لَيْثٍ عَنِ الْحَجَّاجِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ إِسْمَاعِيلَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ ». قَالَ عَنْ عَبْدِ الْوَارِثِ « أَنْ يَتَقَدَّمَ أَوْ يَتَأَخَّرَ أَوْ عَنْ يَمِينِهِ أَوْ عَنْ شِمَالِهِ ». زَادَ فِى حَدِيثِ حَمَّادٍ « فِى الصَّلاَةِ ». يَعْنِى فِى السُّبْحَةِ.
Sholat sunnat rawatib adalah sholat yang terikat oleh waktu, yakni sebelum atau sesudah sholat fardlu, dan tidak sah jika d laksanakan di luar waktu sholat tersebut.
حَدَّثَنَا رَوْحٌ حَدَّثَنَا ابْنُ عَوْنٍ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ سَلْمَانَ قَالَ قَالَ ابْنُ عُمَرَ حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ صَلَوَاتٍ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ
Dari Ibnu Umar, aku ingat dari nabi saw, sepuluh rakaat sholat, dua rakaat sholat sebelum sholat shubuh, dua rakaat sholat sebelum sholat zuhur, dua rakaat setelah sholat zuhur, dua rakaat setelah sholat maghrib, dan dua rakaat setelah sholat Isya. (HR Ahmad)
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَجْدَةً سِوَى الْمَكْتُوبَةِ بُنِيَ لَهُ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَالْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
Dari nabi saw, ia beliau bersabda, siapa yang sehari semalam sholat dua belas rakaat, selain sholat wajib, pasti didirikan baginya rumah di sorga, empat rakaat qobla zuhur, dua rakaat bada zuhur dan dua rakaat setelah sholat maghrib, dan dua rakaat setelah sholat Isya, dan dua rakaat sebelum sholat subuh. (HR Muslim)
1272 - حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ سَمِعْتُ عُبَيْدَةَ يُحَدِّثُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنِ ابْنِ مِنْجَابٍ عَنْ قَرْثَعٍ عَنْ أَبِى أَيُّوبَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « أَرْبَعٌ قَبْلَ الظُّهْرِ لَيْسَ فِيهِنَّ تَسْلِيمٌ تُفْتَحُ لَهُنَّ أَبْوَابُ السَّمَاءِ »
Rasulullah saw bersabda, sholat sunnat empat rakaat sebelum zuhur tanpa salam di dalamnya dibukakan pintu langit baginya. سنن أبى داود - (ج 4 / ص 219)
حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ
 الظُّهْرِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَهَا سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْعِشَاءِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْجُمُعَةِ سَجْدَتَيْنِ
Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a katanya: Aku sholat bersama Rasulullah saw dua sujud (dua rakaat) sebelum zuhur dan dua sujud (dua rakaat) selepasnya. Dua sujud (dua rakaat) selepas maghrib dan dua sujud (dua rakaat) selepas isyak. Dua sujud (dua rakaat) selepas jumaat.     (HR Bukhari)
Dari hadits di atas dapat disimpulkan tentang sholat rawatib.
2 rakaat sebelum shubuh + 2 atau 4 rakaat qobla dzhuhur + 2 rakaat ba'da zuhur + 2 rakaat ba'da maghrib + 2 rakaat ba'da isya = 10 atau 12 rakaat.
Hadits dho'if tentang rawatib ba'da zuhur
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ الْبَغْدَادِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ التِّنِّيسِيُّ الشَّأْمِيُّ حَدَّثَنَا الْهَيْثَمُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنِي الْعَلَاءُ هُوَ ابْنُ الْحَارِثِ عَنْ الْقَاسِمِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ قَال سَمِعْتُ أُخْتِي أُمَّ حَبِيبَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ
Telah menceritakan kepada kami, Abu Bakar Muhammad bin Ishak Al Badawi, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf Attiniisi Assyamii, telah menceritakan kepada kami Al Haysyam bin telah mengabarkan kepada kami Al 'Alaa yaitu Ibn Al Harits dari Al Qosim Abi Abbdurrahman dari Anbasa bin Abi Sufyan berkata, Aku mendengar Ummi Habibah, istri nabi saw berkata, ia mendengar nabi saw bersabda, barang siapa mendawamkan sholat empat rakaat ba'da zuhur dan empat rakaat setelahnya, maka haram baginya neraka. (HR Tirmidzi)
أَخْبَرَنَا هِلَالُ بْنُ الْعَلَاءِ بْنِ هِلَالٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَبِي أُنَيْسَةَ قَالَ حَدَّثَنِي أَيُّوبُ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ الشَّامِ عَنْ الْقَاسِمِ الدِّمَشْقِيِّ عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ قَالَ أَخْبَرَتْنِي أُخْتِي أُمُّ حَبِيبَةَ زَوْجُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ حَبِيبَهَا أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرَهَا قَالَ مَا مِنْ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ يُصَلِّي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ بَعْدَ الظُّهْرِ فَتَمَسُّ وَجْهَهُ النَّارُ أَبَدًا إِنْ شَاءَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
Telah mengabarkan kepada kami, Hilal bin Al'ala bin Hilal, ia berkata, telah menceritakan kepadaku bapakku ia berkata telah menceritakan kepada kami Ubaydillah dari Zaid bin Abi Anaysah ia berkata, telah menceritakan kepadaku Ayyub, seorang dari penduduk Syam, dari Al Qosim Addimasqi dari An Basa bin Abi sufyan ia berkata, telah menceritakan kepada kami Ummi Habibah istri nabi saw ia berkata, sungguh nabi saw telah mengabarkan kepadanya. Nabi saw bersabda: Tidaklah seorang hamba yang mukmin sholat empat rakaat ba'da zuhur wajahnya disentuh api neraka, isya Allah azza wajallah. (HR An Nasai)
            Hadits Abu Abdurrahman Al Qosim Ibnu Abdirahman, terjadi pertentangan isi, karena dalam hadis riwayat Tirmidzi orang yang melaksanakan sholat empat rakaat bada zuhur tidak akan tersentuh api neraka, sedangkan hadits yang diriwayatkan Tirmidzi orang yang melaksanakan sholat empat rakaat ba'da asar akan disentuh oleh api neraka, hadits ini mudltharib (goncang) dari segi maknanya. Imam Al Ghalabiy mengomentari bahwa hadits ini munkar, dan Al Mundziri mengatakan hdits Al Qosim itu ihtilaf (diperselisihkan).
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الشُّعَيْثِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى قَبْلَ الظُّهْرِ أَرْبَعًا وَبَعْدَهَا أَرْبَعًا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ وَقَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ هَذَا الْوَجْهِ
Rasulullah saw bersabda siapa yang sholat empat rakaat sebelum zuhur dan sesudah zuhur, Allah haramkan baginya api neraka. (HR Tirmidzi)
Ia adalah rawi yang tidak dikenal (majhul)   عَبْدِ اللَّهِ الشُّعَيْثِيِّ
Hadits Dho'if Rawatib Ba'da Asar
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى وَمَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ وَأَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ مِهْرَانَ سَمِعَ جَدَّهُ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ حَسَنٌ
Nabi Saw bersabda, Allah memberi rahmat kepada orang yang sholat qobla asar empat rakaat. (HR Tirmidzi)
, مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ مِهْرَانَ
Ibnu hajar berkomentar tentangnya, Ia adalah orang yang tidak meriwayatkan hadits, kecuali sangat sedikit, dan seluruh hadits yang diriwayatkannya tidak jelas kebenarannya karena dustanya.
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلَام أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ
Ali Bin Abi Thalib ra berkata, sesungguhnya nabi saw sholat qobla asar dua rakaat.                (HR Abu daud)
, عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ
Ibnu Hibban berkata tentang Ashim, ia suka meriwayatkan hadits yang bathil dengan menisbatkan kepada Ali bin Abi Tholib.
Rawatib Ba'da Asar
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى قَالَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبِي قَالَتْ عَائِشَةُ ابْنَ أُخْتِي مَا تَرَكَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ السَّجْدَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ عِنْدِي قَطُّ
Tidak pernah sama sekali nabi meninggalkan sholat dua rakaat ba'da asar di rumahku.          (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ قَالَ حَدَّثَنَا الشَّيْبَانِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ رَكْعَتَانِ لَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَعُهُمَا سِرًّا وَلَا عَلَانِيَةً رَكْعَتَانِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَرَكْعَتَانِ بَعْدَ الْعَصْرِ
Aisyah rh berkata, dua rakaat yang Rasulullah saw tidak pernah meninggalkannya, baik sendiri atau diketahui oleh orang lain adalah dua rakkat qobla shubuh dan dua rakaat bada asar. (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ رَأَيْتُ الْأَسْوَدَ وَمَسْرُوقًا شَهِدَا عَلَى عَائِشَةَ قَالَتْ مَا كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِينِي فِي يَوْمٍ بَعْدَ الْعَصْرِ إِلَّا صَلَّى رَكْعَتَيْنِ
Aisyah rh berkata tidaklah nabi saw datang kepadaku satu hari pun sesudah asar, kecuali beliau sholat dua rakaat. (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ أَيْمَنَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي أَنَّهُ سَمِعَ عَائِشَةَ قَالَتْ وَالَّذِي ذَهَبَ بِهِ مَا تَرَكَهُمَا حَتَّى لَقِيَ اللَّهَ وَمَا لَقِيَ اللَّهَ تَعَالَى حَتَّى ثَقُلَ عَنْ الصَّلَاةِ وَكَانَ يُصَلِّي كَثِيرًا مِنْ صَلَاتِهِ قَاعِدًا تَعْنِي الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعَصْرِ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيهِمَا وَلَا يُصَلِّيهِمَا فِي الْمَسْجِدِ مَخَافَةَ أَنْ يُثَقِّلَ عَلَى أُمَّتِهِ وَكَانَ يُحِبُّ مَا يُخَفِّفُ عَنْهُمْ
Aisyah rh berkata, demi yang membawa beliau pergi, beliau tidak meninggalkannya sampai menjumpai Allah (meninggal) dan tidak menjumpai Allah sehingga beliau merasa berat dalam sholat, kebanyakan beliau sholat sambil duduk, yakni dua rakaat bada asar dan beliau tidak melaksanakannya di mesjid karena khawatir menjadi berat atas umatnya. Beliau menyukai sesuatu yang meringankan umatnya. (HR Bukhari)
قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ وَقَالَ كُرَيْبٌ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ صَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ وَقَالَ شَغَلَنِي نَاسٌ مِنْ عَبْدِ الْقَيْسِ عَنْ الرَّكْعَتَيْنِ بَعْدَ الظُّهْرِ
Ummu Salamah rh berkata, nabi sholat bada asar dua rakaat. Kemudian beliau bersabda, orang-orang dari Abd Al Qois membuatku sibuk dari sholat dua rakaat ba'da zuhur.               (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ ابْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدٌ وَهُوَ ابْنُ أَبِي حَرْمَلَةَ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ عَنْ السَّجْدَتَيْنِ اللَّتَيْنِ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيهِمَا بَعْدَ الْعَصْرِ فَقَالَتْ كَانَ يُصَلِّيهِمَا قَبْلَ الْعَصْرِ ثُمَّ إِنَّهُ شُغِلَ عَنْهُمَا أَوْ نَسِيَهُمَا فَصَلَّاهُمَا بَعْدَ الْعَصْرِ ثُمَّ أَثْبَتَهُمَا وَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً أَثْبَتَهَا قَالَ يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ قَالَ إِسْمَعِيلُ تَعْنِي دَاوَمَ عَلَيْهَا
Aisyah ra berkata (tentang dua rakaat sesudah asar) beliau hendak melaksanakann qobla asar, kemudia beliau tersibukkan atau lupa terhadapnya (ba'da zuhur) maka beliau melaksanakan ba'da asar, lalu menetapkannya (terus-menerus melaksanakannya), karena beliau jika melakukan satu sholat, beliau terus menetapkannya, yakni mendawamkannya. (HR Muslim)
حَدَّثَنَا يَزِيدُ قَالَ أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ الْأَزْرَقِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ ذَكْوَانَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَصْرَ ثُمَّ دَخَلَ بَيْتِي فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّيْتَ صَلَاةً لَمْ تَكُنْ تُصَلِّيهَا فَقَالَ قَدِمَ عَلَيَّ مَالٌ فَشَغَلَنِي عَنْ الرَّكْعَتَيْنِ كُنْتُ أَرْكَعُهُمَا بَعْدَ الظُّهْرِ فَصَلَّيْتُهُمَا الْآنَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَنَقْضِيهِمَا إِذَا فَاتَتَا قَالَ لَا
Ummu Salamah rh, berkata, Rasulullah saw sholat asar kemudian masuk ke dalam rumahku, lalu sholat dua rakaat. Kemudian aku bertanya, wahai Rasulullah engkau sholat satu sholat yang tidak pernah engkau kerjakan ? Beliau menjawab telah datang kepadaku satu hal yang membuat aku tersibukkan, dari dua rakaat yang seharusnya aku kerjakan ba'da zuhur, maka aku mengerjakannya sekarang. Kemudian aku bertanya, wahai Rasulullah apakah kami boleh mengqodonya apabila fa'it (terlewatkan) beliau menjawabnya " tidak". ( HR Ahmad)
Rawatib Jum'at
1.   Qobla Jum'at
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ أَخْبَرَنَا أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ قَالَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ يُطِيلُ الصَّلَاةَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ وَيُصَلِّي بَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ وَيُحَدِّثُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ
Nafi berkata, Ibnu Umar suka memanjangkan (lama) sholat qobla jum'atnya dan sholat dua rakaat sesudahnya di rumahnya. Ia mengatakan bahwa nabi saw mengerjakan hal tersebut.  (HR Abu Dawud)
            Hadits Ibnu Umar di atas adalah berstatus al mauquf lafzhan al marfu' ma'nan, artinya secara lafaz berstatus mauquf, namun secara makna berstatus marfu'. Terlihat bahwa Ibnu Umar menyandarkannya kepada Rasulullah saw, dengan perkataan:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ
Hukum hadits mauquf yang berstatus hukum marfu, para ulama telah bersepakat, bahwa hukumnya sama dengan hadits marfu yang shohih dan hassan, yaitu dapat dijadikan hujjah atau dalil dalam penetapan hukum.
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَمُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ قَالَا أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ ح و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا لَيْثٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ كَانَ إِذَا صَلَّى الْجُمُعَةَ انْصَرَفَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصْنَعُ ذَلِكَ
Nafi berkata, Ibnu Umar jika telah selesai sholat jum'at, ia pulang kemudian sholat dua rakaat di rumahnya. Ia berkata Rasulullah saw mengerjakan hal tersebut. (HR Muslim)
قَلَ نَافِعٌ كَانَ ابْنُُ عُمَرَ رضي الله عنهما يُهَجِّرُ يَوْمً الْحَمَعَةِ فَيُطِيْلُ الصَّلاَةَ قَبْلَ أَنْ يَخْرُجُ الْإِ مَامُ على المنبر
Nafi berkata, Ibnu Umar suka bersegera pergi ke mesjid pada hari Jum'at. Ia memanjangkan sholat sebelum imam naik mimbar.(HR Ibnu Abi Syaibah)
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ عَبْدِ رَبِّهِ حَدَّثَنَا بَقِيَّةُ عَنْ مُبَشِّرِ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ حَجَّاجِ بْنِ أَرْطَاةَ عَنْ عَطِيَّةَ الْعُوفِيِّ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَرْكَعُ قَبْلَ الْجُمُعَةِ أَرْبَعًا لَا يَفْصِلُ فِي شَيْءٍ مِنْهُنَّ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Abdi Rabbi, telah menceritakan kepada kami Baqiyah, dari Mubassir bin Ubaiydin dari Hajjaj bin Arthoh, dari Athiyah Al 'Uufih, dari Ibnu Abbas, ia berkata, sesungguhnya nabi saw sholat sebelum jum'at empat rakaat, belaiau pun tidak memisahkan sedikitpun antara empat rakaat itu. (HR Ibnu Majah)
Kritik hadits :
Athiyah Al 'Uufih, para ulama sepakat akan ke dho'ifannya.
Hajjaj bin Arthoh, suka menyembunyikan periwayatan hadits, Mudallis.
Mubassir bin Ubaidin, pemalsu hadits.
Baqiyah, suka menyembunyikan periwayatan, Mudallis.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اغْتَسَلَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِّرَ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلِّي مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى
Barang siapa yang mandi pada hari Jum'at, kemudian mendatangi jum'at, lalu ia mendirikan sholat semampunya, kemudian ia diam sampai imam selesai dari khutbahnya, lalu ia sholat bermakmum kepada imam tersebut, maka akan diampuni dosa-dosanya di antara Jum'at tersebut dan Jum'at yang lainnya. (HR Muslim)
نيل الأوطار - (ج 5 / ص 351)
فِيهِ أَنَّ الصَّلَاةَ قَبْلَ الْجُمُعَةِ لَا حَدَّ لَهَا
Perkataan Nabi saw, lalu sholat menurut kemampuannya.
Bahwa sholat sebelum jum'at tidak ada batasannya.

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَرْزُوقٍ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْبَارِقِيِّ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى
Dari Ibnu Umar dari Nabi Saw, beliau bersabda, sholat malam dan siang itu dua rakaat, dua rakaat.
سنن ابو داود ج1 ص 483 , الكتاب : الصلاة , الباب : في الصلاة النهار , رقم الحديث : 1295
Ibnu Umar ditanya tentang pengertian مَثْنَى مَثْنَى beliau menjawab " Salam setiap dua rakaat ada salam".   
عَنْ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ كَانَ النِّدَاءُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوَّلُهُ إِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
Dari As Saib bin Yazid mengatakan, azan pada hari Jum'at sejak semula ialah apabila imam telah duduk di atas mimbar, (begitulah) pada masa Rasulullah saw, Abu Bakar serta Umar ra… (HR Bukhari)
2.   Ba'da Jum'at
Dua Rakaat
حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الظُّهْرِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَهَا سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْعِشَاءِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْجُمُعَةِ سَجْدَتَيْنِ
Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a katanya: Aku sholat bersama Rasulullah s.a.w dua sujud (dua rakaat) sebelum zuhur dan dua sujud (dua rakaat) selepasnya. Dua sujud (dua rakaat) selepas maghrib dan dua sujud (dua rakaat) selepas isya. Dua sujud (dua rakaat) selepas jumat.        (HR Bukhari)
Empat Rakaat
 و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعًا
Rasulullah saw bersabda, jika kalian sholat jum'at, sholatlah setelahnya empat rakaat.            (HR Muslim)
Enam Rakaat
حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْحَسَنِ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ أَنَّهُ رَأَى ابْنَ عُمَرَ يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ فَيَنْمَازُ عَنْ مُصَلَّاهُ الَّذِي صَلَّى فِيهِ الْجُمُعَةَ قَلِيلًا غَيْرَ كَثِيرٍ قَالَ فَيَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ قَالَ ثُمَّ يَمْشِي أَنْفَسَ مِنْ ذَلِكَ فَيَرْكَعُ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ قُلْتُ لِعَطَاءٍ كَمْ رَأَيْتَ ابْنَ عُمَرَ يَصْنَعُ ذَلِكَ قَالَ مِرَارًا
Ibnu Juraij berkata, Atha melihat Ibnu Umar ra, sholat bada jum'at. Ia bergeser sedikit dari tempat ia mengerjakan sholat jum'atnya kemudian sholat dua rakaat, kemudian ia bergeser lagi lalu sholat empat rakaat. Aku bertanya kepada Atha, berapa kali kamu melihat Ibnu Umar, mengerjakan hal itu, ia menjawab berkali-kali. (HR Abu Dawud)
Sholat Dhoif Jumat
أنبأنا محمد بن ناصر أنبأنا أبو على بن البنا أنبأنا أبو عبد الله الحسين بن
عمر العلاف أنبأنا أبو القاسم القاضى حدثنا على بن بندار حدثنا أبو سالم محمد بن سعيد حدثنا الحسين عن وكيع بن الجراح عن ليث عن مجاهد عن ابن عباس قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " مَنْ صَلَّى يَوْمَ الْجُمْعَةِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِي أَوَّلِ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ مَرَّةً وَاحِدَةً وَخَمْسًا وَعِشْرِيْنَ مَرَّةً قُلْ أَعُوْذُ بِرَبَّ الْفَلَقِ، وَفِى الرَّكْعَةِ الثَّانِيَّةِ يَقْرَأُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ خَمْسًا وَعِشْرِيْنَ مَرَّةً، فَإِذَا سَلَّمَ قَالَ لاَ حَوْلَ وَلا قوة إلا بالله خَمْسِيْنَ مَرَّةً، فَلاَ يَخْرُجُ مِن الدنيا حتى يرى رَبَّهُ عز وجل في الْمَنَامِ ويرى مَكَانَهُ في الجنة أو يُرى لَهُ ".
Dari Ibnu Abbas dia berkata, Rasulullah saw telah bersabda: Barang siapa yang sholat pada hari Jum'at dua rakaat antara zuhur dan ashar, pada rakaat pertama membaca fatihatul kitab, satu kali ayat kursi dan dua puluh lima kali qul 'auzu bi rabbil falaq, pada rakaat yang kedua membaca fatihatul kitab, qul huwallahu ahad dan qul 'auzu bi rabbinnas masing-masing dua puluh lima kali setelah salam membaca la haula wala quwwata illa billah sebanyak lima puluh kali. Ia tidak keluar dari dunia melainkan akan melihat tuhannya dalam mimpinya dan tempatnya di surga akan diperlihatkan. الموضوعات - (ج 2 / ص 119)
Ibnu Jauzi mengatakan, hadits ini palsu. Pada sanadnya terdapat beberapa rawi yang tidak     dikenal sama sekali.
الموضوعات - (ج 2 / ص 118)
روى عبدالله بن داود الواسطي عن حماد بن سلمة عن المختار بن فلفل عن أنس بن مالك عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: " مَنْ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ فِي لَيْلَةِ الْجُمْعَةِ قَرَأَ فِيْهَا بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَخَمْسَ عَشَرَةَ مَرَّةً إذا زُلْزِلَتْ، أََمَنَّهُ اللهُ عَز وَجَلَّ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ أَهْوَالِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ".
Dari Anas bin Malik dari nabi saw, sesungguhnya ia bersabda, barang siapa yang sholat dua rakaat pada malam Jum'at dengan membaca fatihatul kitab dan lima belas kali idza zulzilat, Allah azza wa jalla akan mengamankan dari azab kubur dan kejadian pada hari kiamat.
Hadits ini dhoif karena pada sanadnya terdapat rawi yang bernama Abdullah bin Daud al Wasitih, Abu Muhammad at Tamari.
هذا حديث لا يصِحُّ.
قال ابن حبان: وعبد الله بن داود منكر الحديث
Al Bukhari mengatakan, fihii nazhorun, Abu Hatim menyatakan ia rawi yang tidak kuat, menurut Ibnu Hiban hadits yang sangat diingkari, hadits-haditsnya yang diriwayatkan olehnya tidak boleh dijadikan hujjah.
Dari Ali bin Abi Tholib ia berkata, Rasulullah saw bersabda, barang siapa sholat empat rakaat pada hari Jum'at satu kali saja pada semasa hidupnya, pada setiap rakaat membaca fatihatul kitab sepuluh kali dan qul 'audzu bi rabbinas sepuluh kali, qul 'audzu bi rabbil falaq sepuluh kali, qul huwallahu ahad sepuluh kali, qul yaa ayyuhal kaafirun sepuluh kali, ayat-ayat qursi sepuluh kali, apabila selesai bertasyahud dan salam lalu beristighfar tujuh puluh kali, bertasbih tujuh puluh kali yaitu subhanallah wal hamdulillah  wala ilaaha illallah wallahu akbar wala hawla walaa quwwata illa billahil adzim. Nabi bersabda, barang siapa melaksanakan sholat ini niscaya Allah akan melindunginya dari kejahatan penghuni langit, dari kejahatan jin, dan manusia.
عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي خُطْبَتِهِ يَحْمَدُ اللَّهَ وَيُثْنِي عَلَيْهِ بِمَا هُوَ أَهْلُهُ ثُمَّ يَقُولُ مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ إِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَأَحْسَنَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ وَكُلُّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ
Dari Jabbir bin Abdullah ia berkata, keadaan Rasulullah saw, beliau mengucapkan dalam khutbahnya, memuji Allah, dan disanjung atasnya beserta seluruh keluarganya. Kemudian beliau bersabda: barang siapa yang diberi petunjuk maka tidak ada orang yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang disesatkan tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk, sesungguhnya sebenar-benarnya perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw, dan setiap perkara yang baru adalah yang diada-adakan dan setiap yang diada-adakan adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah kesesatan dan setiap kesesatan di dalam neraka. سنن النسائي - ج 3 / ص 209
وَشَرُّ الْأُمُورِ = setiap pekerjaan yang bertentangan dengan Al Qur'an dan petunjuk Muhammad
شَرُّ = buruk, jelek, kejelekan
مُحْدَثَةٍ = yang diciptakan, yang baru
Dari hadits tadi kita dapat melihat bahwa bid'ah itu adalah setiap perkara yang bertentangan dengan Al Qur'an dan As Sunnah.
Tentang lafadz كُلُّ , para ulama ushul fiqih (terutama dari kalangan Syafi'iyah) telah menjelaskan bahwa lafadz كل adalah lafadz yang menunjukkan lafadz umum. Sedangkan lafadz umum itu didefinisikan sebagai:
اللَّفْظُ الْمُسْتَغْرِقُ لِجَمِيعِ مَا يَصْلُحُ لَهُ مِنْ غَيْرِ حَصْرٍ
Lafadz yang meliputi semua pengertian yang patut baginya tanpa pembatasan.                      البحر المحيط  - ج 3 / ص255
Contoh :
6007- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ مُضَرَ عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ عَنْ وَهْبِ بْنِ كَيْسَانَ وَكَانَ وَهْبٌ أَدْرَكَ ابْنَ عُمَرَ لَيْسَ فِى كِتَابِ ابْنِ مَالِكٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَأَى رَاعِىَ غَنَمٍ فِى مَكَانٍ قَبِيحٍ وَقَدْ رَأَى ابْنُ عُمَرَ مَكَاناً أَمْثَلَ مِنْهُ فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ وَيْحَكَ يَا رَاعِى حَوِّلْهَا فَإِنِّى سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « كُلُّ رَاعٍ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ ».
Setiap pemimpin akan ditanya tentang kepemimpinannya. مسند أحمد - (ج 13 / ص 35)
Hadits ini menjelaskan bahwa tidak ada seorang pun pemimpin yang tidak ditanyakakan tentang kepemimpinannya. Hal  ini disebabkan adanya kalimat كل yang merupakan lafadz yang menunjukkan makna "Aam".
Pengertian bid'ah ( البدعة ) dari segi bahasa dan istilah.
البدعة : اِسْمٌ هَيْئَةٌ مِنَ الْاِبْتِدَاعِ  وَهِيَ كُلُّ شيءٍ أَحْدَثَ على غير مِثَال سَابِقٍ
Kata bid'ah adalah kata benda dari akar kata ibtida, artinya segala sesuatu yang diadakan tanpa contoh.
وأَبْدَعْتُ الشَّيْءَ : اِخْتَرَعَتُهُ لا على مِثَالٍ .
Jika dikatakan abda'tu sya'ian, berarti aku menciptakan tanpa ada contoh.
وفُلاَنٌ بَدَعَ فِي هَذَا الْأَمْرِ أي أَوَّلُ لم يَسْبِقْهُ أَحَدٌ
Jika dikatakan fulanun bada'a di hadza al amr, berarti orang yang pertama kali melakukannya dan belum ada orang lain yang melakukan sebelumnya.
وأَبْدَعَ واِبْتَدَعَ وتَبَدَّعَ : أَتَى بِبِدْعَةٍ ، قال الله تعالى : وَرَهْبَانِيَّةً ابْتَدَعُوهَا
Berarti mengada-adakan suatu bid'ah. Allah swt berfirman, dan mereka mengada-adakan rohbaniyan. (Al Hadid : 27) البدع الحولية رسالة ماجستير لعبد الله التويجري - ج 1 / ص 10
Seperti firman Allah :
بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَإِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah ia. (Al Baqorah : 117)
Maksudnya Allah menjadikan langit dan bumi tanpa ada contoh, sebelumnya.
قُلْ مَا كُنْتُ بِدْعًا مِنَ الرُّسُلِ وَمَا أَدْرِي مَا يُفْعَلُ بِي وَلَا بِكُمْ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَى إِلَيَّ وَمَا أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ مُبِينٌ
Katakanlah: "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak (pula) terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan. (Al Ahqaaf : 9)
أي : مَا كُنْتُ أَوَّلُ مَنْ أُرسِلَ ،قد أَرْسَلَ قبلي رسُلً كثيرً
Yaitu saya bukanlah rasul yang pertama tetapi telah ada rasul-rasul lain yang diutus sebelumku, rasul yang banyak.
Ibnu Abbas rahimakumullah pernah menyinggung hal ini dengan mengatakan:
مَا أَتَى عَلَى النَّاسِ عَامٌ إِلاَّ أَحْدَثُوْا فِيْهِ بِدْعَةً وَأَمَاتُوْا فِيْهِ سُنَّةً حَتَّى تَحْيَا الْبِدْعَةُ وَتَمُوْتَ السُّنَّةُ.
Tidaklah datang suatu tahun kepada umat manusia kecuali mereka membuat-buat sebuah bidah di dalamnya dan mematikan As-Sunnah, hingga hiduplah bidah dan matilah As-Sunnah.
Pengertian bid'ah secara terminologis.
اَلْبِدَعَةُ : طَرِيْقَةٌ فِى الدِّيْنِ مُخْتَرَعَةٌ تُضَاهِى الشَّرْعِيَّةَ , يُقْصَدُ بِالسُّلُوْكِ عَلَيْهَا مَا يُقْصَدُ بِا لطَّرِيْقَةِ الشِّرْعِيَّةِ
Bid'ah adalah satu cara yang diada-adakan dalam urusan agama yang menyerupai syariat. Tujuan utamanya sama dengan tujuan melakukan syariat. (Imam Syathibi dalam Al I'tisham (I/37)
قَالَ شَيْخُ الإسلامِ ابْنِ تَيْمِيَةَ - رحمه الله -: ( وَقَدْ قَرَرَّنَا في قَاعِدَةِ السُّنَةِ وَالْبِدْعَةِ : أَنَّ الْبِدْعَةَ فِي الدِيْنِ هِيَ مَا لَمْ يَشْرَعْهُ اللهُ ورسولُهُ ، وَهُوَ مَا لَمْ يَأْمُرْ بِهِ أَمْرٌ إِيْجَابٌ ولا اِسْتِحْبَابٌ ، فأَمَّا مَا أُمِرَ بِهِ أَمْرٌ إِيْجَابٌ أو اِسْتِحْبَابٌ ، وعُلِمَ الأمرُ بِهِ بالأَدَلَةِ الشَّرْعِيَّةِ : فهو من الدين الذي شَرَعَهُ اللهُ
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rhm, berkata, kami telah menetapkan kaidah tentang sunnah dan bid'ah. Bid'ah dalam agama adalah apa yang tidak disyariatkan oleh Allah dan rasul-Nya, yaitu perkara yang tidak wajibkan atau disunnahkan untuk mengerjakannya. Adapun perkara yang diperintahkan baik secara wajib maupun sunnat dengan dalil-dalil syar'i, berarti termasuk agama yang disyariatkan oleh Allah.
البدع الحولية رسالة ماجستير لعبد الله التويجري - ج 1 / ص 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar