Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Minggu, 24 April 2011

sholat sunnat tobat

Derajat  Hadits Sholat Thobat
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ قَال سَمِعْتُ عَلِيًّا يَقُولُ إِنِّي كُنْتُ رَجُلًا إِذَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا نَفَعَنِي اللَّهُ مِنْهُ بِمَا شَاءَ أَنْ يَنْفَعَنِي بِهِ وَإِذَا حَدَّثَنِي رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ لِي صَدَّقْتُهُ
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah, telah menceritakan kepada kami Abu Awanah dan Usman bin Mughiroh dari Ali bin Rabiah dari Asma bin Al Hakam al Fazariyi ia berkata aku mendengar Ali  ia berkata, keadaanku seperti orang (biasa/lain) apabila aku mendengar ada yang menceritakan sesuatau dari Nabi saw. Yang Allah berikan manfaat bagiku dengan manfaat yang ia kehendaki, tetapi apabila seseorang dariku, sahabat beliau yang menceritakan sebuah hadits padaku, maka aku akan memintanya bersumpah, dan apabila ia bersumpah maka aku menerima kebenarannya.
وَإِنَّهُ حَدَّثَنِي أَبُو بَكْرٍ وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الْآيَةَ وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ إِلَى آخِرِ الْآيَةِ
Sesungguhnya Abu Bakar itu benar, ia mengatakan, aku mendengar Rasulullah bersabda, jika seseorang berbuat dosa, lalu ia bersuci, kemudian ia sholat, lalu ia meminta ampun kepada Allah, maka pastilah Allah akan mengampuninya. Kemudian ia membaca ayat:
 وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
(Dan juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.) Ali Imran : 135.               (Hr Tirmidzi)
Susunan Sanad
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَبُو بَكْرٍ              

عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ

أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ

عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ

عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ
أَبُو عَوَانَةَ           

قُتَيْبَةُ          

الترمذى          
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَنَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ وَسُفْيَانُ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ الثَّقَفِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ الْوَالِبِيِّ عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ كُنْتُ إِذَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا يَنْفَعُنِي اللَّهُ بِمَا شَاءَ مِنْهُ وَإِذَا حَدَّثَنِي عَنْهُ غَيْرُهُ اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ صَدَّقْتُهُ وَإِنَّ أَبَا بَكْرٍ حَدَّثَنِي وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَقَالَ مِسْعَرٌ ثُمَّ يُصَلِّي وَيَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Nasru bin Ali, mereka berkata, telah menceritakan kepada kami Wakiq, telah menceritkan kepada kami Mis'arun dan Sufyan dari Usman bin Mughiroh As Tsaqofi dari Ali bin Rabiah dari Asma bin Al Hakam al Fazariyi dari Ali bin Abi Tholib, ia berkata, apabila aku mendengar ada orang yang menceritakan sesuatu dari Rasulullah yang Allah berikan manfaat bagiku dengan manfaat yang ia kehendaki. Tetapi apabila orang lalin yang menceritakan sebuah hadits kepadaku, maka aku akan memintanya bersumpah, dan apabila ia bersumpah, maka aku akan menerima kebenarannya, sesungguhnya Abu Bakar itu benar, ia mengatakan, Rasulullah saw bersabda, tidak ada seorangpun yang berbuat dosa, lalu ia berwuduhu dengan sebaik-baik wudhu kemudian sholat dua rakaat (Mus'ir berkata, kemudian sholat) lalu ia minta ampunan kepada Allah , maka pastilah Allah akan mengampuninya. (HR Ibnu Majah)

رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَبُو بَكْرٍ              
عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ

أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ

عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ الْوَالِبِيِّ
 

عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ الثَّقَفِيِّ عَنْ
مِسْعَرٌ         سُفْيَانُ         

وَكِيعٌ         

وَنَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ           أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ

إبن ماجة           




Gabungan Sanad antara Tirmidzi dan Ibnu Majah
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

أَبُو بَكْرٍ              

عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ

أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ

عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ      

عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ
 

                              سُفيَانُ  مِسْعَرٌ                 أَبُو عَوَانَةَ
 

                              ُ وَكِيْعٌ                        قُتَيْبَةُ                                          
                                   
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَة         وَنَصْرُ بْ عَلِيٍّ                                                            َ
إبن ماجة                              الترمذي  

Kritik terhadap rawi :
أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ
Adz Zahabi berkomentar, Asma itu Tsiqoh kecuali pada hadits ini saja.
Al Bukhari menolak kebenarannya (Asma bin Hakam) menerima berita dari Ali bin Abi Tholib.
عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ
Al Uqaili berkata, Usman itu munkarul hadits. Ibnu Jarud memasukkannya dalam rawi-rawi yang lemah. (Tahzibut tahzib, I : 265)


Kesimpulan :
Derajat hadits tentang sholat tobat adalah dho'if. Mengamalkan sholat tobat termasuk perbuatan bid'ah yang diancam dalam api nereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar