Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Kamis, 14 April 2011

sholat Jumat

A.  Sholat Jum'at dengan 40 Orang
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[1475]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
إنما سميت الجمعة جمعة؛ لأنها مُشْتَقَّةً مِنَ الْجَمْعِ، فإن أهل الإسلام يجتمعون فيه في كل أُسْبُوْعٍ مَرَّةٍ بالْمَعَابَدِ الْكَبِارِ
Disebut Jum'at karena Jum'at itu diambil dari kata al Jam'u yang berarti berkumpul. Para pemeluk Islam berkumpul pada hari itu sekali dalam seminggu di tempat-tempat peribadatan yang besar. تفسير ابن كثير - ج 8 / ص  119
Asbabbun Nuzul
Dalam  redaksi تفسير القرطبي ج: 18 ص: 98
Dikatakan ثم خرج يوم الجمعة إلى المدينة فأَدْرَكْتُهُ الْجُمْعَةَ في بني سالم بن عوفٍ في بطنِ وادِ لَهُمْ قد اتخذ القومَ فِي ذَلِكَ الْمَوْضِعِ مَسْجِدًا فَجَمَعَ بِهِمْ وَخَطَبَ وهي أَوَّلُ خُطْبَةِ خَطَبَهَا بالمدينة وقال فيها الحمد لله أحمده وأستعينه وأستغفره
kemudian beliau keluar pada hari Jum'at menuju Madinah dan beliau mendatangi dan datanglah perintah Jum'at pada beliau pada Bani Salim bin Auf di tengah lembah mereka. Beliau mengambil  beberapa orang dari kaum Bani Auf  kemudian dikumpulkan dalam masjid kemudian beliau bekhutbah, dan itulah awal khutbah beliau. Khutbah yang dilakukan di Madinah, beliau bersabda dalam khutbahnya, segala Puji bagi Allah dan pujian dan pertolongan dan pengampunan …..
Untuk siapa sholat Jum'at itu ?
حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْعَظِيمِ حَدَّثَنِي إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا هُرَيْمٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ قَيْسِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ  
Dari عَنْ طَارِقِ بْنِ شِهَابٍ Dari عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  beliau bersabda, Jum'at itu adalah haq yang wajib bagi setiap muslim secara berjamaah kecuali empat golongan, hamba sahaya, perempuan, anak-anak, dan orang yang sakit. (HR Abu Daud)
الجماعة = الزُّمْرَةُ kumpulan, kawanan berasal dari akar kata جمع يجمع - جمعا
Artinya ضَمٌّ و حَشَدَ mengumpulkan, menghimpunkan.
Sholat jum'at dengan jumlah 40 orang.
جمع بالمدينة وكانوا أربعين رجلا.
ولقوله (ص): إذا اجتمع أربعون فعليهم الجمعة.
وقوله (ص): لا جمعة إلا في أربعين.
Dalam kitab : اِعَانَةُ الطَّالِبيْن dijelaskan oleh pengarangnya Abubakar bin Muhammad Syatha, di juz ke dua hal 57 ada tiga hadits yang berkaitan dengan sholat jum'at dengan 40 orang.
قال ابن مسعود ان النبي صلى الله عليه و سلم جَمَّعَ بِالْمَدِيْنَةِ وَ كاَنُوا اَرْبَعِيْنَ رَجُلاً
Ibnu Mas'ud menceritakan, bahwa nabi saw pernah sholat jum'at di Madinah, dan mereka (sahabat di waktu itu) berjumlah 40 orang laki-laki.
قال النبي صلى الله عليه و سلم اِذَا اِجْتَمَعَ الاَرْبَعُوْنَ فَعَلَيْهِمْ الْجُمْعَةُ
Nabi saw bersabda : Bila berkumpul empat puluh orang, maka wajiblah atas mereka jum'ah
قال النبي صلى الله عليه و سلم لا جُمْعَةَ اِلاَفىِ اَرْبَعِيْنَ
Nabi saw bersabda : Tidak ada jum'at melainkan dengan empat puluh orang.
إعانة الطالبين - ج 2 / ص 67
Berkata para ulama hadits, hadits yang diriwayatkan dengan tidak disebutkan isnad haditsnya maka hadits itu tidak boleh digunakan sebagai hujjah, dan tidak boleh diterima. Karena jika tidak disebutkan isnad haditsnya maka semua orang akan boleh membuat hadits seenak perutnya.
Hadits yang disandarkan kepada sahabat.
5816- أَخْبَرَنَا أَبُو زَكَرِيَّا بْنُ أَبِى إِسْحَاقَ الْمُزَكِّى وَغَيْرُهُ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ : مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ أَخْبَرَنَا الشَّافِعِىُّ أَخْبَرَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنِى عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ قَالَ : كُلُّ قَرْيَةٍ فِيهَا أَرْبَعُونَ رَجُلاً فَعَلَيْهِمُ الْجُمُعَةُ.
Dari Ubaidillah bin Abdillah bin Utbah, ia berkata, setiap kampung yang didalamnya terdapat empat puluh orang laki-laki maka mereka wajib melaksanakan jum'at سنن البيهقى - (ج 2 / ص
426)
189 - إبراهيم بن أبى يحيى [ ق ]، هو أبو إسحاق إبراهيم بن محمد بن أبى يحيى الاسلمي المدنى، أحد العلماء الضعفاء.
قال إبراهيم بن عرعرة: سمعت يحيى بن سعيد يقول: سألت مالكا عنه أكان ثقة في الحديث ؟ فقال: لا ولا في دينه.
وقال يحيى بن معين: سمعت القطان يقول: إبراهيم بن أبى يحيى كَذَّابٌ.
وروى أبو طالب عن أحمد بن حنبل قال: تركوا حديثه
Yahya bin Said berkata, aku bertanya kepada Imam Malik tentangnya apakah ia itu bisa di percaya di dalam menyampaikan hadits, Imam Malik berkata, tidak, tidak dalam urusan agama.
Imam Yahya bin Main berkata, aku mendengar dari Al Qothon ia berkata, Ibrahim bin Abi Yahya itu pendusta. ميزان الاعتدال - ج 1 / ص  57
Menurut Imam Mahzab :
Menurut Malikiyah : Sholat dan Khutbah Jum'at harus dihadiri 12 laki-laki, sebagaimana yang diterangkan oleh Jabir, bahwa nabi saw berkhutbah sambil berdiri pada hari Jum'at tiba-tiba datang onta bermuatan dari Syam, maka orang pun keluar mendatanginya sehingga tinggal 12 orang yang ikut Jum'at, sehingga turunlah ayat :
وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: "Apa yang di sisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan", dan Allah sebaik-baik pemberi rezki. (Al Jum'ah : 11)
Menurut Syafiiyah dan Hanabilah : Jum'at itu harus dihadiri oleh 40 orang. Mereka mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Ka'ab yang menerangkan  bahwa jumlah jama'ah sholat jum'at pertama di Madinah bersama As'ad bin Zararah sebanyak 40 orang laki-laki. Juga hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas'ud bahwa Rasulullah saw Jum'at di Madinah yang berjumlah 40 laki-laki. Tidak ada keterangan bahwa beliau sholat jum'at dengan jamaah yang kurang dari jumlah tersebut.
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ وَكَانَ قَائِدَ أَبِيهِ بَعْدَ مَا ذَهَبَ بَصَرُهُ عَنْ أَبِيهِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ كَانَ إِذَا سَمِعَ النِّدَاءَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ تَرَحَّمَ لِأَسْعَدَ بْنِ زُرَارَةَ فَقُلْتُ لَهُ إِذَا سَمِعْتَ النِّدَاءَ تَرَحَّمْتَ لِأَسْعَدَ بْنِ زُرَارَةَ قَالَ لِأَنَّهُ أَوَّلُ مَنْ جَمَّعَ بِنَا فِي هَزْمِ النَّبِيتِ مِنْ حَرَّةِ بَنِي بَيَاضَةَ فِي نَقِيعٍ يُقَالُ لَهُ نَقِيعُ الْخَضَمَاتِ قُلْتُ كَمْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ قَالَ أَرْبَعُونَ
Dari Abdurrahman bin Ka'ab bin Malik, dan dia adalah orang yang biasa menuntun ayahnya sesudah ayahnya buta, dari ayahnya Ka'ab, sesungguhnya apabila ia mendengar azan pada hari jum'at, maka dia memintakan rahmat kepada Allah  untuk as'ad bin Zurarah? Dia menjawab, dialah orang yang pertama kali mengadakan sholat jum'at bersama kami  di Hazmin Nabit, salah satu kampung dari bani Bayadhah di Naqi, yang disebut Naqiul khadlimat. Kemudian saya bertanya, berapakah jumlah  kalian pada waktu itu ? Jawab beliau, empat puluh orang laki-laki. (HR Abu Dawud)
مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ
Imam Daruquthnie berkomentar bahwa Muhammad bin Ishaq itu tukang memalsukan hadits.
Imam As Syaukani dalam نيل الأوطار - (ج 5 / ص 289) berkata :
أَنَّ الْجُمُعَةَ يُعْتَبَرُ فِيهَا الِاجْتِمَاعُ وَهُوَ لَا يَحْصُلُ بِوَاحِدٍ
وَأَمَّا الِاثْنَانِ فَبِانْضِمَامِ أَحَدُهُمَا إلَى الْآخَرِ يَحْصُلُ الِاجْتِمَاعُ وَقَدْ أَطْلَقَ الشَّارِعِ اسْم ُالْجَمَاعَةِ عَلَيْهِمَا ، فَقَالَ : الِاثْنَانِ فَمَا فَوْقَهُمَا جَمَاعَةٌ ،
Dan apa yang sudah kami singgung di atas, bahwa jum'at tidak bisa terjadi kecuali dengan pertemuan, berarti sholat jum'at tidak bisa dilakukan hanya dengan satu orang saja. Kalau dua orang, maka salah seorang bisa menghimpun dengan satu orang lagi, sudah tercapai satu bentuk pertemuan, pembuat syariat telah menamakan sebutan jamaah kepada dua orang seraya berkata, dua orang dan selebihnya adalah jamaah.
وَقَدْ انْعَقَدَتْ سَائِرُ الصَّلَوَاتِ بِهِمَا بِالْإِجْمَاعِ ، وَالْجُمُعَةُ صَلَاةٌ فَلَا تَخْتَصٌّ بِحُكْمٍ يُخَالِفُ غَيْرُهَا إلَّا بِدَلِيلٍ ، وَلَا دَلِيلَ عَلَى اعْتِبَارِ عَدَدٍ فِيهَا زَائِدٌ عَلَى الْمُعْتَبَرِ فِي غَيْرِهَا .
Berdasarkan ijmak semua sholat sudah bisa dilakukan dengan dua orang, dan sholat jum'at adalah sholat. Ia tidak menjadi khusus dengan suatu hukum, yang bertentangan dengan yang lain kecuali ada dalil yang memberi pertimbangan jumlah yang lebih di dalamnya daripada sholat lain yang menjadi bahan pertimbangannya.
وَقَدْ قَالَ عَبْدُ الْحَقِّ إنَّهُ لَا يَثْبُتُ فِي عَدَدِ الْجُمُعَةِ حَدِيثٌ .
Abdul Haqq berkata, tidak ada satupun hadits yang menetapkan jumlah orang yang sholat jum'at.

B.  Mandi Jum'at
877 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ - رضى الله عنهما - أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ »
Apabila salah seorang dari kalian hendak melakukan sholat jum'at maka hendaklah ia mandi terlebih dahulu. صحيح البخارى - (ج 3 / ص 472)
حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ بِسْطَامٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ يَعْنِي ابْنَ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا رَوْحٌ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اغْتَسَلَ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَصَلَّى مَا قُدِّرَ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ خُطْبَتِهِ ثُمَّ يُصَلِّي مَعَهُ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى وَفَضْلُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ
Barang siapa mandi kemudian menghadiri sholat jum'at lalu mengerjakan sholat yang telah ditetapkan baginya, kemudian diam sampai imam berhenti dari khutbahnya, lalu dia mengerjakan sholat bersama imam, akan diberikan ampunan kepadanya atas dosa yang terjadi antara hari Jum'at itu dengan Jum'at yang lain (sebelumnya) dan dilebihkan tiga hari.             (HR Muslim)
حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ يَزِيدَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَوْهَبٍ الرَّمْلِيُّ الْهَمْدَانِيُّ ح حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ يَحْيَى الْحَرَّانِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ ح حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ وَهَذَا حَدِيثُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ أَبُو دَاوُد قَالَ يَزِيدُ وَعَبْدُ الْعَزِيزِ فِي حَدِيثِهِمَا عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَأَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ وَأَبِي هُرَيْرَةَ قَالَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَبِسَ مِنْ أَحْسَنِ ثِيَابِهِ وَمَسَّ مِنْ طِيبٍ إِنْ كَانَ عِنْدَهُ ثُمَّ أَتَى الْجُمُعَةَ فَلَمْ يَتَخَطَّ أَعْنَاقَ النَّاسِ ثُمَّ صَلَّى مَا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ أَنْصَتَ إِذَا خَرَجَ إِمَامُهُ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ جُمُعَتِهِ الَّتِي قَبْلَهَا قَالَ وَيَقُولُ أَبُو هُرَيْرَةِ وَزِيَادَةٌ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ
Barang siapa mandi hari Jum'at dan memakai pakaian yang terbagus serta memakai wewangian, jika punya, kemudian dia menghadiri sholat jum'at, dan tidak melangkahi pundak-pundak orang-orang, lalu dia mengerjakan sholat yang telah ditetapkan baginya, selanjutnya berdiam jika imam telah keluar (menuju mimbar) sampai selesai dari sholatnya, maka itu semua menjadi kafarah baginya atas apa yang terjadi antara hari itu dengan hari Jum'at sebelumnya dan tambahan tiga hari . (HR Abu Daud)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِي بَكْرِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ
Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasululllah saw bersabda, barang siapa mandi pada hari Jum'at seperti mandi janabat kemudian pergi ke mesjid, maka seolah-olah ia telah berkorban seekor unta. Dan barang siapa pergi pada saat kedua maka seolah-olah ia berkorban seekor sapi. Barang siapa yang pergi pada saat ketiga maka seolah-olah ia berkorban seekor kambing yang sudah berumur. Barang siapa yang pergi pada saat keempat maka seolah-olah ia berkorban seekor ayam. Dan barang siapa yang pergi pada saat kelima, maka seolah-olah ia berkorban sebutir telur, kemudian apabila imam telah keluar (menuju mimbar) maka malaikat hadir untuk mendengarkan khutbah. (HR Bukhari)
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنِي صَفْوَانُ بْنُ سُلَيْمٍ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ
Mandi hari jum'at itu wajib bagi setiap orang yang bermimpi (basah). (HR Bukhari)
Kesimpulan : Mandi hari jum'at yang dimaksud adalah mandi janabat.
As babul wurud diperintahkannya mandi pada hari Jum'at:
353 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ - يَعْنِى ابْنَ مُحَمَّدٍ - عَنْ عَمْرِو بْنِ أَبِى عَمْرٍو عَنْ عِكْرِمَةَ أَنَّ أُنَاسًا مِنْ أَهْلِ الْعِرَاقِ جَاءُوا فَقَالُوا يَا ابْنَ عَبَّاسٍ أَتَرَى الْغُسْلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاجِبًا قَالَ لاَ وَلَكِنَّهُ أَطْهَرُ وَخَيْرٌ لِمَنِ اغْتَسَلَ
Sesungguhnya beberapa orang laki-laki dari penduduk Iraqi mendatangi Ibnu Abbas dan bertanya tentang mandi pada hari Jum'at, apakah wajib atau tidak. Ibnu Abbas menjawab tidak, tapi lebih baik jika dikerjakan.
وَمَنْ لَمْ يَغْتَسِلْ فَلَيْسَ عَلَيْهِ بِوَاجِبٍ وَسَأُخْبِرُكُمْ كَيْفَ بَدْءُ الْغُسْلِ كَانَ النَّاسُ مَجْهُودِينَ يَلْبَسُونَ الصُّوفَ وَيَعْمَلُونَ عَلَى ظُهُورِهِمْ
Jika tidak (mandi) juga tidak mengapa, karena hukumnya tidak wajib. Akan tetapi, aku beritahukan sebab tentang disyariatkannya mandi jum'at. Pada saat itu para sahabat bekerja  dengan memakai pakaian yang terbuat dari wol, dan memakainya juga dalam sholat.
وَكَانَ مَسْجِدُهُمْ ضَيِّقًا مُقَارِبَ السَّقْفِ إِنَّمَا هُوَ عَرِيشٌ فَخَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى يَوْمٍ حَارٍّ وَعَرِقَ النَّاسُ فِى ذَلِكَ الصُّوفِ حَتَّى ثَارَتْ مِنْهُمْ رِيَاحٌ آذَى بِذَلِكَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا
Pada saat itu masjid masih sempit, sehingga kehadiran mereka mengganggu sahabat Rasulullah saw yang lain. Maka Rasulullah keluar pada hari jum'at yang panas itu. Manusia penuh sesak, keringat membasuhi baju wol mereka, sampai baunya yang tidak sedap menyegat penciuman mereka.
فَلَمَّا وَجَدَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تِلْكَ الرِّيحَ قَالَ « أَيُّهَا النَّاسُ إِذَا كَانَ هَذَا الْيَوْمُ فَاغْتَسِلُوا وَلْيَمَسَّ أَحَدُكُمْ أَفْضَلَ مَا يَجِدُ مِنْ دُهْنِهِ وَطِيبِهِ »
Dan tercium pula oleh Rasulullah saw. Beliaupun berkata, wahai manusia, mandilah kalian pada hari Jum'at. Pakailah pakaian yang terbaik dari pakaian yang kalian miliki dan pakailah harum-haruman jika kalian memilikinya,
. قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ ثُمَّ جَاءَ اللَّهُ بِالْخَيْرِ وَلَبِسُوا غَيْرَ الصُّوفِ وَكُفُوا الْعَمَلَ وَوُسِّعَ مَسْجِدُهُمْ
Ibnu Abbas berkata, kemudian Allah swt melimpahkan kebaikan kepada mereka. Semenjak itu para sahabat tidak memakai wol lagi. Mereka meninggalkan pekerjaan beberapa waktu sebelum adzan berkumandang dan meluaskan masjid. سنن أبى داود - (ج 1 / ص 485)
Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil, dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
C. Adzan Jumat
417) [ لَا سُنّةَ قَبْلَ الْخُطْبَةِ ] tidak ada sholat sunnat sebelum khutbah.
وَكَانَ إذَا فَرَغَ بِلَالٌ مِنْ الْأَذَانِ أَخَذَ النّبِيّ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ فِي الْخُطْبَةِ وَلَمْ يَقُمْ أَحَدٌ يَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ الْبَتّةَ وَلَمْ يَكُنْ الْأَذَانُ إلّا وَاحِدًا وَهَذَا يَدُلّ عَلَى أَنّ الْجُمُعَةَ كَالْعِيدِ لَا سُنّةَ لَهَا قَبْلَهَا
Apabila bilal selesai adzan, Nabi saw memulai khutbah, tak ada seorangpun diantara mereka yang berdiri dan mengerjakan sholat dua rakaat, dan tidak ada adzan kecuali hanya satu kali. Hal ini menunjukkan bahwa jum'at sama seperti sholat hari raya, tidak ada sholat sunnat sebelumnya.
فَإِنّ النّبِيّ صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّمَ كَانَ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ فَإِذَا رَقِيَ الْمِنْبَرَ أَخَذَ بِلَالٌ فِي أَذَانِ الْجُمُعَةِ فَإِذَا أَكْمَلَهُ أُخِذَ النَّبِيُّ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ فِي الْخُطْبَةِ مِنْ غَيْرِ فَصْلٍ وَهَذَا كَانَ رَأْيَ عَيْنٍ فَمَتَى كَانُوا يُصَلُّونَ السُّنَّةَ ؟
Karena Nabi saw keluar dari rumahnya, dan jika telah naik mimbar, bilal mengumandangkan azan jum'at. Setelah selesai, Nabi saw memulai khutbah tanpa ada jarak pemisah. Bila demikian halnya, lalu kapankan mereka  mengerjakan sholat sunnat?
وَمَنْ ظَنّ أَنّهُمْ كَانُوا إذَا فَرَغَ بِلَالٌ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ مِنْ الْأَذَانِ قَامُوا كُلَّهُمْ فَرَكَعُوا رَكْعَتَيْنِ فَهُوَ أَجْهَلُ النَّاسِ بِالسّنّةِ
Barang siapa mengira bahwa ketika bilal menyelesaikan adzan mereka semuanya berdiri dan melaksanakan sholat dua rakaat , maka mereka adalah manusia yang paling bodoh di dalam sunnah.
916 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنِ الزُّهْرِىِّ قَالَ سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيدَ يَقُولُ إِنَّ الأَذَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الإِمَامُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ فِى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَأَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ - رضى الله عنهما - فَلَمَّا كَانَ فِى خِلاَفَةِ عُثْمَانَ - رضى الله عنه - وَكَثُرُوا ، أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِالأَذَانِ الثَّالِثِ ، فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ ، فَثَبَتَ الأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ .
Dari Zuhri, ia berkata aku mendengar Saib bin Yazib berkata: Sesungguhnya adzan pada awalnya dilakukan ketika imam duduk di atas mimbar, pada hari Jum'at. Pada zaman Nabi saw Abu Bakar dan Umar, ketika tiba di zaman ke khalifahan Utsman dan sudah banyak orang. Utsman memerintahkan untuk mengumandangkan adzan yang ketiga, lalu dikumandangkanlah adzan di Az Zauraa', maka berlakulah hal itu صحيح البخارى - (ج 4 / ص 34)
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
فِي رِوَايَة اِبْن إِسْحَاق عَنْ الزُّهْرِيِّ عِنْد اِبْن خُزَيْمَةَ وَابْن مَاجَهْ بِلَفْظِ " زَادَ النِّدَاءَ الثَّالِثَ عَلَى دَارٍ فِي السُّوقِ يُقَالُ لَهَا الزَّوْرَاءُ "
Utsman menambahkan adzan yang ketiga yang dikumandangkan di salah satu tempat di pasar yang disebut Zaura.
وَفِي رِوَايَتِهِ عِنْدَ الطَّبَرَانِيِّ " فَأَمَرَ بِالنِّدَاءِ الْأَوَّلِ عَلَى دَارٍ لَهُ يُقَالُ لَهَا الزَّوْرَاءُ ، فَكَانَ يُؤَذَّنُ لَهُ عَلَيْهَا ، فَإِذَا جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ أَذَّنَ مُؤَذِّنُهُ الْأَوَّلُ ، فَإِذَا نَزَلَ أَقَامَ لِلصَّلَاةِ "
Dia, Utsman, menyuruh untuk mengumandangkan adzan pertama di suatu tempat yang disebut Zaura, maka bilal mengumandangkan adzan di tempat tersebut. Apabila khotib naik mimbar (utsman), maka muadzin mengumandangkan adzan kedua, dan apabila khotib turun, maka muadzin melakukan qomat untuk sholat.
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
وَفِي رِوَايَة لَهُ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ " فَأَذَّنَ بِالزَّوْرَاءِ قَبْلَ خُرُوجِهِ لِيَعْلَم النَّاسَ أَنَّ الْجُمُعَةَ قَدْ حَضَرَتْ "
Dalam riwayat melalui jalur lain disebutkan, lalu dia mengumandangkan adzan di Zaura, untuk memberitahukan orang-orang bahwa waktu sholat jum'at telah tiba.
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
وَفِي صَحِيحٍ مُسْلِمٍ مِنْ حَدِيثِ أَنَسٍ " أَنَّ نَبِيَّ اللَّه وَأَصْحَابَهُ كَانُوا بِالزَّوْرَاءِ ، وَالزَّوْرَاءُ بِالْمَدِينَةِ عِنْدَ السُّوقِ "
Sedangkan dalam riwayat muslim dari Anas disebutkan, sesungguhnya nabi saw dan para sahabatnya di Zaura. Zaura adalah tempat di Madinah yang dekat dengan pasar.
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
 وَاَلَّذِي يَظْهَرُ أَنَّ النَّاسَ أَخَذُوا بِفِعْلِ عُثْمَانَ فِي جَمِيعِ الْبِلَادِ إِذْ ذَاكَ لِكَوْنِهِ خَلِيفَةً مُطَاعَ الْأَمْرِ
Secara lahiriah, orang-orang di berbagai negeri telah berpatokan dengan apa yang dilakukan oleh Utsman bin Affan, karena dia adalah kholifah yang harus ditaati.
فتح الباري لابن حجر - (ج 3 / ص 318)
وَرَوَى اِبْن أَبِي شَيْبَةَ مِنْ طَرِيقِ اِبْنِ عُمَرَ قَالَ " الْأَذَانُ الْأَوَّلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِدْعَةٌ "
Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari Ibnu Umar, dia berkata, bahwa adzan pertama pada hari Jum'at adalah bid'ah.
فَيَحْتَمِلُ أَنْ يَكُونَ قَالَ ذَلِكَ عَلَى سَبِيلِ الْإِنْكَارِ ، وَيَحْتَمِلُ أَنَّهُ يُرِيدُ أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ فِي زَمَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكُلُّ مَا لَمْ يَكُنْ فِي زَمَنِهِ يُسَمَّى بِدْعَةٌ ،
Ada kemungkinan bahwa perkataan tersebut bertujuan untuk mengingkari atau mungkin untuk menjelaskan bahwa hal itu belum pernah dilakukan di zaman Nabi saw dan semua yang tidak ada pada zaman Nabi saw termasuk bid'ah.
D.   Berdiri di Mimbar Tanpa Apapun
سنن أبى داود - (ج 3 / ص 475)
1098 - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا شِهَابُ بْنُ خِرَاشٍ حَدَّثَنِى شُعَيْبُ بْنُ رُزَيْقٍ الطَّائِفِىُّ قَالَ جَلَسْتُ إِلَى رَجُلٍ لَهُ صُحْبَةٌ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُقَالُ لَهُ الْحَكَمُ بْنُ حَزْنٍ الْكُلَفِىُّ فَأَنْشَأَ يُحَدِّثُنَا
Dari Hakam bin Hazn Al Kalafi, dia bercerita,
قَالَ وَفَدْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- سَابِعَ سَبْعَةٍ أَوْ تَاسِعَ تِسْعَةٍ
Aku pernah diutus kepada Rasulullah saw sebagai orang ketujuh dari tujuh orang atau kesembilan dari sembilan orang,
فَدَخَلْنَا عَلَيْهِ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ زُرْنَاكَ فَادْعُ اللَّهَ لَنَا بِخَيْرٍ
Kami masuk menemui beliau saw lalu aku bertanya kepada beliau saw, wahai Rasulullah kami telah mengunjungimu, karenanya mohonkanlah kebaikan kepada Allah untuk kami.
فَأَمَرَ بِنَا أَوْ أَمَرَ لَنَا بِشَىْءٍ مِنَ التَّمْرِ وَالشَّأْنُ إِذْ ذَاكَ دُونٌ فَأَقَمْنَا بِهَا أَيَّامًا شَهِدْنَا فِيهَا الْجُمُعَةَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
Rasulullah saw memerintahkan untuk menyuguhkan sedikit kurma untuk kami, yang ketika itu keadaan benar-benar panceklilk. Kami tinggal di sana beberapa hari. Selama hari-hari itu kami pernah mengerjakan sholat jum'at bersama beliau saw.
فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى عَصًا أَوْ قَوْسٍ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ كَلِمَاتٍ خَفِيفَاتٍ طَيِّبَاتٍ مُبَارَكَاتٍ ثُمَّ قَالَ « أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّكُمْ لَنْ تُطِيقُوا أَوْ لَنْ تَفْعَلُوا كُلَّ مَا أُمِرْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ سَدِّدُوا وَأَبْشِرُوا ».
Beliau berdiri dengan bersandar pada tongkat atau busur lalu beliau memanjatkan pujian kepada Allah serta sanjungannya kepadaNya, beberapa kalimat, beberapa rahasia, kata-kata baik, dan hal-hal yang penuh berkah. Selanjutnya beliau saw bersabda, wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian tidak akan mampu (atau tidak akan mengerjakannya) setiap kalian diperintahkan untuk melakukannya tetapi hendaklah istiqomah dan menyampaikan berita gembira.
3585 - حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ حَدَّثَنِى أَخِى عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلاَلٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ قَالَ أَخْبَرَنِى حَفْصُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ - رضى الله عنهما - يَقُولُ كَانَ الْمَسْجِدُ مَسْقُوفًا عَلَى جُذُوعٍ مِنْ نَخْلٍ فَكَانَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - إِذَا خَطَبَ يَقُومُ إِلَى جِذْعٍ مِنْهَا ، فَلَمَّا صُنِعَ لَهُ الْمِنْبَرُ ، وَكَانَ عَلَيْهِ
Dalam sebuah lafazh disebutkan, dulu masjid, bertiangkan batang-batang pohon kurma, nabi saw berdiri mendekati salah satu batangnya, tetapi setelah dibuatkan untuknya mimbar, beliapun berdiri di atasnya. صحيح البخارى - (ج 12 / ص 333)
2095 - حَدَّثَنَا خَلاَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ أَيْمَنَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ - رضى الله عنهما - أَنَّ امْرَأَةً مِنَ الأَنْصَارِ قَالَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَلاَ أَجْعَلُ لَكَ شَيْئًا تَقْعُدُ عَلَيْهِ فَإِنَّ لِى غُلاَمًا نَجَّارًا . قَالَ « إِنْ شِئْتِ » . قَالَ فَعَمِلَتْ لَهُ الْمِنْبَرَ ، فَلَمَّا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ قَعَدَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - عَلَى الْمِنْبَرِ الَّذِى صُنِعَ ، فَصَاحَتِ النَّخْلَةُ الَّتِى كَانَ يَخْطُبُ عِنْدَهَا حَتَّى كَادَتْ أَنْ تَنْشَقَّ ، فَنَزَلَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - حَتَّى أَخَذَهَا فَضَمَّهَا إِلَيْهِ ، فَجَعَلَتْ تَئِنُّ أَنِينَ الصَّبِىِّ الَّذِى يُسَكَّتُ حَتَّى اسْتَقَرَّتْ . قَالَ « بَكَتْ عَلَى مَا كَانَتْ تَسْمَعُ مِنَ الذِّكْرِ »
Dalam lafazh yang lain disebutkan, pohon kurma yang biasa dipergunakan oleh nabi saw saat berkhutbah berteriak, sehingga hampir-hampir batang pohon itu pecah. Nabi pun turun sehingga beliau mendatanginya dan memeluknya. Maka batang pohon kurma itu merintih seperti rintihan anak bayi yang didiamkan dari tangisannya, sehingga kayu itu benar-benar merasa nyaman. Beliau saw berkata, pohon itu menangis karena zikir yang didengarnya.  البخارى - (ج 8 / ص 4)
فَإِنّهُ لَا يُحْفَظُ عَنْهُ بَعْدُ اتَّخَاذُ الْمِنْبَرِ أَنّهُ كَانَ يَرْقَاهُ بِسَيْفٍ وَلَا قَوْسٍ وَلَا غَيْرِهِ
Sesungguhnya tidak pernah dinukil sesudah beliau membuat mimbar, bahwa beliau menaikinya dengan membawa pedang, busur, maupun yang lainnya.
  41  زاد المعاد - ج 1
وَلَمْ يُوضَعْ الْمِنْبَرُ فِي وَسَطِ الْمَسْجِدِ وَإِنَّمَا وُضِعَ فِي جَانِبِهِ الْغَرْبِيِّ قَرِيبًا مِنْ الْحَائِطِ وَكَانَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْحَائِطِ قَدْرُ مَمَرَّ الشَّاةِ
Mimbar tidak diletakkan di tengah masjid akan tetapi diletakkan di bagian barat dekat dengan tembok, jaraknya dengan tembok hanya sekedar dapat dilewati kambing.                                        زاد المعاد - (ج 1 / ص411)
صِفَةُ مِنْبَرِهِ صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّمَ
وَكَانَ مِنْبَرُهُ ثَلَاثَ دَرَجَاتٍ فَإِذَا اسْتَوَى عَلَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ النّاسَ أَخَذَ الْمُؤَذِّنُ فِي الْأَذَانِ فَقَطْ وَلَمْ يَقُلْ شَيْئًا قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ فَإِذَا أَخَذَ فِي الْخُطْبَةِ لَمْ يَرْفَعْ أَحَدٌ صَوْتَهُ بِشَيْءٍ الْبَتّةَ لَا مُؤَذّنٌ وَلَا غَيْرُهُ .
Mimbar beliau saw terdiri dari tiga tingkatan, apabila beliau saw telah berada di atasnya dan menghadap kepada manusia, maka muadzin mengumandangkan azan, tidak mengucapkan sesuatu apapun sebelumnya maupun sesudahnya. Apabila Nabi saw telah memulai khutbah, tak seorangpun mengeraskan suaranya, baik mu'zin maupun selainnya.
 زاد المعاد - ج 1 / ص 178
Kaidah ushul fiqih
إِنَّ مَا تَرَكَهُ النَّبِيُ وَالصَحَابَةُ رضي الله عنهم مَعَ وُجُوْدِ سَبَبِهِ وَدَاعِيَتِهِ فَتَرَ كَهُمْ إِيَّاهُ إِجْمَاعٌ عَلَى أَنَّهُ غَيْرِ مَسْرُوْعٍ وَلاَ جَائِزٍ فِي الدِّينِ
Apapun yang ditinggalkan dan tidak dikerjakan oleh Nabi saw, oleh para sahabat beserta terdapat sebab pendorongnya, maka tidak dikerjakan itu merupakan ijmak bahwa pekerjaan tersebut tidak disyariatkan serta tidak boleh diamalkan dalam agama.
E.  Mata Memerah dalam Khutbah
As Syabi' meriwayatkan, dia berkata:
المغني - (ج 4 / ص 120)
 { كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذَا صَعِدَ الْمِنْبَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ اسْتَقْبَلَ النَّاسَ ، فَقَالَ : السَّلَامُ عَلَيْكُمْ .
وَيَحْمَدُ اللَّهَ ، وَيُثْنِي عَلَيْهِ ، وَيَقْرَأُ سُورَةً ، ثُمَّ يَجْلِسُ ، ثُمَّ يَقُومُ فَيَخْطُبُ ثُمَّ يَنْزِلُ ، وَكَانَ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ يَفْعَلَانِهِ } .
Rasulullah saw apabila naik ke atas mimbar pada hari Jum'at, maka beliau menghadap ke arah manusia lalu berkata, Assamu'alaikum. Lalu beliau memanjatkan puji dan puja kepada Allah, membaca surat, kemudian duduk, kemudian berdiri lalu berkhutbah, kemudian turun, Abu bakar dan Umar juga melakukan seperti itu.  رَوَاهُ الْأَثْرَمُ .
(Mushonaf Abdurrazak juz 3 hal 193 no hadits 5282)
فَظَاهِرُ هَذَا أَنَّهُ إنَّمَا قَرَأَ فِي الْخُطْبَةِ الْأُولَى ، وَوَعَظَ فِي الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ .
Yang tampak di sini adalah, khotib membaca ayat pada khutbah pertama dan memberikan wejangan pada khutbah kedua.
وَظَاهِرُ كَلَامِ الْخِرَقِيِّ أَنَّ الْمَوْعِظَةَ إنَّمَا تَكُونُ فِي الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ ؛ لِهَذَا الْخَبَرِ .
وَقَالَ الْقَاضِي : تَجِبُ فِي الْخُطْبَتَيْنِ ؛ لِأَنَّهَا بَيَانُ الْمَقْصُودِ مِنْ الْخُطْبَةِ ، فَلَمْ يَجُزْ الْإِخْلَالُ بِهَا
Ucapan Al Kharqi adalah, wejangan disampaikan pada khutbah kedua berdasarkan khobar ini. Al Qodhi berkata, wajibnya disampaikan wejangan pada kedua khutbah itu karena penjelasan maksud khutbah, sehingga tidak boleh ditinggalkan.
وَالْخِرَقِيُّ قَالَ : قَرَأَ شَيْئًا مِنْ الْقُرْآنِ وَلَمْ يُعَيِّنْ الْمَقْرُوءَ .
وَيَحْتَمِلُ أَنْ لَا يَجِبَ شَيْءٌ سِوَى حَمْدِ اللَّهِ وَالْمَوْعِظَةِ ؛ لِأَنَّ ذَلِكَ يُسَمَّى خُطْبَةً ، وَيَحْصُلُ بِهِ الْمَقْصُودُ ، فَأَجْزَأَ ، وَمَا عَدَاهُ فَلَيْسَ عَلَى اشْتِرَاطِهِ دَلِيلٌ
Al Kharqi berkata, membaca sesuatu dari Al Qur'an tanpa menetapkan yang dibaca, kemungkinan, tidak diwajibkan selain pujian kepada Allah dan memberikan wejangan. Karena hal itu disebut khutbah, dan dengan itu tercapailah maksud, itu sudah cukup. Adapun mensyariatkan selain itu, tidak ada dalilnya. المغني - (ج 4 / ص 121)
صحيح مسلم - (ج 3 / ص 11)
2042 - وَحَدَّثَنِى مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا خَطَبَ احْمَرَّتْ عَيْنَاهُ وَعَلاَ صَوْتُهُ وَاشْتَدَّ غَضَبُهُ حَتَّى كَأَنَّهُ مُنْذِرُ جَيْشٍ يَقُولُ « صَبَّحَكُمْ وَمَسَّاكُمْ ».
Dari Jabir bin Abdullah ra, dia bercerita, jika Rasulullah saw berkhutbah kedua mata beliau memerah, suaranya tinggi, dan kemarahannya memuncak sehingga seakan-akan beliau panglima memberi peringatan kepada bala tentara seraya berucap, bersiap-siaplah kalian pada waktu pagi sore.
وَيَقُولُ « بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةَ كَهَاتَيْنِ ». وَيَقْرُنُ بَيْنَ إِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَيَقُولُ « أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ ».
Beliau juga bersabda, aku diutus sementara hari Kiamat  sudah seperti dua jari ini, beliau menyandingkan dua jari beliau, yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Maka beliau bersabda, Amma Ba'du sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitab Allah, sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw dan seburuk-buruk perkara adalah yang diada-adakan, dan setiap bid'ah adalah kesesatan.
ثُمَّ يَقُولُ « أَنَا أَوْلَى بِكُلِّ مُؤْمِنٍ مِنْ نَفْسِهِ مَنْ تَرَكَ مَالاً فَلأَهْلِهِ وَمَنْ تَرَكَ دَيْنًا أَوْ ضَيَاعًا فَإِلَىَّ وَعَلَىَّ ».
Lebih lanjut beliau bersabda, aku pelindung bagi setiap orang mukmin melebihi perlindungan atas dirinya sendiri. Barang siapa meninggalkan harta kekayaan maka harta tersebut menjadi milik keluarganya. Barang siapa meninggalkan hutang atau anak isteri, maka akulah yang menanggungnya.
F.   Memulai dengan Hamdallah
سنن ابن ماجه - (ج 6 / ص 86)
1967 - حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنِى أَبِى عَنْ جَدِّى أَبِى إِسْحَاقَ عَنْ أَبِى الأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ أُوتِىَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- جَوَامِعَ الْخَيْرِ وَخَوَاتِمَهُ - أَوْ قَالَ فَوَاتِحَ الْخَيْرِ - فَعَلَّمَنَا خُطْبَةَ الصَّلاَةِ وَخُطْبَةَ الْحَاجَةِ
Dari Abdullah bin Mas'ud Rasulullah saw telah diajarkan pengumpul kebaikan dan penutupnya (atau dia mengatakan, pembuka kebaikan) lalu beliau mengajarkan khutbah sholat dan khutbah hajat kepada kami.
خُطْبَةُ الصَّلاَةِ التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
Segala kehormatan itu milik Allah, juga segala pengagungan dan segala yang baik-baik, mudah-mudahan Allah melipahkan kesejahteraan kepadamu, wahai Nabi. Demikian pula rahmat Allah dan berkahnya, mudah-mudahan kesejahteraan itu dilimpahkan pula  kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi tidak ada Illah selain Allah (semata, yang tiada sekutu baginya) aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusannya.
 وَخُطْبَةُ الْحَاجَةِ إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
Dan Khutbah Hajat, Sesungguhnya segala puji bagi Allah. Kami memuji memohon pertolongan, dan memohon ampunan kepadanya. Kami memohon perlindungan kepada Allah  dari kejahatan diri kami dan keburukkan amal perbuatan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidaka akan ada yang dapat menyesatkannya. Barang siapa yang disesatkan olehnya maka tidak akan ada yang dapat memberikan petunjuk kepadanya. Aku bersaksi tidak ada illah yang berhaq disembah selain Allah semata, yang tiada sekutu baginya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan sekaligus Rasul-Nya.
 ثُمَّ تَصِلُ خُطْبَتَكَ بِثَلاَثِ آيَاتٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ
Kemudian menyambung khutbahnya dengan tiga ayat yang terdapat dalam Al Qur'an.
102. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya. Dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

1. Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya [263] Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain [264], dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.
70. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.
71. Niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.
Membaca أما بعد
صحيح مسلم - (ج 5 / ص 403)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar