Alamat :

بسم الله الرحمن الرحيم

Majelis Ta’lim

AL-KAAFUUR

الكافور

ان الابراريشربون من كاس كان مزاجها كا فورا    الانسان : ه

DESA PAMULIHAN KECAMATAN PAMULIHAN – SUMEDANG TELP : (022)7911943

Minggu, 24 April 2011

sholat sunnat ied

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى
Dari Abu Sa'id Al Khudri ia berkata, Nabi saw keluar pada hari Iedul Fitri dan Iedul Adha menuju musholla. (Hr Bukhari)
المصلى: مَوْضِعٌ بِبَابِ المدينة الشرقي
الْمُصَلَّى Sebuah lapangan terletak di pintu Madinah sebelah timur (Fiqhus Sunnah 1 : 195)
هُوَ مَوْضِعٌ بِالْمَدِينَةِ مَعْرُوفٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ بَابِ الْمَسْجِدِ أَلْفُ ذِرَاعٍ
Musholla adalah tempat sholat itu terletak di Madinah yang berjarak sekitar 1000 dzira dari pintu masjid Nabawi. فتح الباري لابن حجر - ج 3 / ص 378
Yang diperintahkan menghadiri Ied di musholla :
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ أُمِرْنَا أَنْ نُخْرِجَ الْحُيَّضَ يَوْمَ الْعِيدَيْنِ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَيَشْهَدْنَ جَمَاعَةَ الْمُسْلِمِينَ وَدَعْوَتَهُمْ وَيَعْتَزِلُ الْحُيَّضُ عَنْ مُصَلَّاهُنَّ قَالَتْ امْرَأَةٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِحْدَانَا لَيْسَ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ لِتُلْبِسْهَا صَاحِبَتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا
Kami diperintahkan untuk mengeluarkan orang-orang yang haid pada dua hari raya, juga wanita-wanita muda, dan menyaksikan jamaah muslimin dan doa mereka, dan memerintah wanita yang haid untuk menjauh dari tempat sholat. Berkata seorang perempuan, Ya Rasulullah salah seorang dari kami tidak memiliki baju panjang, ia menjawab, hendaknyalah temanmu meminjamkan baju panjanganya kepadanya. (HR Bukhari)
Tata cara berjalan Rasulullah saw
وَكَانَ صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّمَ يَخْرُجُ مَاشِيًا وَالْعَنَزَةُ تُحْمَلُ بَيْنَ يَدَيْهِ فَإِذَا وَصَلَ إلَى الْمُصَلّى نُصِبَتْ بَيْنَ يَدَيْهِ لِيُصَلّيَ إلَيْهَا فَإِنّ الْمُصَلّى كَانَ إذْ ذَاكَ فَضَاءً لَمْ يَكُنْ فِيهِ بِنَاءٌ وَلَا حَائِطٌ وَكَانَتْ الْحَرْبَةُ سُتْرَتَهُ
Nabi saw biasa keluar sambil berjalan kaki, dan tongkat di bawah ke depannya. Apabila sampai ke musholla (lapangan), tongkat ditancapkan, lalu beliau saw sholat menghadapnya, sebab musholla pada saat itu adalah lapangan terbuka, tak ada padanya bangunan maupun tembok, maka tembak menjadi sutera baginya. زاد المعاد - ج 1 / ص 425

Tidak ada mimbar di lapangan
[ كَانَ يَخْطُبُهُمْ فِي الْعِيدِ قَائِمًا عَلَى الْأَرْضِ ]
وَكَانَ صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّمَ إذَا أَكْمَلَ الصّلَاةَ انْصَرَفَ فَقَامَ مُقَابِلَ النّاسِ وَالنّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ
Beliau khutbah Ied sambil berdiri di atas tanah. Apabila Nabi saw menyelesaikan sholat, beliau berbalik lalu berdiri menghadap manusia. Di sana tidak ada mimbar yang beliau naiki bahkan tidak pernah dikeluarkan mimbar Madinah, beliau hanya berkhutbah sambil berdiri di atas tanah. زاد المعاد - ج 1 / ص 425
Sifat mimbar Rasul
 صِفَةُ مِنْبَرِهِ صَلّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلّمَ
وَكَانَ مِنْبَرُهُ ثَلَاثَ دَرَجَاتٍ فَإِذَا اسْتَوَى عَلَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ النّاسَ أَخَذَ الْمُؤَذِّنُ فِي الْأَذَانِ فَقَطْ وَلَمْ يَقُلْ شَيْئًا قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ فَإِذَا أَخَذَ فِي الْخُطْبَةِ لَمْ يَرْفَعْ أَحَدٌ صَوْتَهُ بِشَيْءٍ الْبَتّةَ لَا مُؤَذّنٌ وَلَا غَيْرُهُ .
Mimbar beliau saw terdiri dari tiga tingkatan, apabila beliau saw telah berada diatasnya dan menghadap kepada manusia, maka muadzin mengumandangkan azan, tidak mengucapkan sesuatu apapun sebelumnya maupun sesudahnya. Apabila Nabi saw telah memulai khutbah, tak seorangpun mengeraskan suaranya, baik muazin maupun selainnya.
 زاد المعاد - ج 1 / ص 178
Kapan adanya mimbar tersebut?
956 - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِى مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِى زَيْدٌ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى سَرْحٍ عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى ، فَأَوَّلُ شَىْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلاَةُ
Dari Abu Said Al Khudri, ia berkata, pada hari Iedul Fitri dan Adha, Rasulullah saw keluar menuju musholla, ketika itu yang pertama beliau lakukan adalah sholat Ied,
ثُمَّ يَنْصَرِفُ ، فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ ، وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ ، فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ
kemudian beliau berbalik dan berdiri menghadap jamaah yang sedang duduk di shaf-shaf mereka. Kemudian beliau memberikan nasehat, wasiat, dan perintah kepada mereka.
فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ ، أَوْ يَأْمُرَ بِشَىْءٍ أَمَرَ بِهِ ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ
 Apabila ingin  mengutus pasukan, maka beliau akan mengutusnya, atau ingin memerintahkan sesuatu, maka beliau akan memerintahkannya, kemudian beliau berlalu.
قَالَ أَبُو سَعِيدٍ فَلَمْ يَزَلِ النَّاسُ عَلَى ذَلِكَ حَتَّى خَرَجْتُ مَعَ مَرْوَانَ وَهْوَ أَمِيرُ الْمَدِينَةِ فِى أَضْحًى أَوْ فِطْرٍ ، فَلَمَّا أَتَيْنَا الْمُصَلَّى إِذَا مِنْبَرٌ بَنَاهُ كَثِيرُ بْنُ الصَّلْتِ
Abu said berkata, manusia masih melakukan seperti itu sampai pada suatu ketika aku keluar pada hari Iedul fitri dan Iedul Adha bersama Marwan, yang menjabat sebagai Gubernur Madinah. Ketika kami tiba di musholla ternyata ada sebuah mimbar yang dibangun oleh Katsir bin Shalt.
فَإِذَا مَرْوَانُ يُرِيدُ أَنْ يَرْتَقِيَهُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ ، فَجَبَذْتُ بِثَوْبِهِ فَجَبَذَنِى فَارْتَفَعَ
Marwan hendak naik ke atas mimbar itu sebelum sholat ied. Maka aku tarik pakaiannya, sehingga ia pun menghempaskan tanganku,
فَخَطَبَ قَبْلَ الصَّلاَةِ ، فَقُلْتُ لَهُ غَيَّرْتُمْ وَاللَّهِ . فَقَالَ أَبَا سَعِيدٍ ، قَدْ ذَهَبَ مَا تَعْلَمُ . فَقُلْتُ مَا أَعْلَمُ وَاللَّهِ خَيْرٌ مِمَّا لاَ أَعْلَمُ . فَقَالَ
dan berkhutbah. Sebelum melakukan sholat ied, aku berkata kepadanya, demi Allah kamu telah merubah sunnah Rasul. Ia menjawab sungguh apa yang aku ketahui adalah lebih baik dari yang tidak kamu ketahui. Ia menjawab,
إِنَّ النَّاسَ لَمْ يَكُونُوا يَجْلِسُونَ لَنَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَجَعَلْتُهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ .
sesungguhnya manusia tidak akan duduk bersama kita untuk mendengarkan khutbah jika dilakukan setelah sholat ied, maka aku melakukannya sebelum sholat Ied.
زاد المعاد - ج 1 / ص 425

قَالَ الزَّيْنُ بْنُ الْمُنِيرِ
Ibnu Al Munayyar mengatakan :
أَنَّ الْخُطْبَةَ عَلَى الْأَرْضِ عَنْ قِيَامٍ فِي الْمُصَلَّى أَوْلَى مِنْ الْقِيَامِ عَلَى الْمِنْبَرِ
Khutbah dengan berdiri di atas tanah adalah lebih  utama daripada berdiri di atas mimbar.
فتح الباري لابن حجر - ج 3 / ص 378

Jumlah takbir dalam sholat Ied
1.    Takbir sholat
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ عَمْرٍو أَبُو عَمْرٍو الْحَذَّاءُ الْمَدِينِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نَافِعٍ الصَّائِغُ عَنْ كَثِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فِي الْعِيدَيْنِ فِي الْأُولَى سَبْعًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَفِي الْآخِرَةِ خَمْسًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ

2.    Takbir hari Ied
حدثنا يزيد بن هارون عن ابن أبي ذئب عن الزهري أن رسول الله  صلى الله عليه وسلم كان   يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ  فَيُكَبِّرُ حَتىَّ يَاْتِيَ الْمُصَلَّى وَحَتىَّ يَقْضِيَ الصَّلاَةَ فَإِذَا قَضَى الصَّلاَةُ قَطْعُ التَّكْبِيْرِ
Telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun dari Ibnu Abi Zakbin dari Zuhriyi, Sesungguhnya Rasulullah, jika keluar untuk sholat iedul fitri, beliau bertakbir hingga sampai tempat sholat atau sampai sholat akan didirikan. Jika sholat akan dimulai maka beliau menghentikan takbirnya.  مصنف ابن ابي شيبة ج1 ص 487  
سنن الدارقطنى - (ج 4 / ص 428)
1731 - حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ وَحَفْصُ بْنُ عَمْرٍو قَالاَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنِ ابْنِ عَجْلاَنَ عَنْ نَافِعٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ كَانَ يَخْرُجُ لِلْعِيدَيْنِ مِنَ الْمَسْجِدِ فَيُكَبِّرُ حَتَّى يَأْتِىَ الْمُصَلَّى وَيُكَبِّرُ حَتَّى يَأْتِىَ الإِمَامُ.
    حدثنا يزيد بن هارون قال حدثنا شريك قال قلت لأبي إسحاق كيف كان يكبر على وعبد الله قال كانا يقولان الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد    مصنف ابن ابي شيبة ج1 ص490 رقم الحديث 5653  

Bid'ah sholat ied di mesjid
Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata: "Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah," (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka). (At Taubah : 59)
وَالْمَقْصُودُ أَنّ بِحَسَبِ مُتَابَعَةِ الرَّسُولِ تَكُونُ الْعِزَّةُ وَالْكِفَايَةُ وَالنَّصْرَةُ كَمَا أَنّ بِحَسَبِ مُتَابَعَتِهِ تَكُونُ الْهِدَايَةُ وَالْفَلَاحُ وَالنَّجَاةُ
Adapun yang dimaksud adalah bahwa cukup dengan mengikuti rasul akan ada kemuliaan, kecukupan, dan pertolongan. Sebagaimana cukup dengan mengikuti Beliau saw akan diperoleh petunjuk keberuntungan, dan keselamatan.

فَاَللَّهُ سُبْحَانَهُ عَلَّقَ سَعَادَةَ الدَّارَيْنِ بِمُتَابَعَتِهِ وَجَعَلَ شَقَاوَةَ الدَّارَيْنِ فِي مُخَالَفَتِهِ
Allah swt mengaitkan kebahagian di dua negeri dengan mengikuti Beliau saw dan menjadikan pula kesengsaraan pada dua negeri dengan menyelisihi petunjuknya.
فَلِأَتْبَاعِهِ الْهُدَى وَالْأَمْنُ وَالْفَلَاحُ وَالْعِزَّةُ وَالْكِفَايَةُ وَالنَّصْرَةُ وَالْوِلَايَةُ وَالتَّأْيِيدُ وَطِيبُ الْعَيْشِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
Bagi para pengikutnya akan diberi petunjuk dan rasa aman keberuntungan dan kemulian, kecukupan dan pertolongan, kekuasaan dan pengukuhan, serta hidup bahagia di dunia dan di akherat.
وَلِمُخَالِفِيهِ الذُّلََّةُ وَالصَّغَارُ وَالْخَوْفُ وَالضَّلَالُ وَالْخِذْلَانُ وَالشَّقَاءُ فِي الدّنُْيَا وَالْآخِرَةِ
Sedangkan bagi mereka yang menyelisihinya diberikan kehinaan dan kerendahan, ketakutan dan kesesatan, serta pengabaian dan kesengsaraan di dunia dan di akherat.
وَقَدْ أَقْسَمَ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ بِأَنْ لَا يُؤْمِنَ أَحَدُكُمْ حَتّى يَكُونَ هُوَ أَحَبّ إلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنّاسِ أَجْمَعِينَ
Rasulullah saw telah bersumpah bahwa tidak sempurna iman salah seorang di antara kamu hingga beliau saw lebih dicintai dari pada orang tuanya, anaknya, dan manusia seluruhnya.
وَأَقْسَمَ اللّهُ سُبْحَانَهُ بِأَنْ لَا يُؤْمِنَ مَنْ لَا يُحَكَّمُهُ فِي كُلِّ مَا تَنَازَعَ فِيهِ هُوَ وَغَيْرُهُ ثُمّ يَرْضَى بِحُكْمِهِ وَلَا يَجِدُ فِي نَفْسِهِ حَرَجًا مِمّا حَكَمَ بِهِ ثُمّ يُسَلّمُ لَهُ تَسْلِيمًا وَيَنْقَادُ لَهُ انْقِيَادًا
Allah swt telah bersumpah pula bahwa tidak beriman orang yang tidak menjadikan beliau saw sebagai hakim dalam segala perkara yang diperselisikan antara dirinya dan orang lain, kemudian ia ridho dengan keputusan itu , dan tidak mendapati dalam dirinya rasa berat atau keputusan yang ditetapkan, kemudian menerima dengan senang hati dan patuh sepenuhnya.
36. Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.
فَقَطَعَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى التّخْيِيرَ بَعْدَ أَمْرِهِ وَأَمْرِ رَسُولَهُ فَلَيْسَ لِمُؤْمِنٍ أَنْ يَخْتَارَ شَيْئًا بَعْدَ أَمْرِهِ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ بَلْ إذَا أَمَرَ فَأَمْرُهُ حَتْمٌ
Allah swt menutup pintu pilihan setelah ada perintah-Nya dan perintah Rasu-lNya. Tidak boleh seorang mukmin memilih sesuatu setelah ada perintah Beliau saw, bahkan jika beliau telah memberi perintah maka perintahnya adalah keharusan.  زاد المعاد - ج 1 / ص 36
Studi Kasus Sholat Ied di dalam Mesjid
حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ أَخْبَرَنِي زَيْدُ بْنُ أَسْلَمَ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى
Dari Abu Sa'id Al Khudri ia berkata, Nabi saw keluar pada hari Iedul Fitri dan Iedul Adha menuju musholla. (HR Bukhari)
Ibnu Qoyyim menjelaskan :
كَانَ صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ يُصَلّي الْعِيدَيْنِ فِي الْمُصَلّى وَهُوَ الْمُصَلّى الّذِي عَلَى بَابِ الْمَدِينَةِ الشَّرْقِيُّ وَهُوَ الْمُصَلَّى الّذِي يُوضَعُ فِيهِ مَحْمِلُ الْحَاجِّ وَلَمْ يُصَلَّ الْعِيدَ بِمَسْجِدِهِ إلّا مَرّةً وَاحِدَةً أَصَابَهُمْ مَطَرٌ فَصَلَّى بِهِمْ الْعِيدَ فِي الْمَسْجِدِ إنْ ثَبَتَ الْحَدِيثُ
Beliau saw mengerjakan sholat ied di musholla yang terletak di depan pintu Madinah bagian timur. Tempat ini biasa digunakan untuk mengumpulkan bawaan rombongan haji. Beliau tidak pernah mengerjakan sholat ied di masjidnya kecuali satu kali ketika turun hujan. Pada saat itulah beliau saw mengerjakannya di masjid, dengan catatan jika hadits tersebut akurat.
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ ح و حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا رَجُلٌ مِنْ الْقَرَوِيِّينَ وَسَمَّاهُ الرَّبِيعُ فِي حَدِيثِهِ عِيسَى بْنَ عَبْدِ الْأَعْلَى بْنِ أَبِي فَرْوَةَ سَمِعَ أَبَا يَحْيَى عُبَيْدَ اللَّهِ التَّيْمِيَّ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ أَصَابَهُمْ مَطَرٌ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَصَلَّى بِهِمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْعِيدِ فِي الْمَسْجِدِ
Dari Abu Hurairah Ra, Bahwa mereka pernah kehujanan pada hari Ied, maka Nabi saw sholat mengimami mereka di dalam mesjid. (HR Abu Daud)
عِيسَى بْنَ عَبْدِ الْأَعْلَى بْنِ أَبِي فَرْوَة                                                     َ
Imam Adz Zhahabi berkomentar, ia hampir tidak dikenal dan hadisnya munkar.
قال الذهبي لا يكاد يعرف والخبر منكر قال بن القطان لا أعرفه في شيء من الكتب ولا في غير هذا الحديث
Imam Adz Zhahabi berkomentar, ia hampir tidak di kenal dan hadisnya munkar.
Ibnul Qottan berkomentar tentang Isa: Saya tidak mengenalnya bahwa ia pernah disebut dalam kitab rawi  ataupun dalam kitab lain selain dalam sanad ini saja. تهذيب التهذيب - (ج 8 / ص 195)
Imam Syafei berpendapat boleh sholat Ied di masjid, dengan beberapa persyaratan, yakni:
وَحُكِيَ عَنْ الشَّافِعِيِّ : إنْ كَانَ مَسْجِدُ الْبَلَدِ وَاسِعًا ، فَالصَّلَاةُ فِيهِ أَوْلَى ؛ لِأَنَّهُ خَيْرُ الْبِقَاعِ وَأَطْهَرُهَا ، وَلِذَلِكَ يُصَلِّي أَهْلُ مَكَّةَ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ .
Diriwayatkan dari As Syafei, jika masjid negerinya luas maka sholat didalamnya lebih utama, karena tempat itu adalah tempat terbaik dan suci. Oleh karena itu penduduk Mekkah sholat Ied di Masjidil Haram.  المغني - ج 4 / ص 230
Imam Syafei memperingatkan:
 2 - ( أَجْمَعُ الْمُسْلِمُوْنَ عَلىَ أَنْ مَنِ اسْتَبَانَ لَهُ سُنَّةٌ عَنْ رسول الله صلى الله عليه وسلم لَمْ يَحِلُّ لَهُ أَنْ يَدَعَهَا لِقَوْلِ أَحَدٍ )
Telah sepakat umat Islam, manakala telah jelas Sunnah Rasulullah saw, maka tidak Halal baginya untuk meninggalkannya hanya karena ucapan seseorang.
 3 - ( إذا وَجَدْتُمْ فِي كِتَابِي خِلاَفُ سُنَّةِ رسول الله صلى الله عليه وسلم فَقُوْلُوا بِسُنَّةِ رسول الله صلى الله عليه وسلم وَدَعُوا مَا قُلْتُ ) . ( وفي روايةٍ ( فَاتَّبِعُوْهَا ولا تَلْتَفِتُوا إلى قول أَحَدٍ )
Jika kamu mendapatkan dalam kitabku sesuatu yang menyalahi sunnah Rasulullah saw, maka tinggalkanlah apa yang aku katakana. Dalam satu riwayat, ikutilah sunnah Rasullah saw dan janganlah menoleh pada ucapan seseorang.
9 - ( كُلُّ حَدِيْثٍ عن النبي صلى الله عليه وسلم فَهُوَ قَوْلِي وَإِنْ لَمْ تَسْمَعُوْهُ مِنِّي )
Setiap hadits dari Nabi saw adalah ucapanku, meskipun kamu tidak mendengarnya dariku.
صفة الصلاة - (ج 1 / ص 52)

Ibnu Qudamah membantah pendapat Imam Syafei di atas :
وَلَنَا { ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَخْرُجُ إلَى الْمُصَلَّى وَيَدَعُ مَسْجِدَهُ } ، وَكَذَلِكَ الْخُلَفَاءُ بَعْدَهُ ، وَلَا يَتْرُكُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْأَفْضَلَ مَعَ قُرْبِهِ ، وَيَتَكَلَّفُ فِعْلَ النَّاقِصِ مَعَ بُعْدِهِ ، وَلَا يَشْرَعُ لِأُمَّتِهِ تَرْكَ الْفَضَائِلِ ، وَلِأَنَّنَا قَدْ أُمِرْنَا بِاتِّبَاعِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالِاقْتِدَاءِ بِهِ ، وَلَا يَجُوزُ أَنْ يَكُونَ الْمَأْمُورُ بِهِ هُوَ النَّاقِصَ ، وَالْمَنْهِيُّ عَنْهُ هُوَ الْكَامِلَ ،
Menurut kami Nabi saw keluar musholla (lapangan terbuka tempat pelaksanaan sholat) dan meninggalkan masjidnya begitu pula para kholifah setelah beliau. Tentunya Nabi saw tidak meninggalkan yang lebih utama bila tempatnya dekat lalu menempuh yang kurang utama di samping tempatnya yang lebih jauh. Beliau pun tidak mensyariatkan umatnya untuk meninggalkan yang lebih utama, lagi pula kita diperintahkan untuk mengikuti Nabi saw, yang diperintahkan itu pasti merupakan sesuatu yang sempurna.
وَلَمْ يُنْقَلُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ صَلَّى الْعِيدَ بِمَسْجِدِهِ إلَّا مِنْ عُذْرٍ ، وَلِأَنَّ هَذَا إجْمَاعُ الْمُسْلِمِينَ  
Tidak ada kabar dari Nabi saw yang menyebutkan bahwa beliau saw melaksanakan sholat ied di masjidnya, kecuali karena uzur, lagipula ini adalah pertemuan kaum muslimin,
فَإِنَّ النَّاسَ فِي كُلِّ عَصْرٍ وَمِصْرٍ يَخْرُجُونَ إلَى الْمُصَلَّى ، فَيُصَلُّونَ الْعِيدَ فِي الْمُصَلَّى ، مَعَ سَعَةِ الْمَسْجِدِ وَضِيقِهِ ، وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِي الْمُصَلَّى مَعَ شَرَفِ مَسْجِدِهِ ، وَصَلَاةُ النَّفْلِ فِي الْبَيْتِ أَفْضَلُ مِنْهَا فِي الْمَسْجِدِ مَعَ شَرَفِهِ ،
yang saat itu semua orang di semua pelosok keluar menuju musholla, lalu melaksanakan sholat ied, baik masjidnya luas ataupun sempit, Nabi saw melaksanakan di musholla, walaupun mesjid beliau sangat mulia, bahkan sholat nafilah di rumah lebih utama dari pada itu walaupun masjidnya mulia.
وَرَوَيْنَا عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قِيلَ لَهُ : قَدْ اجْتَمَعَ فِي الْمَسْجِدِ ضُعَفَاءُ النَّاسِ وَعُمْيَانُهُمْ فَلَوْ صَلَّيْتَ بِهِمْ فِي الْمَسْجِدِ ؟ فَقَالَ : أُخَالِفُ السُّنَّةَ إذًا ، وَلَكِنْ نَخْرُجُ إلَى الْمُصَلَّى
Kami telah meriwayatkan dari Ali ra, bahwa dikatakan kepadanya, orang-orang lemah dan buta telah berkumpul di masjid bagaimana kalau engkau sholat ied di Masjid? Dia menjawab, kalau aku melakukannya maka aku menyelisihi sunnah. Kita sekarang berangkat menuju musholla. المغني - ج 4 / ص 230

Kesimpulan :
Sholat Ied itu dilaksanakan di lapangan. Sedangkan hadits yang mengatakan sholat ied pernah dilakukan oleh Rasulullah saw ketika hujan di mesjid, haditsnya tidak dapat diamalkan, karena dho'if.  Melaksanakan sholat ied di mesjid berarti bid'ah. Namun jika memang terjadi hujan dan lapangan itu tidak memungkinkan untuk dipergunakan, tergenang air atau terjadi angin ribut, maka diperbolehkan sholat ied di mesjid.
زاد المعاد - (ج 1 / ص 65)
فَجَعَلَ الدّورَ ثَلَاثَةً
Allah swt menggolongkan tempat menjadi tiga tingkatan, yakni:
دارا أُخْلِصَتْ لَلطّيّبِينَ وَهِيَ حَرَامٌ عَلَى غَيْرِ الطّيّبِينَ وَقَدْ جَمَعَتْ كُلّ طَيّبٍ وَهِيَ الْجَنّةُ
Pertama : Tempat khusus orang-orang yang baik dan diharamkan kepada selain mereka, lalu semua yang baik dikumpulkan, ia adalah surga.
وَدَارًا أُخْلِصَتْ لِلْخَبِيثِ وَالْخَبَائِثِ وهي النار
Kedua : Tempat khusus orang-orang yang keji dan tidak dimasuki kecuali oleh mereka, dan ia adalah neraka.
دارا امتزج فيها الطيب و الخبيث وهي الدنيا
Ketiga : Tempat bercampur padanya, baik yang baik maupun yang keji, dan ia adalah dunia ini.
وَقَعَ الِابْتِلَاءُ وَالْمِحْنَةُ بِسَبَبِ هَذَا الِامْتِزَاجِ وَالِاخْتِلَاطِ وَذَلِكَ بِمُوجَبِ الْحِكْمَةِ الْإِلَهِيّةِ
Oleh karena sebab itu terjadi ujian dan cobaan karena pembauran dan percampuran ini, namun semuanya merupakan konsekuensi logis dari hikmah Illahi.
فَإِذَا كَانَ يَوْمُ مَعَادِ الْخَلِيقَةِ مَيّزَ اللّهُ الْخَبِيثَ مِنْ الطّيّبِ
Apabila tiba saat kebangkitan ciptaan, Allah swt memisahkan antara yang keji dan yang baik.
فَجَعَلَ الطّيّبَ وَأَهْلَهُ فِي دَارٍ عَلَى حِدَةٍ لَا يُخَالِطُهُمْ غَيْرُهُمْ
Dia menempatkan yang baik dan para pelakunya di tempat tersendiri tanpa bercampur dengan selain mereka.
[ ص 67 ] وَجَعَلَ الْخَبِيثَ وَأَهْلَهُ فِي دَارٍ عَلَى حِدَةٍ لَا يُخَالِطُهُمْ غَيْرُهُمْ
Lalu yang keji dan para pelakunya ditempatkan di tempat tersendiri tanpa bercampur pula dengan selain mereka.
فَعَادَ الْأَمْرُ إلَى دَارَيْنِ فَقَطْ الْجَنّةِ وَهِيَ دَارُ الطّيّبِينَ وَالنّارِ وَهِيَ دَارُ الْخَبِيثِينَ
Semua urusan kembali kepada dua tempat saja, surga tempat orang-orang yang baik, dan neraka tempat orang-orang yang keji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar